Ketika Investor Wait & See Menanti Hasil Pemilu 2019

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 15 April 2019 - 19:42 WIB

Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)
Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Pemilihan umum di Indonesia tinggal menghitung hari. Hampir seluruh aspek di negeri ini menantikan hajatan besar politik itu, termasuk dunia investasi. 

Investor diprediksi sedang mencermati penyelenggaraan pemilu Indonesia. Menurut Bank Commonwealth dari sisi data historis menunjukkan dalam tiga penyelenggaraan Pemilu terakhir, enam bulan setelah Pemilu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatatkan return positif. 

Pemilu yang umumnya disertai dengan pertumbuhan ekonomi umumnya akan memberikan sentimen positif bagi pasar saham. Oleh karena itu Bank Commonwealth masih merekomendasikan reksa dana saham sebagai pilihan investasi jangka panjang.

Banyak faktor yang membuat pemilu memberikan efek tersendiri. Sejak Maret 2019, Investor global kembali melihat emerging market sebagai tujuan investasi, seiring dengan data indikator ekonomi yang menunjukkan perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia, terutama dari melambatnya pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS), Eropa, dan Tiongkok. 

Perlambatan pertumbuhan ekonomi negara maju tersebut disebabkan oleh keyakinan pelaku usaha yang melemah, ekspor yang menurun, masalah Brexit yang masih belum selesai di Eropa, dan belum meredanya ketegangan hubungan dagang antara AS dan Tiongkok.

Selain itu, perundingan perang dagang kembali menjadi sentimen yang menggerakkan pasar keuangan selama Maret 2019. Setelah sebelumnya diharapkan akan dapat diselesaikan di bulan Maret 2019.

Sementara dari Eropa, pemerintah Inggris masih belum mendapatkan kesepakatan dengan parlemen Inggris mengenai kelanjutan Brexit. Di bulan Maret lalu, The Federal Reserve (The Fed) melakukan pertemuan yang membahas mengenai penetapan suku bunga acuan AS. 

Sesuai dengan ekspektasi pasar, Federal Reserve (The Fed) Bank Central Amerika Serikat (AS), kembali menahan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR). Selain itu, The Fed memberikan sinyal tidak akan menaikkan suku bunga tahun ini. 

Hal ini menunjukkan bahwa The Fed menyadari adanya perlambatan perekonomian dunia, dan The Fed juga mengkoreksi prediksi pertumbuhan ekonomi AS tahun 2019 dari 2,3% ke 2,1%.

Wait and see

Di April 2019, investor asing akan mencermati pemilu di Indonesia. Ada beberapa kemungkinan investor asing akan coba mengambil langkah awal terlebih dahulu atau mungkin juga masih wait and see hingga hasil pemilu keluar.

Berdasarkan data historis di tiga pemilu sebelumnya, pasar saham Indonesia menghasilkan return yang positif dalam jangka waktu 6 bulan setelah pelaksanaan Pemilu. 

Enam bulan setelah Pemilu 2004, IHSG naik sebesar 41%, sementara di 2009 enam bulan setelahnya naik sebesar 25%, dan di 2014 IHSG mencatatkan return sebesar 4%.

"Dalam menentukan apakah pasar saham suatu negara akan positif atau tidak, data historis memang dapat dijadikan acuan, namun ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan seperti hasil laporan keuangan emiten, fundamental ekonomi, serta iklim investasi suatu negara," kata Head of Wealth Management & Client Growth Bank Commonwealth Ivan Jaya dalam keterangan tertulisnya.

Sementara pasar saham Indonesia tercatat mengalami kenaikan di Maret 2019 sebesar 0,39% setelah sebelumnya terkoreksi pada bulan Februari 2019. Di April, menjelang Pemilu, investor asing kembali melirik Indonesia. 

Bank Commonwealth pun masih merekomendasikan reksa dana saham sebagai pilihan investasi utama karena potensi imbal hasilnya yang lebih menarik dibandingkan reksa dana lainnya.

Ivan melanjutkan, laporan keuangan emiten Indonesia sepanjang 2018 juga masih tercatat positif. Kemudian, secara fundamental, ekonomi Indonesia juga masih masuk kategori baik, ditambah dengan komitmen Bank Indonesia untuk menjaga iklim ekonomi yang kondusif adalah bahan bakar untuk pertumbuhan ekonomi 2019 yang diprediksi ada di kisaran 5,0%-5,4%. 

"Dengan melihat pertumbuhan ekonomi yang umumnya bergerak positif ke pertumbuhan pasar saham, untuk investasi yang sifatnya jangka menengah-panjang (minimal 1 tahun), kami lebih melihat reksa dana saham sebagai pilihan utama dengan mempertahankan alokasi saham sebesar 70% di dalam portofolio. Karena di tahun 2019 ini, potensi kenaikan saham lebih menarik dibandingkan dengan aset kelas lainnya," tambah Ivan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…