Jokowi Bakal Buka Pintu Investasi Seluas-luasnya, Ini Kata Pengusaha

Oleh : Ridwan | Selasa, 16 Juli 2019 - 18:05 WIB

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) akan membuka pintu investasi seluas-luasnya. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menyampaikan pidato kemenangan di Sentul, akhir pekan kemarin.

Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menanggapi hal tersebut, menurutnya, investasi memang perlu ditingkatkan. Pasalnya, kontribusi investasi terhadap pertumbuhan ekonomi dinilai cukup besar.

"Investasi memang harus ditingkatkan semaksimal mungkin ya, kontribusi pertumbuhan (ekonomi) itu 33-35% dari investasi," papar Rosan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Rosan berharap, semakin banyak investasi produktif ke industri padat karya dan berorientasi ekspor. Pasalnya, penciptaan lapangan kerja juga dinilai Rosan menjadi pekerjaan utama yang harus diselesaikan.

"Investasi yang masuk ke Indonesia harapannya berupa investasi yang punya dampak padat karya dan orientasi ekspor. Karena PR kita utama salah satunya ciptakan lapangan pekerjaan," ungkap Rosan.

Menurut Rosan, pemerintah harus melakukan reformasi birokrasi agar investasi ke Indonesia meningkat dan tidak tertinggal dari negara lain.

"Kalau tidak melakukan reformasi di segala bidang bisa-bisa investasi kita tertinggal. Negara lain itu juga benahi perizinan, dari segi koordinasi dan kepastian hukum serta perpajakan," kata Rosan.

Bukan cuma birokrasi, produktivitas tenaga kerja juga harus digenjot, pasalnya dua hal tersebut adalah pertimbangan utama untuk para investor masuk. "Jadi ya birokrasi dan productivity, salah satu yang jadi concern dari para investor yang masuk," tambahnya.

Rosan menilai untuk produktivitas ketenagakerjaan pun masih kurang. Selama ini menurutnya, wacana yang berembus hanya mengenai upah naik bagi tenaga kerja, bukan bagaimana untuk meningkatkan produktivitas.

"Di satu sisi kita jarang bicara productivity tenaga kerja kita, tapi kenaikan upah selalu meningkat. Sehingga makin lebar produktivitas tenaga kerja," ungkap Rosan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Djoko Santoso - Manajer Biro Promosi, Ustaz Yusuf Mansur, Hanif Setyo Nugroho - Direktur Pemasaran dan Pengelolaan Properti, Pundjung Setya Brata - Komisaris Utama PT Adhi Commuter Properti DAN Nanang Safrudin Salim - Project Director RIVIA

Senin, 18 November 2019 - 22:43 WIB

Garap Tiga Proyek Baru, Adhi Commuter Properti Percepat Pengembangan Kawasan TOD di Kota Bogor.

Jakarta-PT Adhi Commuter Properti (ACP) sebagai pengembang terpercaya terus menunjukkan agresivitas dalam mengembangkan kawasan yang berkonsep Transit Oriented Development (TOD). Ada 3 proyek…

Sawah foto Doc Kementan

Senin, 18 November 2019 - 22:36 WIB

Kementan: Indonesia Taat Sebagai Negara Anggota WTO

Jakarta - Sempat bersengketa dalam sejumlah rekomendasi World Trade Organization (WTO), Pemerintah tetap optimistis keanggotaan di dalam organisasi tersebut tetap akan menguntungkan Indonesia…

Susi Pudjiastuti mengunjungi Tanjung Lesung

Senin, 18 November 2019 - 22:24 WIB

Kunjungi KEK Tanjung Lesung, Susi Pudjiastuti: Sunset-nya Luar Biasa!

Susi Pudjiastuti datang sebagai Pandu Laut Nusantara untuk melihat lokasi dan nelayan yang terdampak tsunami 22 Desember 2018. Lalu menghibahkan 5 kapal kepada nelayan yang membutuhkan.

President University

Senin, 18 November 2019 - 21:53 WIB

Respon Nyata President University dalam Upaya Menyongsong Bisnis Era Industri 4.0

ikarang. Perkembangan bisnis yang sangat pesat terutama menghadapi revolusi industry 4.0 diprediksi akan membuat persaingan akan semakin ketat dan sulit kedepannya.

Jababeka

Senin, 18 November 2019 - 21:40 WIB

Cikarang Surganya Pabrik, Apartemen dan Mall

Cikarang, Merupakan salah satu daerah yang terletak di daerah Jawa Barat tepatnya di kota Bekasi yang menjadi tujuan orang untuk memperoleh pekerjaan.