Dolomit Suburkan Lahan Rawa untuk Produksi Pertanian

Oleh : Wiyanto | Minggu, 26 Mei 2019 - 09:17 WIB

Pilot projec optimasi lahan rawa di Kalimantan
Pilot projec optimasi lahan rawa di Kalimantan

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Pemerintah sedang menggalakan lahan rawa sebagai solusi untuk menambah peningkatan produksi pertanian. Lahan rawa agar tanahnya menjadi subur perlu pupuk magnesium atau dolomit.

Adhie Widihartho, chief Marketing Oficer PT Polowijo Gosari mengungkapkan dolomit sangat cocok digunakan pada tanaman pangan, bahkan mampu mengurangi serangan wereng.

"Dolomit itu berasal dari batu kapur yang mengandung magnesium CA dan MG, fungsinya menetralisir tanah hara. Sudah diujicobakan oleh Balitbang Kementan," kata dia di Jakarta, Sabtu (26/5/2019).

Dolomit kata dia, cadangannya di Gresik cukup banyak sekitar 300 juta ton, potensinya bisa mencapai 1,5 miliar ton dolomit. Dolomit juga ada di Sumatera dan NTT.

"Kita ciptakan turunan dolomit, kayak untuk baja, keramik, hp juga butuh dolomit," katanya.

Menurut dia, Polowijo punya kapasitas produksi 600 ribu ton tahun ini dan bisa mencapai 1 juta ton awal 2020. Produksi dolomit kualitas yang bagus, dengan pabrik yang punya pengering.

"Kami ke lokal itupun sudah kewalahan,"katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pariwisata Bali (Foto Dok Instagram)

Selasa, 28 Januari 2020 - 13:00 WIB

Terkait Wabah Corona, Bali Kintamani Festival Diundur Pelaksanaannya

Pemerintah Provinsi Bali memutuskan untuk mengundurkan pelaksanaan "Bali Kintamani Festival" yang sedianya digelar 8 Februari 2020, menyusul mewabahnya virus corona.

Tingkatkan Industri Pariwisata, SBD Terus Percantik Diri

Selasa, 28 Januari 2020 - 12:00 WIB

Tingkatkan Industri Pariwisata, SBD Terus Percantik Diri

Kabupaten Sumba Barat Daya atau biasa disingkat SBD adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan ibukota Tambolaka, terkenal memiliki banyak pantai pasir putih yang masih…

Metrodata (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 28 Januari 2020 - 11:18 WIB

Penjualan Capai Rp 15 Triliun, Metrodata Kian Optimis Memasuki Tahun 2020

Bertepatan dengan ulang tahun ke 45 ini, MTDL terus bertransformasi menjadi Digital Solution & Distribution Company, yang bermitra dengan lebih dari 100 merek produk TIK terkemuka. Hal ini sejalan…

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Selasa, 28 Januari 2020 - 11:01 WIB

BKPM Janjikan PMA Bisa IPO

Perusahaan Modal Asing (PMA) diperkirakan akan masuk pasar modal kisaran 1 persen hingga 2 persen. Saat ini PMA sebanyak 25.919.

Virus Corona (Foto Dok Tribun)

Selasa, 28 Januari 2020 - 10:00 WIB

Penerbangan Shenzhen China-Batam Dihentikan Terkait Wabah Corona

- Penerbangan dari Shenzhen dan Xian ke, China ke Bandara Hang Nadim Batam Kepulauan Riau dihentikan, terkait dengan merebaknya virus corona 2019-nCoV.