Program CSR Pacific Paint Mewarnai Indonesia, Dinobatkan Sebagai “Inovasi CSR Terbaik

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 03 Agustus 2019 - 00:01 WIB

Raih Inovasi Award
Raih Inovasi Award

INDUSTRY.co.id, Tangerang- Pacific Paint dianugerahi penghargaan “Inovasi CSR” untuk program tanggung jawab sosial Mewarnai Indonesia di acara Apresiasi Inovasi - Become Innovative in the Disruptive Era yang diselenggarakan oleh Koran Sindo.

Ajang penghargaan ini merupakan acara tahunan yang didedikasikan bagi perusahaan dengan kemampuan mencetak beragam inovasi di berbagai bidang khususnya dalam menghadapi era kompetitif dan disruptif. Proses penjurian dilakukan mulai dari inventaris data, penyeleksian melalui analisa data sekunder, presentasi serta publikasi bagi seluruh perusahaan di Indonesia.

Pacific Paint terpilih sebagai pemenang pada kategori Inovasi CSR karena berhasil menginisiasi beragam program tanggung jawab sosial di beberapa wilayah di Indonesia antara lain mengubah wujud kampung kumuh menjadi ikon destinasi wisata baru, memberikan dukungan kegiatan UMKM hingga melakukan pengecatan kembali situs bersejarah. Seluruh kegiatan CSR perusahaan sangat relevan dengan target serta kebutuhan konsumen, secara konsisten diterapkan untuk jangka panjang serta memberi dampak positif bagi lingkungan antara lain di sektor pariwisata, UMKM serta perekonomian.

“Kami sangat berterima kasih atas dinobatkannya program Mewarnai Indonesia sebagai Inovasi CSR Terbaik. Melalui penghargaan ini, menunjukkan komitmen Pacific Paint yang mengedepankan inovasi dalam memenuhi kebutuhan dan memberikan aspirasi baru bagi para pelanggan. Tentunya kami akan terus menciptakan inovasi baru dalam upaya memaksimalkan potensi ekonomi dan sosial di Indonesia,” ungkap Suryanto Tjokrosantoso, Direktur Pacific Paint.

Rangkaian kegiatan CSR Pacific Paint Mewarnai Indonesia, yaitu:

Revitalisasi Pondok Pesantren Sirnarasa, Ciamis

Pacific Paint menggelar program revitalisasi Pondok Pesantren Sirnarasa dengan melakukan pengecatan gedung asrama putra dan putri, seluruh kelas yang digunakan untuk Madrasah Aliyah, pembuatan mural dengan gambar bertema  Islami, memberikan papan informasi mengenai tarekat Islam serta papan arah fasilitas umum di dalam Pondok Pesantren. Pengecatan menggunakan warna-warni cemerlang cat dinding Metrolite dan Jatilux serta Glotex (cat kayu dan besi) yang merupakan produk unggulan Pacific Paint. Pengecatan memakan waktu selama satu bulan dengan menghabiskan cat sebanyak lebih dari 3.000 liter.

New Natsepa Beach, Ambon

Bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, Pacific Paint menyelenggarakan program renovasi dan pengecatan fasilitas di Pantai Natsepa. Beragam fasilitas di dalam pantai mulai dari pintu gerbang utama hingga bibir pantai antara lain ruang ganti, toilet, aula serbaguna hingga kios rujak diperbaiki serta diaplikasikan cat warna warni serta dilengkapi mural menggunakan lebih dari 5.000 liter cat berkualitas dari Pacific Paint.

Kampung Tenun Warna Warni, Baubau

Di desa Sula’a, Kota Baubau, Pacific Paint memfasilitasi pengecatan 107 rumah adat Banua Tada Malige, 60 kapal nelayan serta membuat 50 mural, menggunakan warna – warni cemerlang Metrolite (cat tembok) dan Glotex (cat kayu dan besi) yang merupakan produk unggulan Pacific Paint. Pengecatan memakan waktu hingga dua bulan dengan menghabiskan cat sebanyak lebih dari 3.500 liter menggunakan merek Glotex yang merupakan cat minyak, serta lebih dari 2.000 liter untuk cat berbahan dasar air merek Metrolite.

Kampung Ragam Warna, Kendal

Pacific Paint memberikan apresiasi dan dukungan atas kreatifitas warga di Mranggen, Kendal, Jawa Tengah dengan berpartisipasi mewujudkan Kampung Ragam Warna melalui pengecatan 100 rumah dan fasilitas umum yang menghabiskan lebih dari 3.000 liter cat. Selama proses pengecatan, Pacific Paint menggandeng para seniman yang tergabung dalam Kelompok Kartunis Kaliwungu (Kokang), pelukis lokal serta warga untuk berkarya menghasilkan beragam mural kreatif.

Pecinan Warna Warni dan Keraton Kasepuhan, Cirebon

Untuk mendukung semangat persatuan dan kesatuan di Cirebon, Pacific Paint memberikan sentuhan keindahan ragam warna dengan meresmikan Pecinan Warna Warni di area Pecinan Kanoman Cirebon yang merupakan representasi tempat pertemuan beragam budaya, suku dan bangsa. Berkolaborasi bersama Forum Pedagang Kanoman, Pacific Paint mengecat dan memberikan warna baru pada 200 ruko, 67 tenda dan 16 kanopi. Selain meresmikan Pecinan Warna Warni, Pacific Paint juga turut melakukan pengecatan kembali Keraton Kasepuhan dan pembuatan papan petunjuk informasi sejarah di sekitar halaman menuju keraton.

Beda Warna Satu Saudara, Ambon

Pacific Paint menginisiasi kegiatan CSR melalui pengecatan rumah ibadah yakni masjid dan gereja di Ambon. Menariknya kegiatan ini adalah mengembalikan prinsip pela dan gandong yang sekian lama menjadi pesan luhur di Ambon. Pela dan gandong sendiri merupakan sebutan yang di berikan kepada dua atau lebih negeri yang saling mengangkat saudara satu sama lain. Konsep pengecatan sendiri dilakukan dengan bertukar tempat, dimana umat muslim mengecat Gereja Fajar Hidup dan Gereja Rumah Tiga, sedangkan umat kristiani memberikan warna baru Masjid An Nur dan Masjid Batu Merah.

Kampung Merah Putih, Tual

Kobaran semangat persatuan dan kesatuan bangsa diwujudkan Pacific Paint melalui 130 mural artistik bertemakan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dengan latar belakang cat berwarna merah dan putih di Tual, Maluku Tenggara. Pembuatan mural tersebut diresmikan dengan menghadirkan ikon wisata baru yakni Kampung Merah Putih yang merupakan hasil kolaborasi Pacific Paint dengan seniman mural kreatif dari wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Mata untuk Warna

Bekerja sama dengan team dokter RSPAD Gatot Subroto mengadakan kegiatan sosial masyarakat yakni melaksanakan operasi mata katarak gratis untuk 75 penderita yang kurang mampu di wilayah Jakarta. Melalui kegiatan operasi mata katarak gratis Mata untuk Warna ini diharapkan para pasien yang sudah pulih dapat menikmati kembali keindahan warna disekitarnya, karena mata merupakan salah satu panca indra dapat menunjang kegiatan sehari-hari.

Kampung Bekelir, Tangerang

Sebanyak 300 rumah di RW 1 Kampung Babakan, dindingnya dihias dengan mural dan graffiti tematik yang bercerita tentang sejarah dan kearifan lokal. Proyek Kampung Bekelir menjadikan kampung kumuh yang terdiri dari empat Rukun Tetangga (RT) dengan jumlah penduduk lebih dari 1.000 jiwa, berubah menjadi kampung wisata kreatif dan kini telah menjadi salah satu destinasi wisata  menarik untuk dikunjungi.

“Mewakili segenap manajemen menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan, mitra bisnis dan para pelanggan atas kepercayaan dan kerjasamanya selama ini. Semoga Pacific Paint dapat senantiasa menjadi penyedia solusi cat nomor satu di Indonesia,” tutup Suryanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…