Dapat Bantuan Kementan, Orang Ini Ingin Jadi Peternak Besar

Oleh : Wiyanto | Kamis, 28 Maret 2019 - 18:35 WIB

Mentan Amran Sulaiman bersama Petani Cirebon
Mentan Amran Sulaiman bersama Petani Cirebon

INDUSTRY.co.id

Cirebon - Marwan, salah satu petani penerima bantuan Kementerian Pertanian (Kementan) terlihat sumringah setelah mendapat 50 ekor bibit ayam untuk dikembang biakan. Marwan merasa senang karena bibit ayam ini menjadi harapan dan tumpuan perekonomian.

"Saya bersyukur karena diberi kesempatan untuk mengembangkan bantuan ayam dari pemerintah," kata Marwan saat menghadiri Apresiasi dan Singkronisasi Pertanian Modern, Maju dan Lestari, Petani Kabupaten Cirebon Sejahtera di GOR Ranggajati pada Kamis (28/3).

Marwan mengatakan, bantuan ini diharapkan menjadi titik awal untuk mewujudkan cita-citanya menjadi peternak besar. Meski butuh usaha dan kerja keras, namun proses itu tetap akan ia tempuh sebagai wujud dari semangat yang terus menggebu.

"Seperti yang dikatakan pak Menteri (Andi Amran Sulaiman), bahwa kita kalau mau sukses harus bangun jam 4 subuh dan pulang jam 11 malam. Nah, saya masih punya semangat itu," katanya.

Dalam acara apresiasi dan singkronisasi ini Kementan menyalurkan berbagai bantuan untuk mendukung dan meningkatkan jumlah produksi di Kabupaten Cirebon. Tak tanggung-tanggung, bantuan yang diberikan nilainya mencapai Rp 27 miliar baik benih unggul, hingga alat mesin pertanian (alsintan).

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, bantuan ini sekaligus upaya dan solusi permanen untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Hari ini kita bawa 340 ribu ekor ayam untuk petani, santri, dan masyarakat di Cirebon. Kemudian ada juga 3.000 bibit mangga. Ada juga benih padi, traktor dan dryer," kata Mentan. "Kami sudah membuka akses agar santri mendapat program Kementan. Tahun ini, ada satu juta ayam khusus untuk pesantren atau 500 ayam untuk setiap pesantren, berikut kandang, pakan dan vaksin selama 6 bulan," tambahnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chatuchak Weekend Market (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 21:00 WIB

Penting Dicatat Para Shopaholic! Enam Destinasi Belanja di Seluruh Dunia

Ada banyak cara untuk mengangkat suasana hati seseorang, namun terapi ritel tidak diragukan lagi merupakan pilihan populer di antara banyak orang Indonesia, terutama ketika mereka bepergian.

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Jumat, 19 April 2019 - 19:00 WIB

Menristekdikti: Revolusi Industri 4.0 Perlu Peningkatan Pendidikan Vokasi

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, mutu dan relevansi pendidikan tinggi vokasi terhadap industri perlu ditingkatkan, agar Indonesia dapat memenuhi kebutuhan tenaga profesional dalam industri…

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 17:00 WIB

Industri Pariwisata, Andalan PAD Kabupaten Agam Sumbar

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp140 juta dari tiga objek wisata milik pemerintah setempat selama 2019.

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…