Saka Bahari Pesawaran Born To Marine

Oleh : Herry Barus | Senin, 14 Oktober 2019 - 15:00 WIB

Saka Bahari Pesawaran Born To Marine
Saka Bahari Pesawaran Born To Marine

INDUSTRY.co.id - Pesawaran- Ombak menderu di perairan Teluk Ratay Lampung, sesekali menghempas di Pantai Ketapang Pesawaran Lampung. Dari kejauhan tampak puluhan kapal nelayan berbendera merah putih dan pramuka mendekat dan mendarat di Pantai Ketapang. Ratusan Pramuka Saka Bahari melompat, menyerbu ke arah pantai dan dalam waktu cepat langsung berbaris rapi.

Walau dalam posisi terendam air sebatas lutut orang dewasa di batas air pasang tidak menyurutkan mental Pramuka Saka Bahari untuk tegak berdiri di pantai yang telah disiapkan menjadi Lapangan Upacara Pelantikan dan Pengukuhan Ketua Mabisaka dan Pinsaka Bahari tingkat Cabang Pesawaran Lampung (Jumat, 20 September 2019).

Acara yang bertema “Serbuan Bahari” ini merupakan puncak dari rangkaian Pembentukan Saka Bahari tingkat Cabang Pesawaran yang sebelumnya sudah diawali dengan kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) yang digelar dalam rangka Orientasi Keanggotaan Baru Pramuka Saka Bahari Tingkat Cabang Pesawaran.

Sebagai Ketua Majlis Pembimbing Saka (Mabisaka) Bahari adalah Komandan Brigif 4 Marinir/BS, Kolonel Marinir Ahmad Fajar dan selaku Pimpinan Saka (Pinsaka) Bahari yang dilantik adalah Komandan Yonif 9 Marinir/Beruang Hitam, Letkol Marinir Syamsul Bahri, SE.,S.Tr(Han).,M.Tr(Hanla).

Beserta 59 anggota Saka Bahari yang merupakan gabungan dari Prajurit Brigif 4 Marinir/BS dan Kwarcab Pesawaran. Selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab), Bapak Aria Guna yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Pesawaran.

Upacara ini dihadiri undangan dari Kwarcab Gerakan Pramuka Pesawaran, dan para Pembina Pramuka di sekolah masing-masing serta dihadiri juga oleh seluruh perwakilan Pramuka Saka Bahari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Pelantara-9 Sail Nias 2019 yang dalam agendanya sandar di Provinsi Lampung.

Pada Prosesi Pelantikan 60 orang Pengurus Mabisaka & Pinsaka Bahari ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dibacakan Ikrar oleh Irup dan Janji Tri Satya oleh Pinsaka Bahari yang disaksikan oleh Sang Merah Putih yang digenggam di dada oleh Pinsaka & Pengurus Saka Bahari yang dilantik. Lagu Hyme Pramuka menutup prosesi pelantikan dan pengukuhan ini.

 

Sebagai penutup rangkaian Upacara, disuguhkan Demonstrasi Keterampilan Pramuka Saka Bahari secara Kolosal dengan penampilan kolaborasi kolone senapan, kolone tongkat dan kolone semaphore dari SMKN 6 Bandar Lampung.

Dengan motto Saka Bahari Tingkat Pesawaran “Born to Marine” Marinir siap mencetak SDM Pramuka unggul yang berwawasan maritim, berkarya untuk Indonesia maju.

Komandan Yonif 9 Marinir/Beruang Hitam selaku Pinsaka Bahari, menegaskan, “Saka Bahari ini dibentuk dengan tujuan  untuk membekali para adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega tentang Bahari/Kemaritiman negara kita agar para Pramuka sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan laut dan sumber daya yang ada di dalamnya, sekaligus sebagai semangat dan motivasi bagi generasi muda millenial untuk cinta Bahari melalui Saka Bahari”.

“Dalam waktu dekat, kami akan menyelenggarakan Perkemahan Apung di laut yang pertama di Indonesia bagi para Pramuka Saka Bahari Pesawaran dalam rangka Orientasi Pembentukan Dewan Saka Bahari tingkat Pesawaran. Perkemahan Apung ini harus mampu dilaksanakan oleh para Pramuka Saka Bahari, karena kita harus mampu bersahabat dengan laut, dengan ombak & gelombang laut, sehingga jiwa Bahari dan Maritim kita tumbuh karena kita Saka Bahari Pesawaran Born to Marine”, pungkasnya menutup wawancara.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…