Bidik Kenaikan 7,7% Industri Agro, Kemenperin Terbitkan Strategi Khusus

Oleh : Redaksi | Minggu, 11 September 2016 - 07:25 WIB

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Haris Munandar
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Haris Munandar

INDUSTRY.co.id - Setelah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dalam membuat inovasi pembiayaan terhadap industri agro sehingga mampu mendukung ketersediaan bahan baku di inidustri ini, kini giliran pemerintah, melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan kontribusi dan dukungan penuh terhadap industri agro.

Dukungan tersebut berupa strategi yang dicanangkan oleh Kemenperin untuk membidik pertumbuhan industri agro sebesar 7,7% di tahun 2016 ini, lebih tinggi dari target sebelumnya di tahun lalu yang sebesar 7,5%.

“Dalam upaya mencapai target yang telah ditetapkan tersebut, strategi utama yang perlu kami lakukan, antara lain meliputi empat pendekatan atau kategori,” ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Haris Munandar lewat siaran pers di Jakarta, Jumat (09/09/2016).

Pertama, penerapan regulasi seperti pengenaan bea keluar, larangan ekspor bahan baku serta pemberian insentif tax holiday dan tax allowance.

Kedua, melakukan intervensi dengan memberikan bantuan peralatan dan mesin, serta promosi pasar melalui pameran di dalam maupun luar negeri. Ketiga, pemberian fasilitasi dan pendampingan seperti pelatihan desain, peningkatan kompetensi SDM, kualitas dan mutu, serta pendampingan teknologi. “Keempat adalah sosialisasi melalui peraturan-peraturan dan standardisasi,” ungkapnya.

Haris menyampaikan hal itu pada Seminar Nasional dengan tema “Hilirisasi Industri Sumber Daya Alam Kalimantan Barat untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Pangan dan Kosmetika” di Pontianak, Kalimantan Barat.

Strategi pembinaan dan pengembangan industri agro nasional dinilai akan berhasil dengan baik, jika dilakukan koordinasi dan sinkronisasi yang sinergis antar instansi terkait baik di pusat maupun daerah termasuk peran lembaga penelitian dan pengembangan (litbang).

“Pengembangan industri agro membawa dampak ganda pada penyediaan lapangan kerja dan pemerataan pembangunan industri ke seluruh daerah,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Haris, banyak tantangan yang harus dihadapi industri agro saat ini seiring dengan semakin meningkatnya persyaratan konsumen akan produk-produk bermutu tinggi dan aman serta semakin ketatnya persaingan pasar baik di lokal maupun global.

“Untuk itu diperlukan strategi yang tepat agar target dapat tercapai,” ujarnya. (Achmad Fuad)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:00 WIB

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Para Kutu Buku di Hari Buku Dunia

Buku dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang baru dan menarik, bahkan dunia yang sama sekali baru. Di Hari Buku Dunia (World Book Day, 23 Maret 2019) kali ini, Agoda akan membawa Anda dalam…

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Sabtu, 20 April 2019 - 18:40 WIB

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Huawei Indonesia mendorong pengguna memandang dengan lebih luas melalui smartphone mereka lewat HUAWEI Next Image Masterclass

Direktur Kesehatan Hewan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa bertemu produsen obat hewan

Sabtu, 20 April 2019 - 18:24 WIB

Dorong ekspor, Kementan ajak produsen tingkatkan kualitas obat hewan Indonesia

Jakarta - Kementerian Pertanian mengajak seluruh Produsen Obat Hewan Indonesia untuk terus memperluas akses pasar melalui peningkatan kualitas obat hewan dengan penerapan Cara Pembuatan Obat…

Dufan Ancol (FotoDok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 18:00 WIB

Dufan Ancol Buka Malam Hari

Ada kabar baru dari Ancol, Dunia Fantasi (Dufan) akan buka malam hari! Mungkin belum pernah terbayangkan oleh masyarakat serunya main wahana Halilintar, Histeria, Tornado, Kora-Kora dan Bianglala…

MIA Expo

Sabtu, 20 April 2019 - 17:25 WIB

Dukung Para Agropreneur Muda, Kementan Gelar “MIA Expo” di Bogor

Bogor - Sektor pertanian Indonesia di masa depan akan sangat bergantung pada partisipasi generasi muda Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) siap untuk memfasilitasi dan mendukung…