Dolomit Suburkan Lahan Rawa untuk Produksi Pertanian

Oleh : Wiyanto | Minggu, 26 Mei 2019 - 09:17 WIB

Pilot projec optimasi lahan rawa di Kalimantan
Pilot projec optimasi lahan rawa di Kalimantan

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Pemerintah sedang menggalakan lahan rawa sebagai solusi untuk menambah peningkatan produksi pertanian. Lahan rawa agar tanahnya menjadi subur perlu pupuk magnesium atau dolomit.

Adhie Widihartho, chief Marketing Oficer PT Polowijo Gosari mengungkapkan dolomit sangat cocok digunakan pada tanaman pangan, bahkan mampu mengurangi serangan wereng.

"Dolomit itu berasal dari batu kapur yang mengandung magnesium CA dan MG, fungsinya menetralisir tanah hara. Sudah diujicobakan oleh Balitbang Kementan," kata dia di Jakarta, Sabtu (26/5/2019).

Dolomit kata dia, cadangannya di Gresik cukup banyak sekitar 300 juta ton, potensinya bisa mencapai 1,5 miliar ton dolomit. Dolomit juga ada di Sumatera dan NTT.

"Kita ciptakan turunan dolomit, kayak untuk baja, keramik, hp juga butuh dolomit," katanya.

Menurut dia, Polowijo punya kapasitas produksi 600 ribu ton tahun ini dan bisa mencapai 1 juta ton awal 2020. Produksi dolomit kualitas yang bagus, dengan pabrik yang punya pengering.

"Kami ke lokal itupun sudah kewalahan,"katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menyambut Hari Perumahan Nasional 25 Agustus 2019, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. turut serta dalam mewujudkan impian para Aparatur Sipil Negara atau ASN dan anggota Polri serta TNI untuk memiliki tempat tinggal dengan berbagai kemudahan

Minggu, 25 Agustus 2019 - 22:41 WIB

Percepat Pencapaian Sejuta Rumah, Bank BTN Salurkan KPR Untuk Aparatur Sipil Negara, TNI dan POLRI di Palembang

Palembang-Menyambut Hari Perumahan Nasional 25 Agustus 2019, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. turut serta dalam mewujudkan impian para Aparatur Sipil Negara atau ASN dan anggota Polri…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 19:54 WIB

BNI Syariah Lakukan Program Pelatihan Masjid di Cirebon

Cirebon - BNI Syariah terus mengoptimalisasi peran masjid dalam hal manajemen dan keuangan. Kali ini BNI Syariah bersama Yayasan Daarut Tauhiid Peduli kembali bersinergi mengadakan pelatihan…

(IG/ussypratama)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:55 WIB

Kiat Sukses Ussy Sulistiawaty Jalankan Bisnis Kuliner

Kuliner nusantara juga perlu memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran.

Konferensi pers pengumuman lima pemenang kompetisi Bango Penerus Warisan Kuliner 2019 di Jakarta baru-baru ini.(Andi Mardana)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:27 WIB

Inilah 5 Pemenang Bango Penerus Warisan Kuliner 2019

Siap bergabung bersama jutaan pelaku UMKM di Indonesia yang berhasil meraih peningkatan omzet secara signifikan dengan mengadopsi teknologi digital.

Ilustrasi Jaringan Internet (KTSDESIGN/Getty Images)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:50 WIB

Peningkatan Kapasitas Jaringan Seluler Sangat Diperlukan

Hal ini dapat dicapai melalui tiga cara, yaitu penambahan Base Transceiver Station (BTS), penambahan frekuensi dan perbaruan teknologi.