Toshiba Dapat Kontrak Penyediaan "GeoportableTM" untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Dieng

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 15 Oktober 2019 - 12:33 WIB

Pembangkit listrik ini dikembangkan oleh PT. Geo Dipa Energi (Persero), sebuah badan usaha milik negara yang bergerak dalam bidang energi panas bumi.
Pembangkit listrik ini dikembangkan oleh PT. Geo Dipa Energi (Persero), sebuah badan usaha milik negara yang bergerak dalam bidang energi panas bumi.

INDUSTRY.co.id, Kawasaki, Jepang— Toshiba Energy Systems & Solutions Corporation (Toshiba ESS) pada Selasa (15/10/2019)  sukses  mendapatkan kontrak dari PT Inti Karya Persada Tehnik (IKPT), sebuah perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia, untuk memasok satu set turbin uap dan generator bagi PLTP Skala Kecil Dieng yang berlokasi di Jawa Tengah.

Pembangkit listrik ini dikembangkan oleh PT. Geo Dipa Energi (Persero), sebuah badan usaha milik negara yang bergerak dalam bidang energi panas bumi. Toshiba ESS memulai pekerjaan desain dan rekayasa untuk cakupan pasokan. Pembangkit listrik ini dijadwalkan akan mulai beroperasi secara komersial pada bulan Maret 2021.

Pembangkit listrik tenaga panas bumi skala kecil 10 MW ini akan dibangun di dataran tinggi Dieng dan berlokasi di dekat PLTP Dieng Unit 1, yang telah beroperasi sejak 2002. Untuk pembangkit listrik baru ini, Toshiba ESS akan memasok "Geoportable™".

"Geoportable™" adalah sistem pembangkit listrik kompak yang dikembangkan oleh Toshiba ESS bagi pembangkit listrik panas bumi skala kecil dengan output mulai dari 1 MW hingga 20 MW. Sistem ini menggunakan teknologi mutakhir, misalnya, material tahan gas korosif terbaik, yang sangat penting untuk turbin uap panas bumi, dan desain unik jalur uap, dengan tujuan untuk mendapatkan kinerja dan keandalan yang tinggi.

Selain itu, dengan desainnya yang ringkas, "GeoportableTM" dapat dipasang bahkan di area yang terbatas di mana sistem pembangkit tenaga listrik panas bumi konvensional biasanya tidak cukup. "Geoportable™" terdiri dari beberapa komponen standar yang telah dirakit sebelumnya pada skid* di pabrik, memungkinkan waktu pembuatan dan pemasangan yang lebih pendek. Faktor-faktor ini dipertimbangkan dan dievaluasi secara positif selama proses seleksi.

Indonesia diperkikaran mempunyai sumber energi panas bumi mencapai 29.500 MW, yang merupakan nomor dua terbanyak di dunia. Menurut “Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN Tahun 2019 hingga 2028”, pembangkit listrik tenaga panas bumi baru yang direncanakan untuk dikembangkan hingga tahun 2028 mencapai 4.600 MW. Selain itu, sistem pembangkit listrik tenaga panas bumi yang kompak sangat dinanti untuk menggantikan genset, yang biasa digunakan di banyak pulau di Indonesia.

Takao Konishi, Direktur dan Senior Wakil Presiden Divisi Sistem Daya di Toshiba ESS, berkomentar, “Kami dapat menawarkan berbagai sistem pembangkit listrik tenaga panas bumi dari 1 MW hingga 200 MW. Di Indonesia, Toshiba ESS telah memasok sistem pembangkit listrik panas bumi skala besar dengan output agregat sebesar 239 MW untuk PLTP Sarulla, pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di Indonesia, dan PLTP Patuha. Dengan peluang baru ini, kami akan mendorong "Geoportable™" sebagai tambahan bagi tipe skala besar, dan terus berkontribusi dalam mewujudkan pasokan listrik yang stabil di Indonesia dengan menyediakan sistem pembangkit listrik mutakhir kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. "

Toshiba Energy Systems & Solutions Corporation adalah penyedia terkemuka solusi energi terintegrasi. Dengan pengalaman dan keahlian yang panjang dalam berbagai sistem pembangkit tenaga listrik dan transmisi serta teknologi manajemen energi, perusahaan ini memberikan solusi energi yang inovatif, andal, dan efisien di seluruh dunia. Terpisah dari Toshiba Corporation (TOKYO: 6502) pada bulan Oktober 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:45 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Tinjau Kesiapan Sarpras Catar AAL Surabaya

Markas Komando (Mako) Pangkalan Korps Marinir (Lanmar) Surabaya, Jalan Opak, No.09, Surabaya, yang rencananya akan dijadikan sebagai tempat Test Terpusat Werving Calon Taruna (Catar) Akademi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:30 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto Pimpin Pengukuhan Kadispen Kormar dan Penyerahan Jabatan Kapuskodal Kormar

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto memimpin acara pengukuhan jabatan Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir (Kadispen Kormar) dan penyerahan jabatan Kepala…

Prajurit YONIF 3 Marinir Sidoarjo Tingkatkan Beladiri Karate

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:15 WIB

Prajurit YONIF 3 Marinir Sidoarjo Tingkatkan Beladiri Karate

Dalam rangka menjalankan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono tentang bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:00 WIB

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Taruna Akademi Militer (Akmil) dan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mendalami materi kepemimpinan saat melakukan kunjungan ke Mako Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw, yang berlokasi di Kabupaten…

Presiden Jokowi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:49 WIB

Presiden Jokowi Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Kebutuhan Pokok di Semarang

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengunjungi Pasar Peterongan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, pada hari Selasa, 5 Juli 2022. Tiba sekira pukul 12.30 WIB, kehadiran Presiden…