Bandara Kertajati Bakal Tersambung dengan Kereta Cepat di 2023

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 17 Mei 2019 - 15:53 WIB

Ilustrasi Kereta Cepat (Ist)
Ilustrasi Kereta Cepat (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperkirakan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Jawa Barat bisa terhubung Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada 2023 mendatang. Perkiraan tersebut dibuatnya dengan memperhitungkan target penyelesaian pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada 2021 mendatang.

"Kalau kereta cepat tahap satu (Jakarta-Bandung) bisa selesai 2021, tinggal tambah dua tahun lagi, mungkin 2023 (bisa terhubung ke Bandara Kertajati)," seperti dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (16/5).

Menurut Emil, sapaan akrabnya, rencana pembangunan kereta cepat menuju Bandara Kertajati sudah sempat dibicarakan dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dalam beberapa waktu terakhir. Meski demikian, ia masih enggan memberi rincian lebih jauh soal siapa-siapa saja pihak yang akan terlibat dalam pembangunan kereta cepat ke bandara baru di Provinsi Jawa Barat itu.

Ia hanya mengatakan pembicaraan sementara ini memperkirakan pembangunan kereta cepat ke Bandara Kertajati dari Bandung setidaknya membutuhkan anggaran sekitar Rp30 triliun. Ia memperkirakan panjang lintasan akan mencapai 60 kilometer (km).

"Tapi kereta cepat kan skemanya b to b (antar perusahaan), dengan pola itu berarti kereta cepat nanti modal terbesarnya dari properti yang dikonversi menjadi modal untuk membangun," ungkapnya.

Sebelumnya, Emil mengatakan pembangunan jalur kereta cepat ke Bandara Kertajati setidaknya bisa menggunakan lahan yang sejajar dengan sejumlah ruas tol yang menghubungkan kawasan Bandung dengan Majalengka. Hal ini sekaligus bertujuan untuk meminimalisir biaya pembebasan lahan dan percepatan waktu pembangunan.

Sementara Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno juga pernah memberi sinyal positif bagi kereta cepat dari Bandung ke Bandara Kertajati. Sebab, ia memang berharap proyek kereta cepat bisa menjangkau lebih banyak daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menyambut Hari Perumahan Nasional 25 Agustus 2019, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. turut serta dalam mewujudkan impian para Aparatur Sipil Negara atau ASN dan anggota Polri serta TNI untuk memiliki tempat tinggal dengan berbagai kemudahan

Minggu, 25 Agustus 2019 - 22:41 WIB

Percepat Pencapaian Sejuta Rumah, Bank BTN Salurkan KPR Untuk Aparatur Sipil Negara, TNI dan POLRI di Palembang

Palembang-Menyambut Hari Perumahan Nasional 25 Agustus 2019, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. turut serta dalam mewujudkan impian para Aparatur Sipil Negara atau ASN dan anggota Polri…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 19:54 WIB

BNI Syariah Lakukan Program Pelatihan Masjid di Cirebon

Cirebon - BNI Syariah terus mengoptimalisasi peran masjid dalam hal manajemen dan keuangan. Kali ini BNI Syariah bersama Yayasan Daarut Tauhiid Peduli kembali bersinergi mengadakan pelatihan…

(IG/ussypratama)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:55 WIB

Kiat Sukses Ussy Sulistiawaty Jalankan Bisnis Kuliner

Kuliner nusantara juga perlu memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran.

Konferensi pers pengumuman lima pemenang kompetisi Bango Penerus Warisan Kuliner 2019 di Jakarta baru-baru ini.(Andi Mardana)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:27 WIB

Inilah 5 Pemenang Bango Penerus Warisan Kuliner 2019

Siap bergabung bersama jutaan pelaku UMKM di Indonesia yang berhasil meraih peningkatan omzet secara signifikan dengan mengadopsi teknologi digital.

Ilustrasi Jaringan Internet (KTSDESIGN/Getty Images)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:50 WIB

Peningkatan Kapasitas Jaringan Seluler Sangat Diperlukan

Hal ini dapat dicapai melalui tiga cara, yaitu penambahan Base Transceiver Station (BTS), penambahan frekuensi dan perbaruan teknologi.