DPR Kebut Rampungkan 31 RUU Prioritas Sebelum Berakhir Masa Jabatan

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 17 Juni 2019 - 19:42 WIB

DPR kebut menyelesaikan 31 RUU Program Legislasi Nasional Prioritas 2019.
DPR kebut menyelesaikan 31 RUU Program Legislasi Nasional Prioritas 2019.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Rapat Kerja (Raker) antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham),  Badan Legislasi DPR RI, dan Panitia Perancang Undang-Undang Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia menyepakati untuk menyelesaikan 31 RUU Program Legislasi Nasional Prioritas 2019.

“Kita berharap sebelum berakhirnya masa keanggotaan DPR RI yang sekarang, RUU yang disahkan menjadi UU setidak-tidaknya mencapai 50 persen lebih dari program legislasi yang sudah ditetapkan,” kata Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI, Arif Wibowo dalam rapat kerja dengan Kemenkumham RI, di Gedung DPR RI, Senin (17/6/2019).

Arif mengatakan, Badan Legislasi juga telah menerima usulan dari Komisi I, Komisi VI, dan Komisi IX DPR RI terkait usulan RUU baru di luar Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2019, yaitu: Komisi I mengusulkan RUU tentang keamanan laut, Komisi VI mengusulkan RUU Perlindungan Konsumen, dan Komisi IX mengusulkan RUU tentang Pengawasan Ketenagakerjaan.

“Menarik RUU tentang Permusikan dari daftar Prolegnas RUU Prioritas tahun 2019 dan Prolegnas RUU Tahun 2015-2019,” ujarnya

Sementara itu , Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly ketika ditanyakan perihal RUU Sumber Daya Air dalam penyelesaiannya menjadi undang-undang, pihaknya masih menunggu kajian dari Kementerian PUPR.  “Ketika sudah dapat draft RUU maka akan segera diundang-undangkan,” ujar Yasonna

Sebagai informasi, dari 55 Rancangan Undang-Undang Program Legislasi Nasional Tahun 2019, ada 35 RUU disiapkan oleh DPR, 16 RUU disiapkan oleh pemerintah, dan 4 RUU disiapkan oleh DPD. Dan dari perkembangan pencapaian prolegnas RUU Prioritas ada 31 RUU dan 3 RUU kumulatif terbuka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pendapatan Bersih tumbuh 106,23%, Segmen Penjualan Unit Alat Berat Tumbuh 135,49%

Senin, 16 Mei 2022 - 17:53 WIB

Dahsyat Tembus 295%, Pertumbuhan Laba Bersih KOBEX pada Triwulan I-2022

Jakarta – PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi, membukukan pencapaian positif pada tiga bulan pertama 2022.

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Senin, 16 Mei 2022 - 17:42 WIB

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Mantan politikus PDIP dan Menteri BUMN Kabinet Gotong Royong, Laksamana Sukardi (LS), menggandeng seniman Harry Tjahjono untuk membuat konten youtube ramah anak.

Destinasi Wisata Cicalengka Dreamland, Bandung, Jawa Barat ( Instagram/@pianpian)

Senin, 16 Mei 2022 - 17:30 WIB

Genjot Pariwisata, Bandung Harus Punya Ciri Khas Sebagai Kota Wisata

Salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut sejumlah tempat wisata yang ada di Ibu Kota Jawa Barat itu perlu memiliki ciri khas yang…

Petugas memeriksa kesehatan mulut Sapi

Senin, 16 Mei 2022 - 16:51 WIB

Untuk Kurban, HPDKI Persiapkan Ternaknya Aman dan Sehat dari PMK

Terkait dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di beberapa kabupaten di Jawa Timur dan di Aceh, Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) gerak cepat mengkoordinasikan seluruh…

Perancis Hapus Pajak Progresif, CPO Dalam Negeri Naik

Senin, 16 Mei 2022 - 16:50 WIB

Para pemangku Kelapa Sawit Desak Pemerintah Evaluasi Larangan CPO dan produk turunannya

Jakarta – Sejumlah indikator makro ekonomi Indonesia melemah pada periode April dan Mei tahun ini. Cadangan devisa nasional turun dan nilai tukar rupiah mulai melemah terhadap dolar AS.