Jokowi Bakal Buka Pintu Investasi Seluas-luasnya, Ini Kata Pengusaha

Oleh : Ridwan | Selasa, 16 Juli 2019 - 18:05 WIB

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) akan membuka pintu investasi seluas-luasnya. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menyampaikan pidato kemenangan di Sentul, akhir pekan kemarin.

Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menanggapi hal tersebut, menurutnya, investasi memang perlu ditingkatkan. Pasalnya, kontribusi investasi terhadap pertumbuhan ekonomi dinilai cukup besar.

"Investasi memang harus ditingkatkan semaksimal mungkin ya, kontribusi pertumbuhan (ekonomi) itu 33-35% dari investasi," papar Rosan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Rosan berharap, semakin banyak investasi produktif ke industri padat karya dan berorientasi ekspor. Pasalnya, penciptaan lapangan kerja juga dinilai Rosan menjadi pekerjaan utama yang harus diselesaikan.

"Investasi yang masuk ke Indonesia harapannya berupa investasi yang punya dampak padat karya dan orientasi ekspor. Karena PR kita utama salah satunya ciptakan lapangan pekerjaan," ungkap Rosan.

Menurut Rosan, pemerintah harus melakukan reformasi birokrasi agar investasi ke Indonesia meningkat dan tidak tertinggal dari negara lain.

"Kalau tidak melakukan reformasi di segala bidang bisa-bisa investasi kita tertinggal. Negara lain itu juga benahi perizinan, dari segi koordinasi dan kepastian hukum serta perpajakan," kata Rosan.

Bukan cuma birokrasi, produktivitas tenaga kerja juga harus digenjot, pasalnya dua hal tersebut adalah pertimbangan utama untuk para investor masuk. "Jadi ya birokrasi dan productivity, salah satu yang jadi concern dari para investor yang masuk," tambahnya.

Rosan menilai untuk produktivitas ketenagakerjaan pun masih kurang. Selama ini menurutnya, wacana yang berembus hanya mengenai upah naik bagi tenaga kerja, bukan bagaimana untuk meningkatkan produktivitas.

"Di satu sisi kita jarang bicara productivity tenaga kerja kita, tapi kenaikan upah selalu meningkat. Sehingga makin lebar produktivitas tenaga kerja," ungkap Rosan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan Internet (KTSDESIGN/Getty Images)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:50 WIB

Peningkatan Kapasitas Jaringan Seluler Sangat Diperlukan

Hal ini dapat dicapai melalui tiga cara, yaitu penambahan Base Transceiver Station (BTS), penambahan frekuensi dan perbaruan teknologi.

Ilustrasi 5G.(Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:03 WIB

Menyambut 5G, Ini Tantangan yang Dihadapi di Indonesia

Indonesia belum memanfaatkan secara penuh data dalam pembangungan.

Sony luncurkan kamera Alpha 7R IV dan RX100 VII di ajang Alpha Festival 2019.(Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 11:40 WIB

Alpha Festival 2019 Luncurkan Sony α7R IV dan RX100 VII

Mempersembahkan kamera Sony bagi semua tipe fotografer di berbagai experience zone.

Mandiri Syariah sedang bertransaksi dengan nasabahnya

Minggu, 25 Agustus 2019 - 11:14 WIB

Gandeng Metland, Mandiri Syariah Genjot KPR

Jakarta -Menawarkan pembiayaan kepemilikan rumah dengan prinsip syariah, Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) bekerja sama dengan pengembang perumahan (developer) besar diantaranya PT Metropolitan…

PT FWD Life Indonesia (FWD Life), (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 11:00 WIB

FWD Luncurkan FWD Elite Signature di INSEAD

FWD Group (“FWD”) baru-baru ini mengumumkan peluncuran FWD Elite Signature di Program INSEAD, sebuah platform pengembangan pertama di industri asuransi untuk para agency leaders guna mentransformasi…