Bidik Kenaikan 7,7% Industri Agro, Kemenperin Terbitkan Strategi Khusus

Oleh : Redaksi | Minggu, 11 September 2016 - 07:25 WIB

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Haris Munandar
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Haris Munandar

INDUSTRY.co.id - Setelah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dalam membuat inovasi pembiayaan terhadap industri agro sehingga mampu mendukung ketersediaan bahan baku di inidustri ini, kini giliran pemerintah, melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan kontribusi dan dukungan penuh terhadap industri agro.

Dukungan tersebut berupa strategi yang dicanangkan oleh Kemenperin untuk membidik pertumbuhan industri agro sebesar 7,7% di tahun 2016 ini, lebih tinggi dari target sebelumnya di tahun lalu yang sebesar 7,5%.

“Dalam upaya mencapai target yang telah ditetapkan tersebut, strategi utama yang perlu kami lakukan, antara lain meliputi empat pendekatan atau kategori,” ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Haris Munandar lewat siaran pers di Jakarta, Jumat (09/09/2016).

Pertama, penerapan regulasi seperti pengenaan bea keluar, larangan ekspor bahan baku serta pemberian insentif tax holiday dan tax allowance.

Kedua, melakukan intervensi dengan memberikan bantuan peralatan dan mesin, serta promosi pasar melalui pameran di dalam maupun luar negeri. Ketiga, pemberian fasilitasi dan pendampingan seperti pelatihan desain, peningkatan kompetensi SDM, kualitas dan mutu, serta pendampingan teknologi. “Keempat adalah sosialisasi melalui peraturan-peraturan dan standardisasi,” ungkapnya.

Haris menyampaikan hal itu pada Seminar Nasional dengan tema “Hilirisasi Industri Sumber Daya Alam Kalimantan Barat untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Pangan dan Kosmetika” di Pontianak, Kalimantan Barat.

Strategi pembinaan dan pengembangan industri agro nasional dinilai akan berhasil dengan baik, jika dilakukan koordinasi dan sinkronisasi yang sinergis antar instansi terkait baik di pusat maupun daerah termasuk peran lembaga penelitian dan pengembangan (litbang).

“Pengembangan industri agro membawa dampak ganda pada penyediaan lapangan kerja dan pemerataan pembangunan industri ke seluruh daerah,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Haris, banyak tantangan yang harus dihadapi industri agro saat ini seiring dengan semakin meningkatnya persyaratan konsumen akan produk-produk bermutu tinggi dan aman serta semakin ketatnya persaingan pasar baik di lokal maupun global.

“Untuk itu diperlukan strategi yang tepat agar target dapat tercapai,” ujarnya. (Achmad Fuad)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jenny Widjaja, selaku pendiri Paberik Mie tampak antusias menyambut pengunjung menikmati kuliner mie ayam sehat dan alami

Jumat, 21 Juni 2019 - 05:50 WIB

Waralaba Paberik Mie, Bisnis Sehat dan Aman

Bagi Anda pengunjung Pekan Raya Jakarta, JIExpo Kemayoran selain menikmati hiburan live musik, kurang pas tanpa menjajaki aneka kuliner disana. Dari bermacam aneka kuliner yang hadir disana,…

Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia, Volvo memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama Volvo Dynamic Steering.

Jumat, 21 Juni 2019 - 03:46 WIB

Volvo Trucks Hadirkan Inovasi Setir Mobil Anti Lelah

Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia. Pada demonstrasi produk di Sentul Kamis (20/6/2019). V

Pemenang Traveloka Experience

Kamis, 20 Juni 2019 - 23:16 WIB

Traveloka Xperience Hadir Tawarkan Ribuan Pengalaman Menyenangkan di Seluruh Dunia

Tahukah Anda bahwa kebutuhan hiburan dan gaya hidup orang Indonesia meningkat secara signifikan belakangan ini? Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 2015 hingga 2017, secara…

Lion Air (Ist)

Kamis, 20 Juni 2019 - 22:00 WIB

Lion Air Mengajak Millennials Traveling Jelajahi Destinasi Indonesia

Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group hari ini mengumumkan program promo yang bertemakan #wujudkanmimpiterbang untuk rute penerbangan domestik. Tarif spesial ini bertepatan…

DSC|X 2019 Gelar Roadshow di Kota Semarang

Kamis, 20 Juni 2019 - 21:31 WIB

Potensi Tinggi Wirausaha Muda, Ajang DSC|X 2019 Gelar Roadshow di Kota Semarang

Ajang yang sejauh ini meraih antusiasme tinggi kepesertaan dari para wirausahawan muda nasional sejak dibuka pendaftarannya secara daring pada 15 Mei lalu dihelat di Impala Space, sebuah coworking…