Janda Korban Kecelakaan Pesawat Tuntut Boeing Sebesar Rp 4 Triliun

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 23 Mei 2019 - 14:29 WIB

Ethiopian Airlines Boeing 737 Max 8
Ethiopian Airlines Boeing 737 Max 8

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Seorang perempuan Prancis yang suaminya meninggal dalam kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan 302 pada Maret 2019 melayangkan gugatan hukum kepada Boeing sebagai produsen pesawat itu. Janda itu menuntut ganti rugi hingga US$ 276 juta (sekitar Rp 4 triliun).

Janda Prancis bernama Nadege Dubois-Seex mengajukan gugatan untuk suaminya, Jonathan Seex, yaitu warga Swedia dan Kenya, serta kepala eksekutif dari Kelompok Perusahaan Tamarind. Gugatan Nadege telah dimasukkan ke pengadilan di Chicago, berdasarkan keterangan pengacaranya, Selasa (21/5).

Kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines yang berjenis Boeing 737 MAX telah menewaskan 157 orang penumpang dan kru. Insiden itu terjadi setelah jatuhnya pesawat jenis sama dari Indonesia yaitu Lion Air 737 MAX pada Oktober 2018 yang menewaskan 189 orang.

Puluhan keluarga di Indonesia telah mengajukan tuntutan kepada Boeing terkait kecelakaan Lion Air.

Dalam gugatan itu, Boeing disebut gagal memberikan informasi secara baik tentang risiko dari perangkat lunak untuk mencegah 737 MAX mengalami kemacetan yang berulang kali menurunkan sensor hidung pesawat karena kesalahan data.

“Kami telah mempelajari bahwa Boeing mengandalkan satu sensor yang sebelumnya telah ditandai oleh lebih dari 200 laporan insiden yang dimasukkan kepada FAA (Administrasi Penerbangan Federal AS),” kata jaksa AS, Nomaan Husain.

Dua juru bicara Boeing di Eropa tidak menjawab permintaan tanggapan terkait gugatan itu.

Boeing sebelumnya menyatakan telah memperbarui piranti lunak 737 MAX dan dalam proses untuk mengajukan rencana pelatihan pilot kepada FAA. Sejauh ini masih belum jelas kapan pesawat 737 MAX menerima persetujuan FAA untuk kembali beroperasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menyambut Hari Perumahan Nasional 25 Agustus 2019, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. turut serta dalam mewujudkan impian para Aparatur Sipil Negara atau ASN dan anggota Polri serta TNI untuk memiliki tempat tinggal dengan berbagai kemudahan

Minggu, 25 Agustus 2019 - 22:41 WIB

Percepat Pencapaian Sejuta Rumah, Bank BTN Salurkan KPR Untuk Aparatur Sipil Negara, TNI dan POLRI di Palembang

Palembang-Menyambut Hari Perumahan Nasional 25 Agustus 2019, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. turut serta dalam mewujudkan impian para Aparatur Sipil Negara atau ASN dan anggota Polri…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 19:54 WIB

BNI Syariah Lakukan Program Pelatihan Masjid di Cirebon

Cirebon - BNI Syariah terus mengoptimalisasi peran masjid dalam hal manajemen dan keuangan. Kali ini BNI Syariah bersama Yayasan Daarut Tauhiid Peduli kembali bersinergi mengadakan pelatihan…

(IG/ussypratama)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:55 WIB

Kiat Sukses Ussy Sulistiawaty Jalankan Bisnis Kuliner

Kuliner nusantara juga perlu memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran.

Konferensi pers pengumuman lima pemenang kompetisi Bango Penerus Warisan Kuliner 2019 di Jakarta baru-baru ini.(Andi Mardana)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:27 WIB

Inilah 5 Pemenang Bango Penerus Warisan Kuliner 2019

Siap bergabung bersama jutaan pelaku UMKM di Indonesia yang berhasil meraih peningkatan omzet secara signifikan dengan mengadopsi teknologi digital.

Ilustrasi Jaringan Internet (KTSDESIGN/Getty Images)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:50 WIB

Peningkatan Kapasitas Jaringan Seluler Sangat Diperlukan

Hal ini dapat dicapai melalui tiga cara, yaitu penambahan Base Transceiver Station (BTS), penambahan frekuensi dan perbaruan teknologi.