Dukung Industri Logistik, Delapan Proyek Kereta Api Masih Menantikan Inestor Bergabung

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Maret 2019 - 11:00 WIB

Kereta Api Barang (Ist)
Kereta Api Barang (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menawarkan investasi sebanyak delapan proyek kereta api kepada BUMN atau swasta dalam dan luar negeri.

Kepala Subdirektorat Lalu Lintas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Yudi Karyanto dalam Indonesia Railway Conference di Jakarta, Rabu (20/3/2019) mengatakan investasi itu dibutuhkan untuk mengurangi beban APBN mengingat porsinya kini hanya 36 persen dibandingkan swasta 64 persen.

"Semua investor boleh, karena undang-undang kita memperbolehkan untuk itu, dengan skema konsesi, termasuk asing. Rute Makassar-Parepare itu kan asing, tapi harus punya kerja sama dengan lokal," katanya.

Delapan proyek tersebut adalah peningkatan kapasitas KA untuk batubara lintas Lahat-Tarahan, KA perkotaan Makassar-Marros-Sungguminasa-Takalar (Maminasata), KA perkotaan Medan-Binjai-Deli Serdang (Mebidang), dan pengembangan jaringan KA Tanjung-Banjarmasin.

Lalu, pengembangan KA Bandara Kertajati, KA perkotaan Bandung City Tailroad, LRT Cibubur-Bogor, dan peningkatan kapasitas Cibungur-Tanjungrasa Line Shortcut.

Yudi mencontohkan kebutuhan pembiayaan LRT Cibubur-Bogor mencapai Rp5,17 triliun, Lahat-Tarahan Rp107 triliun, Tanjung-Banjarmasin Rp16 triliun, Maminasata Rp12 triliun, dan LRT Mebidang 1,5 miliar dolar AS.

"Untuk itu, kami mengundang investor yang mempunyai big money untuk investasi skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) atau kerja sama pemerintah dan swasta (KPS)," katanya.

Dia berharap proyek-proyek KA itu akan meningkatkan kapasitas sekaligus perpindahan pengangkutan baik penumpang maupun barang ke moda kereta api mengingat saat ini porsi pengangkutan penumpang dengan KA baru tujuh persen dan barang hanya 0,63 persen.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

Penampakan Booth Suzuki di PRJ

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:45 WIB

Usung Tema 100% Buat Indonesia, Suzuki Turut Ramaikan Jakarta Fair 2019

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-492, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merk Suzuki di Indonesia turut berpartisipasi pada acara tahunan Jakarta Fair Kemayoran…

Samsung Smart Learning Class

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:19 WIB

Samsung dan IGI Makassar Perluas Manfaat Samsung Smart Learning Class Menjadi Paperless School

PT Samsung Electronics Indonesia terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui implementasi program Corporate Citizenship pada bidang pendidikan.…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:15 WIB

Industri Manufaktur Sumbang Signifikan ke PMDN dan PMA

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong realisiasi dari komitmen para investor sektor industri yang telah menyatakan minatnya untuk menanamkan modal di Indonesia.

Ethiopian Airlines Boeing 737 Max 8

Kamis, 23 Mei 2019 - 14:29 WIB

Janda Korban Kecelakaan Pesawat Tuntut Boeing Sebesar Rp 4 Triliun

Seorang perempuan Prancis yang suaminya meninggal dalam kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan 302 pada Maret 2019 melayangkan gugatan hukum kepada Boeing sebagai produsen…