Gubernur Maluku Utara Dorong Pulau Morotai Jadi Lumbung Ikan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Maret 2019 - 16:12 WIB

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)
Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mendorong Pulau Morotai menjadi lumbung ikan. Hal itu dikatakannya dalam acara Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2019 di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, Senin (18/03/2019).

“Apa yang saya harapkan mudah-mudahan menjadi lumbung ikan, Morotai menjadi pusat ikan sehingga Jepang yang begitu membutuhkan (ikan) hanya dengan menggunakan pesawat-pesawat besar bisa ekspor dari sini,” terang Ghani seperti di kutip dari tangerangonline.id.

Ghani juga berharap, posisi strategis Pulau Morotai yang dekat dengan Negara Jepang dan Filipina dapat menjadikan Morotai menjadi pusat ekonomi melalui Angkatan Udara maupun Angkatan Laut,” terangnya.

“Karena dekatnya dengan Filipina dan Jepang, Morotai juga menjadi pusat ekonomi dan AU dan AL (Angkatan Udara dan Angkatan Laut). Belum lagi posisi Morotai yang dekat dengan Jepang, siapapun yang akan ke Jepang bisa melalui Morotai,” kata Ghani.

Dalam kesempatan yang sama, Ghani juga mengucapkan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo dan Pemerintah yang telah membangun infrastruktur daerah perbatasan dan daerah terluar sehingga Morotai menjadi salah satu perhatian Pemerintah.

“Daerah di Maluku Utara yang paling maju itu adalah Morotai, dengan perhatian pusat (Pemerintah Pusat) yang luar biasa, bahkan presiden sampai pernah di sini. Jadi masyarakat berterimkasih kepada Bapak Presiden yang tidak putus-putusnya membangun wilayah dari barat ke tengah sampai ke timur,” ucapnya.

Pulau Morotai terletak di utara Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara. Pulau ini merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara. Keindahan Morotai membuatnya dijuluki sebagai “Mutiara di Bibir Pasifik”.

Kegiatan Gerbangdutas ini juga sebagai tanda dimulainya pelaksanaan program dan kegiatan yang diarahkan untuk pembangunan di perbatasan negara dalam tahun anggaran 2019 dan sebagai kegiatan peresmian hasil kegiatan Kementerian/Lembaga tahun anggaran 2018 di Kabupaten Pulau Morotai.

Pemilihan Kabupaten Pulau Morotai sebagai tempat kegiatan Gerbangdutas dilatarbelakangi peluang besar pembangunan, khususnya di sektor kelautan dan pariwisata. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…