Ya'ahowu Nias Festival Ditargetkan Bakal Tambah 20 Ribu Kunjungan Wisatawan

Oleh : Ridwan | Kamis, 18 Juli 2019 - 20:55 WIB

Launching Ya'ahowu Nias Festival 2019 (Foto: Ridwan)
Launching Ya'ahowu Nias Festival 2019 (Foto: Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kepulauan Nias bakal memiliki dua festival besar sebagai atraksi wisatawan. Ya'ahowu Nias Festival 2019 dan Sail Nias yang berlangsung tahun ini diharapkan dapat menambah 20 ribu wisatawan atau tumbuh 40% dibandingkan tahun lalu. 

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely menyatakan festival itu adalah upaya promosi dan peningkatan kunjungan wisatawan. "Kami harapkan seluruh rangkaian kegiatan bakal terhubung dengan berbagai paket wisata," kata Faduhusi di Jakarta, Kamis (18/7). 

Sail Nias 2019 bulan ini sedang berlangsung hingga September 2019. Pulau itu memiliki Pantai Sorake dan Pantai Lagundri yang menjadi titik selancar terbaik dunia. Bahkan, Sorake menjadi tempat Word Surfing League. Lalu, Ya'ahowu Nias Festival bakal terlaksana pada 16 sampai 20 November 2019. Sebanyak 12 acara unggulan bakal menjadi daya tarik wisatawan. Contohnya pagelaran budaya tradisional, atraksi budaya, permainan rakyat, olahraga, silat, kerajinan daearh, kuliner, hingga perkemahan. 

Faduhusi mengungkapkan potensi pariwisata dan industri perikanan dan kelautan di Pulau Nias sangat besar. "Kami mengincar wisatawan mancanegara, kebanyakan itu Eropa, Jepang, dan Australia," ujarnya. 

Menurut catatannya, jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Nias tahun 2017 sebanyak 50.418 orang, terdiri dari 426 wisatawan domestik dan 49.922 wisatawan mancanegara. Dia berharap, porsi wisatawan domestik bisa mencapai 10% dari total kunjungan. 

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementerian Pariwisata Noviendi Makalam mengungkapkan Pulau Nias sudah memiliki akses bandara internasional. Bandara Binaka Nias yang baru berkembang punya landasan pacu hingga 2.500 meter dan lebar 30 meter. Noviendi menjelaskan komitmen pimpinan dari para kepala daerah di Pulau Nias menjadi kunci utama memajukan pariwisata. 

"Selain itu, aksesibilitas, amenitas, dan akomodasi juga perlu jadi fokus peningkatannya," katanya. 

Dia mengapresiasi langkah pemerintah daerah yang meningkatkan atraksi lewat dua festival besar yang masuk 100 kalendar pariwisata nasional. Sehingga, pemerintah pusat bisa melakukan promosi ke luar negeri dengan mudah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…