MICE Jadi Ungguan Zona Wisata Kabupaten Bantul DIY

Oleh : Herry Barus | Minggu, 26 Februari 2017 - 15:38 WIB

Yogyakarta. (John Eik III/Getty Images)
Yogyakarta. (John Eik III/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Bantul- Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memetakan lima zona unggulan sektor pariwisata daerah dengan mengoptimalkan potensi wisata yang ada di masing-masing kawasan.

"Semua zona diupayakan bisa memiliki daya tarik bagi wisatawan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Supriyanto di Bantul, Jumat (24/2/2017)

Menurut dia, lima zona unggulan pariwisata di Bantul sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Ripparda) yaitu zona selatan objek yang diunggulkan yakni sepanjang pantai selatan, zona timur wisata perbukitan.

Kemudian zona barat pariwisata alam dan sejarah, sementara zona timur untuk aktivitas pertemuan dan pameran yakni Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE), sedangkan zona tengah untuk sektor industri kerajinan.

Supri mengatakan, dengan pemetaan zona tersebut harapannya mampu mendapatkan prioritas dana pembangunan pariwisata daerah mengingat sektor pariwisata merupakan salah satu dari prioritas pembangunan nasional.

Sementara itu, anggota DPRD Bantul Setiya kepada awak media mengatakan, bersama instansi terkait yakni Dinas Pariwisata, dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah melakukan konsultasi terkait pengembangan potensi pariwisata Bantul.

"Salah satu potensi pengembangan pariwisata adalah dukungan pendanaan dari pemerintah pusat. Bantul belum pernah mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pariwisata, padahal daerah lain pernah diberi," katanya.

Menurut dia, belum adanya DAK untuk pariwisata Bantul karena Pemkab melalui instansi terkait selama ini belum pernah mengajukan ke pemerintah pusat. Padahal jika dilihat dari sektor pariwisata, Bantul punya potensi besar.

"Apalagi Bantul punya organisasi perangkat daerah (OPD) yang khusus mengurusi urusan pariwisata, yakni Dinas Pariwisata. Ini potensi besar yang diharapkan mampu diraih Bantul melalui Dinas Pariwisata," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury

Senin, 30 Maret 2020 - 13:15 WIB

Cegah Covid-19, Begini Panduan Pelayanan Pemberkatan Nikah dan Penguburan Jemaat Kristen

Seiring adanya wabah Korona (Covid-19), Ditjen Bimas Kristen Kemenag menerbitkan panduan Pelayanan Pemberkatan Nikah dan Penguburan Jemaat.

Karantina Wilayah

Senin, 30 Maret 2020 - 13:00 WIB

Karantina Wilayah Perhatikan Mobilitas Kebutuhan Pokok dan Akses ke Rumah Sakit

Dalam rangka memutus penyebaran virus corona pemerintah sudah mempersiapkan Peraturan Pemerintah sebagai aturan pelaksanaan Undang- Undang Nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan.

Penyemprotan Desinfektan (ist)

Senin, 30 Maret 2020 - 12:43 WIB

Ahli Kesehatan: Hentikan penyemprotan! Siapa ya Yang Pertama Kali Ngajarin Nyiram-Nyiram Manusia dengan Desinfektan?

"Disinfektan itu diperuntukkan untuk benda mati dengan perlakuan yang benar. Disinfektan tidak diperuntukkan untuk tubuh manusia," kata Tan seperti dilansir dari laman Suara.com Senin (30/3).

Khoirul Qolbi

Senin, 30 Maret 2020 - 12:15 WIB

Pelayanan KUA dan Generasi Milenial

Pengguna terbanyak layanan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan adalah kaum milenial. Ini bisa diketahui karena rerata yang akan melangsungkan pernikahan mayoritas adalah anak muda yang berada…

Perseroan telah menyiapkan dana sebesar Rp275 Milyar untuk pembelian saham melalui pasar sekunder

Senin, 30 Maret 2020 - 12:09 WIB

Bantu Perbaikan Ekonomi, BTN Beli Saham BBTN Melalui Pasar Sekunder

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. melakukan pembelian saham perseroan berkode BBTN tanpa melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang sudah disampaikan oleh Otoritas Jasa Keuangan…