Dolomit Suburkan Lahan Rawa untuk Produksi Pertanian

Oleh : Wiyanto | Minggu, 26 Mei 2019 - 09:17 WIB

Pilot projec optimasi lahan rawa di Kalimantan
Pilot projec optimasi lahan rawa di Kalimantan

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Pemerintah sedang menggalakan lahan rawa sebagai solusi untuk menambah peningkatan produksi pertanian. Lahan rawa agar tanahnya menjadi subur perlu pupuk magnesium atau dolomit.

Adhie Widihartho, chief Marketing Oficer PT Polowijo Gosari mengungkapkan dolomit sangat cocok digunakan pada tanaman pangan, bahkan mampu mengurangi serangan wereng.

"Dolomit itu berasal dari batu kapur yang mengandung magnesium CA dan MG, fungsinya menetralisir tanah hara. Sudah diujicobakan oleh Balitbang Kementan," kata dia di Jakarta, Sabtu (26/5/2019).

Dolomit kata dia, cadangannya di Gresik cukup banyak sekitar 300 juta ton, potensinya bisa mencapai 1,5 miliar ton dolomit. Dolomit juga ada di Sumatera dan NTT.

"Kita ciptakan turunan dolomit, kayak untuk baja, keramik, hp juga butuh dolomit," katanya.

Menurut dia, Polowijo punya kapasitas produksi 600 ribu ton tahun ini dan bisa mencapai 1 juta ton awal 2020. Produksi dolomit kualitas yang bagus, dengan pabrik yang punya pengering.

"Kami ke lokal itupun sudah kewalahan,"katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Duta Pertiwi Nusantara

Selasa, 18 Juni 2019 - 16:40 WIB

Juni 2019, Duta Pertiwi Nusantara Tentukan Besaran Dividen

Jakarta - PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk menyebutkan untuk tahun buku 2018 Perusahaan belum memutuskan berapa jumlah dividen yang akan dibagikan, penentuannya pada saat RUPS bulan Juni 2019.

Plang Duta Pertiwi Nusantara Tbk

Selasa, 18 Juni 2019 - 16:17 WIB

2019, Duta Pertiwi Nusantara Optimis Tumbuh

Jakarta - PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk memproyeksikan Pendapatan Tumbuh mencapai Rp115 miliar dengan laba bersih Rp9 miliar. Pendapatan bersih pada tahun 2018 sebesar Rp 143,38 miliar. Jumlah…

Industri daur ulang sampah plastik (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 15:05 WIB

Peran Industri Daur Ulang Dorong Limbah Plastik Punya Nilai Tambah

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan nilai tambah terhadap limbah plastik dan kertas melalui peran industri daur ulang atau recycle industry.

Siswa SD yang mendapatkan beasiswa BRI

Selasa, 18 Juni 2019 - 14:25 WIB

Dukung Pemerataan Pendidikan, BRI Gelar Beasiswa Indonesia Cerdas

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus menunjukkan kinerja positif dalam penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli di bidang pendidikan. Sepanjang triwulan…

Banjir Sulteng

Selasa, 18 Juni 2019 - 14:05 WIB

Kementerian PUPR Lakukan Upaya Tanggap Darurat Pascabencana Banjir di Sulawesi Tenggara

Bantuan tanggap darurat disalurkan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya berupa layanan air bersih dan sanitasi, termasuk fasilitas MCK darurat ke lokasi-lokasi pengungsian…