Prudence Foundation dan AVPN Umumkan Pemenang Kompetisi Inovasi Teknologi Bencana

Oleh : Hariyanto | Jumat, 28 Juni 2019 - 09:17 WIB

Prudence Foundation dan AVPN Umumkan Pemenang Kompetisi Inovasi Teknologi Bencana
Prudence Foundation dan AVPN Umumkan Pemenang Kompetisi Inovasi Teknologi Bencana

INDUSTRY.co.id - Jakarta  - Prudence Foundation, lembaga sosial pelaksana program Community Investment Prudential di Asia, bersama AVPN, jaringan penyandang dana dari  Singapura yang berkomitmen untuk membangun komunitas investasi sosial yang berdampak tinggi di seluruh Asia Pasifik, mengumumkan pemenang Kompetisi Inovasi Teknologi Bencana (Disaster Tech Innovation Competition) perdana mereka.

Kompetisi ini merupakan komponen inti dari Program Inovasi Teknologi Bencana (Disaster Tech Innovation Programme), yang berupaya untuk meningkatkan pentingnya teknologi inovatif dalam melindungi dan menyelamatkan kehidupan sebelum, selama dan pasca bencana alam (atau Teknologi Bencana).

Setelah membuka pendaftaran dengan partisipan dari seluruh dunia di awal tahun, kompetisi ini mencapai puncaknya pada acara Live Pitch di Singapura di mana lima finalis  dari berbagai penjuru dunia, yang terdiri dari organisasi sosial atau social purpose organisations (SPO) komersil dan nirlaba saling berkompetisi di hadapan para juri ahli .

Para finalis menunjukkan bagaimana mereka memanfaatkan teknologi untuk menciptakan solusi pencegahan dan pemulihan bencana di berbagai wilayah seperti Kamboja, Indonesia, Nepal, Bangladesh, Filipina dan Taiwan.

FieldSight menjadi pemenang kompetisi dengan solusi platform mobile yang mendukung kegiatan rekonstruksi bencana, dan berhak atas hadiah sebesar US$100.000 untuk mendukung implementasi dan meningkatkan solusi teknologi bencana mereka.

"Frekuensi dan skala bencana di seluruh dunia terus bertambah, namun solusi Teknologi Bencana berada dalam posisi unik untuk membantu masyarakat merespons dan pulih lebih baik dari bencana yang merusak," kata Justin Henceroth, Director FieldSight melalui keterangan resmi yang di terima INDUSTRY.co.id, Jumat (28/6/2019).

"Platform kami pertama kali diluncurkan di Nepal setelah gempa bumi dahsyat pada 2015. Sejak saat itu kami menerapkannya di 60.000 lokasi di 16 region untuk memantau dan mengawasi proses penjaminan kualitas kegiatan infrastruktur kemanusiaan dan pasca bencana. Kompetisi Inovasi Teknologi Bencana ini makin menghubungkan kami ke jaringan kontak, keahlian teknis, dan dukungan keuangan yang lebih luas yang sebelumnya tidak kami miliki, Hal ini akan sangat penting bagi FieldSight untuk meminimalkan dampak bencana alam di Asia-Pasifik dan global." tambahnya.

Daftar lengkap pemenang:

  • FieldSight: Pemenang Kompetisi - US$100.000
  • SeismicAI: Runner-up Pertama - US$30.000. Sistem peringatan dini yang didukung oleh Kecerdasan Buatan (AI) yang mendeteksi aktivitas seismik dalam dua detik
  • PetaBencana.id: Runner-up Kedua - US$20.000. Platform berbasis web gratis yang menghasilkan visualisasi bencana berskala megacity menggunakan pelaporan berbasis keramaian (crowd-sourced) dan statistik secara real time

Dua finalis lainnya:

  • OpenAerialMap: platform citra drone yang dibagikan secara cepat selama bencana
  • People in Need: Sistem peringatan dini untuk banjir yang menggunakan sensor berbasis Internet of Things (IoT)


Wilayah Asia-Pasifik terus menjadi wilayah yang paling berisiko dari bencana alam. Lebih dari satu miliar orang di negara-negara berkembang di seluruh Asia berisiko dari berbagai macam bencana , termasuk topan tropis, banjir, gempa bumi, dan lainnya. Diperkirakan 200 juta anak-anak setiap tahun akan menghadapi kehidupan yang sangat terpengaruh oleh adanya bencana dalam beberapa dekade mendatang .

"Kemajuan teknologi tidak hanya meningkatkan hubungan di antara komunitas masyarakat, tetapi juga memiliki tujuan yang lebih besar lagi yaitu untuk melindungi dan menyelamatkan jiwa. Kami yakin teknologi inovatif dari para finalis kami akan membuat perbedaan dalam membantu masyarakat di Asia agar dapat lebih siap dan pulih lebih cepat dari dampak bencana alam. Kami berterima kasih kepada seluruh mitra kami yang mendukung kompetisi ini, dan kami berharap dapat bekerja dengan lebih banyak organisasi untuk membuat komunitas masyarakat lebih aman dan tangguh." kata Chairman of Prudence Foundation, Donald Kanak.

Selain itu, sebagai bagian dari Program Inovasi Teknologi Bencana untuk mendukung SPO Teknologi Bencana (Disaster Tech SPOs), para finalis diundang untuk memamerkan solusi mereka di Konferensi AVPN tahunan, pertemuan terbesar  dari dana berdampak social (social impact funders) dan penyedia sumber daya (resource providers) di Asia, yang dilangsungkan pada 26-28 Juni 2019 di Singapura.

“AVPN merasa senang dapat bekerja sama dengan Prudence Foundation untuk menyatukan para kolaborator dalam mengembangkan dan merealisasikan solusi inovatif untuk membatasi dampak buruk bencana alam,” kata Kevin Teo, Chief Operating Officer AVPN.

"Di AVPN, misi kami adalah untuk mengubah lebih banyak modal menjadi berdampak sosial, sehingga inisiatif seperti ini sangat ideal karena secara langsung memobilisasi dana untuk organisasi yang menciptakan dampak sosial besar serta mengekspos mereka ke komunitas AVPN yang lebih luas untuk menginspirasi lebih banyak tindakan nyata." lanjutnya.

Berangkat dari upaya Prudence Foundation untuk mempromosikan kesiagaan dan pemulihan bencana di seluruh Asia sejak 2013, Program Inovasi Teknologi Bencana berharap dapat mendorong lebih banyak organisasi sosial untuk berkontribusi di area ini. Serupa dengan inisiatif Prudence Foundation lainnya yang berfokus pada pengurangan risiko bencana seperti SAFE STEPS dan Safe Schools, program ini mendukung Sustainable Development Goals PBB; khususnya Goals 11 (Sustainable Cities and Communities) dan Goals 13 (Climate Action).

Ketika teknologi terus berkembang dan menawarkan lebih banyak solusi inovatif yang dapat membantu masyarakat untuk pulih dari dampak bencana alam, Prudence Foundation berencana untuk terus membangun kesadaran dan mendukung organisasi-organisasi Teknologi Bencana untuk menemukan dan memaksimalkan dampak teknologi kolektif yang tersedia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 - 09:11 WIB

Ketua MPR RI Publikasikan Hasil Riset Ilmiah Terkait Empat Pilar Kebangsaan di Jurnal Ketahanan Nasional UGM

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Dosen Tetap Pascasarjana Program Doktor Hukum Universitas Borobudur Bambang Soesatyo mempublikasikan hasil riset ilmiah mengenai empat…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…