Bintang Puspayoga Rilis Buku Sinergi Untuk Negeri

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 September 2019 - 18:00 WIB

Bintang Puspayoga
Bintang Puspayoga

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bintang Puspayoga secara resmi merilis buku bertajuk Sinergi Untuk Negeri. Buku yang disusun tim yang diketuai Kabag Humas Kementerian Koperasi dan UKM Darmono itu merupakan buku yang menyajikan tentang peran Bintang Puspayoga selama mendampingi sang suami, Menteri Koperasi dan UKM, dalam menjalankan tugasnya.

"Buku ini sebagai bentuk pertanggungjawaban saya selama bertugas sebagai istri Menteri Koperasi dan UKM", ucap Bintang disela-sela acara Silaturahmi Bersama dengan tema Merajut Kebersamaan Dalam Pemberdayaan Koperasi dan UMKM Tahun 2019, di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Di acara yang dihadiri Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dan seluruh Kepala Dinas Koperasi dan UKM provinsi seluruh Indonesia, Bintang menjelaskan bahwa buku ini mengulas perjalanannya keliling Indonesia dalam rangka pemberdayaan masyarakat, dari mulai KUKM hingga penerapan pola hidup sehat. "Kami bersinergi dengan seluruh stakeholder, termasuk saat melakukan kegiatan di wilayah perbatasan RI", kata Bintang.

Bintang menyebutkan, dalam buku tersebut, selain sebagai istri menteri, dirinya juga berperan sebagai Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Koperasi dan UKM, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), dan juga Ketua Bidang II Tim Penggerak PKK, serta Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar OASE Kabinet Kerja.

Usai acara, Ketua Tim Penulis Buku Darmono mengatakan, buku ini menggambarkan bagaimana Bintang Puspayoga menjalankan tugas dan tanggungjawab yang diembannya. "Dalam setiap bidang tugas dan tanggungjawab yang dijalaninya, ada berbagai program yang dijalankannya", imbuh Darmono.

Menurut, Darmono, dalam setiap kegiatan yang dilakukan Bintang selalu menjalin Sinergi. "Sebuah program akan lebih efektif bila dijalankan secara bersama-sama atau sinergi. Istilahnya, dikeroyok bersama-sama", tandas Darmono lagi.

Di mata Darmono, bisa dilihat dalam program apapun, Bintang Puspayoga selalu menjalin kerjasama dengan kementerian atau lembaga lain. Misalnya, Dekranas dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, OASE Kabinet Kerja dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta lembaga-lembaga lainnya.

Terkait cover buku, Darmono menjelaskan, penggunaan gambar puzzle adalah potongan-potongan atau kepentingan gambar yang jika disusun akan memberikan gambaran utuh tentang sesuatu. "Begitu juga dengan sinergi, ibarat sebuah puzzle jika kegiatan-kegiatan yang terpisah dilakukan bersama akan menjadi sesuatu yang bermanfaat secara utuh kepada masyarakat", pungkas Darmono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Marinir Surabaya Jaga Stamina Tubuh dengan Bermain Bulutangkis

Rabu, 03 Juni 2020 - 03:00 WIB

Prajurit Marinir Surabaya Jaga Stamina Tubuh dengan Bermain Bulutangkis

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan stamina dan imunitas tubuh guna menangkal virus corona (Covid-19), prajurit ‘Gurita Cakti’ (sebutan Yonif 5 Marinir) melaksanakan pembinaan fisik dengan…

Fenny Sweety, Konsultan Diet Sehat asal surabaya

Rabu, 03 Juni 2020 - 02:53 WIB

Konsultan Cantik Asal Surabaya Ini, Punya Saran Dasyat Hadapi New Normal

Jakarta-Setelah lama memberlakukan karantina atau istilah kerennya work from home (WFH), Pemerintah tengah mempersiapkan Indonesia memasuki fase new normal atau kenormalan baru di tengah pandemi…

Alvin Suryohadiprojo

Rabu, 03 Juni 2020 - 01:55 WIB

Soal Perusahaan Rintisan, Lawyer Ganteng Ini Punya Tiga Jurus Pendekatan Agar Mood Investor Tetap Tinggi

Jakarta-Dalam sepuluh tahun terakhir, perkembangan bisnis startup di Indonesia dapat dikatakan cukup pesat didukung oleh kemajuan teknologi digital serta tumbuhnya pengguna internet di tanah…

Pemprov Jabar kerjasama dengan Telkom University dan Cisco

Selasa, 02 Juni 2020 - 21:26 WIB

Pemprov jabar Gandeng Telkom University dan Cisco Wujudkan Kota Cerdas di Tengah Pandemi

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Telkom University, dan Cisco setuju untuk berkolaborasi dalam inisiatif Kota Cerdas, yang salah satunya mendukung Ketahanan Pelayan Publik dalam menghadapi COVID-19…

Aktifitas bongkar muat pelabuhan

Selasa, 02 Juni 2020 - 20:19 WIB

PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) Berhasil Cetak Pendapatan Rp3,5 triliun Periode Januari-April 2020

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC membukukan pendapatan sebesar Rp. 3,5 triliun selama periode Januari-April 2020. Dengan capaian ini, IPC masih optimistis pendapatan usaha perseroan…