Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar acara "Kampung Ramadhan

Oleh : Nina | Minggu, 12 Mei 2019 - 13:09 WIB

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar acara "Kampung Ramadhan
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar acara "Kampung Ramadhan

INDUSTRY.co.id - Para mustahik Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar acara "Kampung Ramadhan" untuk memeriahkan ibadah di bulan suci 1440 Hijriah. Acara ini digelar di daerah tempat pengembangan program BAZNAS Mircofinance Desa (BMD). Salah satunya Desa Jabon Mekar, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga 12 Mei 2019.

Para peserta adalah para anggota  BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Jabon Mekar dan masyarakat setempat. Kepala Divisi Pendayagunan BAZNAS, Randi Swandaru mengatakan kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan pendapatan usaha bagi pelaku usaha mikro mitra BMD dengan memanfaatkan momentum bulan suci Ramadan.

"Kegiatan ini juga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para mustahik, karena terdapat bazar yang menampilkan produk-produk hasil produksi para mustahik," kata dia di Kampoeng Ramadhan BAZNAS Desa Jabon Mekar. Sabtu, (11/5).

Kampoeng Ramadhan di desa ini diramaikan oleh 30 peserta yang menjajakan produknya, mulai dari makanan, pakaian, hingga alat-alat kebutuhan rumah tangga. 

Selain itu 15 tim santriwan dan santriwati desa setempat turut memeriahkan acara dengan mengikuti lomba marawis Kampoeng Ramadhan. Ustad Agus Idwar yang hadir dalam acara ini memberikan tausyiah juga menambah suasana lebih semarak.

Rangkaian acara ini menyedot perhatian warga sekitar untuk memanfaatkannya sebagai ajang silaturahmi dan belanja kebutuhan sehari-hari.

Warga makin antusias dengan pembagian 15 doorprize mulai dari perlengkapan ibadah hingga peralatan elektronik yang dibagikan menjelang berbuka puasa.

BMD sendiri merupakan lembaga keuangan non-profit yang menyediakan sarana pembiayaan terhadap mustahik untuk mengembangkan usahanya.

"Kampoeng Ramadhan ini memfasilitasi pelaku usaha mikro dan mitra BMD Jabon Mekar dalam mengembangkan jaringan pemasaran produk-produk dengan menyediakan tempat berjualan di even bazar,"ujar Randi. Ina Yuliana, Kepala Desa Jabon Mekar mengaku senang atas hadirnya lembaga keuangan BMD. Lembaga  ini menurutnya ikut membantu pemberdayaan masyarakat.

Dia berharap setelah kegiatan Kampoeng Ramadhan BAZNAS usai, lokasi ini bisa terus digunakan sebagai tempat usaha, tempat perputaran ekonomi. Sehingga dampaknya dapat dirasakan semua masyarakat.

"Alhamdulillah BAZNAS mendukung desa kami, cita cita kami telah tercapai atas kegiatan ini dan adanya BMD disini. Lapak ini akan kami optimalkan untuk aktivitas ekonomi warga di Desa Jabon Mekar", katanya.

Kampoeng Ramadhan BAZNAS tidak hanya membuka bazar bagi para pelaku usaha mikro, gerai zakat untuk konsultasi dan membayar zakat dibuka, para pengunjung juga dihibur dengan acara talkshow dan pentas seni.

Kegiatan Kampoeng Ramadhan juga diselenggarakan di BMD Lombok di Kecamatan Kuripan pasa 11 – 15 Mei 2019, dan BMD Sigi, Sulawesi Tengah Desa Kabobona 16 – 18 Mei 2019.
Area lampiran

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…