Diresmikan Jokowi, Ini Faktor Cepatnya Pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera Ruas Bakter

Oleh : Hariyanto | Jumat, 08 Maret 2019 - 10:45 WIB

Peresmian jalan tol trans Sumatera ruas bakter(Foto: Hariyanto/Industry.co.id)
Peresmian jalan tol trans Sumatera ruas bakter(Foto: Hariyanto/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Lampung - Salah satu ruas Jalan Tol Trans-Sumatera yaitu ruas Bakauheni - Terbanggi Besar (Bakter) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, Jumat (8/3/2019).

Ruas Jalan Tol Bak-Ter yang memiliki total panjang 140 km yang membentang dari Pelabuhan Bakauheni hingga Terbanggi Besar ini menelan biaya investasi sebesar Rp 16,8 Triliun.

Pada sambutanya, Presiden Jokowi menjelaskan salah satu faktor yang mendukung pembangunan ruas Jalan Tol berjalan dengan cepat adalah pembebasan lahan.

"Kenapa pembangunan ruas jalan ini begitu cepat? pertama kuncinya di lapangan Lampung bisa jadi contoh, pembebasan lahan begitu sgt cepat," kata Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Trans-Sumatera yaitu ruas Bakauheni - Terbanggi Besar.

Presiden Jokowi juga memuji kehandalan pelayanan ASN Lampung terutama pada pelayanan serta perizinan yang semakin mudah.

"Kecepatan pelayanan asn makin hari makin kelihatan. misal perizinan SIUP saya tanya 4 kabupaten sama jawabannya tak dipungut biaya hanya makan waktu satu hari. Kalau IMB tadi ada yang bilang agak lama, saya kira lama sampai 3 bulan tapi ternyat ada yg sampaikan 3 hari 1 minggu, itu udah cepat menurut saya," lanjutnya.

Dengan diresmikannya ruas tol bakter serta kehandalan ASN di Lampung, Jokowi mengharapkan investasi yang masuk ke Lampung semakin banyak sehingga dapat membuka lapangan kerja untuk masyarakat Lampung.

"Jadi, infrastruktur siap, perizinan siap, sehingga menarik investasi sebanyak banyaknya dan buka lapangan kerja sebanyak banyaknya di Lampung," kata Jokowi.

Pengerjaan jalan tol trans sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar terealisasi melalui Sinergi BUMN antara HK dengan 4 BUMN Konstruksi lainnya yaitu PP, WIKA, Waskita, dan Adhi Karya. 

Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km, yang terbagi dalam 4 paket dimana PT PP (Persero) Tbk., mengerjakan paket 1 dari Bakauheni ke Sidomulyo sepanjang 39 km. Kemudian dilanjutkan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk. yang mengerjakan paket 2 dari Sidomulyo ke Kotabaru sepanjang 39,7 km. 

Lalu ada PT Adhi Karya (Persero) Tbk. yang menggarap Paket 3 dari Kotabaru ke Metro sepanjang 29,9 km. Serta PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. yang mengerjakan paket 4 dari Metro ke Terbanggi Besar sepanjang 31,4 km. 

Sebagai tambahan, jalan tol ruas Bakter ini akan dilengkapi dengan fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Jalan Tol atau Rest Area. 

Nantinya, HK berkomitmen agar sebanyak 30% tenant yang ada di Rest Area pada ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar diisi oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) unggulan di sekitar wilayah Provinsi Lampung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.