Yamaoka Scholarship Foundation Menambah Jumlah Penerima Beasiswa Melalui Kerja Sama dengan Institut Pertanian Bogor

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 14 September 2019 - 23:26 WIB

Yamaoka Scholarship Foundation Menambah Jumlah Penerima Beasiswa Melalui Kerja Sama dengan Institut Pertanian Bogor
Yamaoka Scholarship Foundation Menambah Jumlah Penerima Beasiswa Melalui Kerja Sama dengan Institut Pertanian Bogor

INDUSTRY.co.id - Jakarta, 14 September 2019 – Yamaoka Scholarship Foundation, program beasiswa yang didukung penuh oleh Yanmar Co., Ltd., kembali melakukan ekspansi program beasiswa untuk universitas di Indonesia dengan mengandeng perguruan tinggi baru, Institut Pertanian Bogor (IPB) setelah tahun sebelumnya bekerja sama dengan Universitas Darma Persada Indonesia (Unsada). Acara penyerahan beasiswa tersebut diadakan di Ayana Hotel, 14 September 2019.

Dengan bergabungnya IPB dalam program beasiswa di tahun ini, menjadikan jumlah peserta penerima beasiswa menjadi 15 orang. Adapun ke-lima belas penerima beasiswa tersebut adalah 5 orang penerima beasiswa tahun sebelumnya dari Unsada dan 10 orang penerima beasiswa di tahun 2019 (5 orang penerima dari Unsada dan 5 orang penerima dari IPB). Adapun para penerima baru beasiswa tersebut, merupakan mahasiswa yang berada di tingkat 3 pada tahun ajaran 2019. Beasiswa tersebut diberikan selama 2 tahun dengan berupa uang sebesar 1 juta rupiah setiap bulannya.

“Sebagai bagian dari Yanmar, tentu kami sangat bangga bisa membantu calon-calon generasi yang akan
memimpin perkembangan pertanian di Indonesia di masa depan. Kami berharap beasiswa ini dapat membantu
mereka untuk terus berprestasi dalam menempuh perkuliahan mereka di universitas masing-masing.” Kata
Nobuyoshi Fujita, Direktur Eksekutif Yamaoka Scholarship Foundation.

Perjalanan Yamaoka Foundation dalam memberikan bantuan beasiswa universitas di Indonesia dimulai pada
saat peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Jepang tahun 2018 dan berencana membentuk sistem pendukung untuk universitas di Indonesia. Yamaoka Scholarship Foundation dibentuk oleh Magokichi Yamaoka, pendiri dari Yanmar Co., Ltd. menggunakan aset pribadinya. 

Di Jepang, Yamaoka Scholarship Foundation menyediakan dan mengelola beasiswa untuk tingkat SMA, pasca sarjana dan mahasiswa asing yang terlibat dalam penelitian tentang pengetahuan alam. Sejak 2013, program beasiswa ini juga telah aktif di Asia Tenggara. Di Indonesia, program ini menawarkan beasiswa akademik untuk siswa SMP di Jakarta dan Surabaya yang menekuni dan berprestasi di bidang sepak bola dengan syarat masih aktif menjadi siswa di sekolah masing-masing.

Di masa depan, Yanmar Co., Ltd. melalui Yamaoka Scholarship Foundation akan memperluas programnya untuk universitas di Indonesia dan bekerja untuk membina generasi selanjutnya di dalam maupun di luar Jepang. Kai Yasuda, Presiden Direktur dari PT. Yanmar Diesel Indonesia mengatakan “Kami senang akhirnya bisa meningkatkan jumlah penerima beasiswa seperti yang telah kami janjikan di tahun lalu. Dengan meneruskan kerja sama dengan IPB dan Unsada di tahun ini, jumlah penerima beasiswa di tahun 2020 akan menjadi 20 mahasiswa. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat berkontribusi terhadap realisasi masyarakat yang sejahtera, terutama di Indonesia.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Blibli Dukung Industri Pariwisata Memasuki New Normal Melalui Teknologi

Jumat, 05 Juni 2020 - 12:05 WIB

Blibli Dukung Industri Pariwisata Memasuki New Normal Melalui Teknologi

Sejak COVID-19 merebak di Indonesia, Blibli telah menjalankan berbagai inisiatif untuk menopang beragam industri di tanah air agar pelaku usaha dapat mempertahankan laju bisnis mereka. Memasuki…

Musisi Ote Abadi ( kiri), Profesor Djoko gunawan (akademisi), Gus Nuh (Pelukis), Al Hakim Al Hadhy, SSR,ME (akademisi) dan Koko (GSUI)

Jumat, 05 Juni 2020 - 12:03 WIB

Lewat GSUI, Pelukis, Musisi dan Akademisi Sumbang Karya Demi Atasi Dampak Pandemi Cofid19

Semakin hari dampak pandemi Cofid19 semakin dirasakan oleh masyarakat. Banyak yang kehilangan penghasilan karena harus mengalami PHK, banyak juga yang penghasilannya berkurang jauh karena bekerja…

Taufik Hidayat, Direktur Utama PT. PP Properti Tbk (Dok. Industry)

Jumat, 05 Juni 2020 - 11:49 WIB

PP Properti Sisihkan Rp34,2 Miliar dari Laba Bersih 2019 untuk Dividen

PT PP Properti Tbk (PPRO), pengembang properti terkemuka di Indonesia, telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk Tahun Buku 2019 pada Rabu (03/06/2020) di Plaza PP,…

Viral kisah cinta petugas PPSU DKI Jakarta dengan bule cantik asal Austria. Foto: instagram @awanzha_arzum/walipop.detikcom

Jumat, 05 Juni 2020 - 11:31 WIB

Bule Cantik Dinikahi Petugas Kebersihan DKI Jakarta

Jakarta- Kisah cinta beda negara antara petugas PPSU (Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum) DKI Jakarta dengan seorang bule cantik ini benar benar terjadi.

Ilustrasi Bersin bersin dipagi hari (ist)

Jumat, 05 Juni 2020 - 11:20 WIB

Sering Bersin-bersin Saat Bangun Tidur Termasuk Gejala Awal Corona? Ini Penjelasan Dokter Spesialis...

"Bersin-bersin belum tentu Corona. Kita bisa dilihat dari gejala umum dan gejala pernapasan," ujar dr. Yenny dalam sebuah acara yang ditayangkan oleh KompasTV beberapa waktu lalu.