BNI Amsterdam Makin Optimalkan Bisnis BNI di Eropa

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:46 WIB

Direktur Human Kapital & Compliance BNI Mucharom
Direktur Human Kapital & Compliance BNI Mucharom

INDUSTRY.co.id-AMSTERDAM - Sejak didirikan pada tahun 2022, Kantor milik PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI di Amsterdam, Belanda, terus menunjukkan komitmennya dalam memperluas jangkauan bisnis di Eropa, terutama bisnis yang Indonesian-related.

Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom mengatakan, dengan keberadaan diaspora Indonesia di Belanda yang mencapai 1,7 juta jiwa yang berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari profesional, pengusaha, hingga mahasiswa, BNI Amsterdam hadir untuk memberikan layanan perbankan yang komprehensif.

"BNI Amsterdam menjadi pendamping utama bagi diaspora, termasuk bagi para pengusaha diaspora yang ingin mengembangkan bisnisnya di luar negeri. Salah satu komitmennya adalah dengan aktif menyalurkan Diaspora Loan yang ke depannya akan terus ditingkatkan," kata Mucharom.

Lebih lanjut Mucharom menjelaskan, debitur Diaspora Loan BNI di Belanda didominasi oleh usaha kuliner Indonesia, seperti Warung Padang Lapek Jo, Restoran Nona Manis, dan Restoran Lestari. Ketiga restoran tersebut menyajikan hidangan khas Indonesia di Belanda.

Terkait hal tersebut, BNI tidak hanya memberikan pembiayaan, tetapi juga mengintegrasikan Diaspora Loan dengan program Xpora. Hal ini bertujuan untuk mempermudah restoran-restoran tersebut dalam mendapatkan bahan baku dan menu sampingan dari Indonesia.

"Salah satu mitra Xpora di Belanda, Nesia Food, merupakan perusahaan importir berbagai bahan makanan dari Indonesia, termasuk produk dari debitur UMKM BNI. Nesia Food telah menjadi pemasok gula aren, bumbu dapur, sayuran beku, hingga berbagai macam kerupuk untuk restoran-restoran debitur BNI," jelas Mucharom

Mucharom menambahkan, BNI membuka peluang bagi para diaspora yang ingin memulai atau mengembangkan usahanya di Belanda dengan beberapa persyaratan, yaitu memiliki badan hukum, laporan keuangan yang baik selama tiga tahun terakhir, dan tidak terlibat dalam usaha ilegal di Indonesia maupun Belanda.

"Selain melayani diaspora, BNI Amsterdam juga aktif melayani berbagai transaksi perbankan dari perusahaan-perusahaan lokal Belanda dan cabang perusahaan BUMN di Eropa," tambah Mucharom.

Kehadiran BNI di Belanda merupakan wujud komitmen BNI dalam mendukung diaspora Indonesia dan memperkuat bisnis di Eropa. Dengan berbagai layanan dan program yang ditawarkan, BNI berharap dapat berkontribusi pada kemajuan ekonomi diaspora dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Belanda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…

Diskusi “Demi Rakyat, Wujudkan Gagasan Dana Abadi Perumahan” yang diselenggarakan Forum Wartawan Perumahan Rakyat (Forwapera)

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:08 WIB

Pemerintah Godok Skema Dana Abadi Perumahan, Ini Mekanismenya

Pemerintah tengah mendorong adanya dana abadi perumahan untuk memastikan angka backlog rumah yang kini mencapai 12,7 juta unit dapat teratasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat…

Pengambilan Race Pack BTN Jakarta International Marathon 2024

Jumat, 21 Juni 2024 - 18:09 WIB

Peserta BTN JAKIM Mulai Ramai Mengambil Racepack Yang Bakal Ditutup Besok

Jakarta- Para peserta ajang lari BTN Jakarta International Marathon 2024 dapat mengambil Race Pack hingga besok, Sabtu, 22 Juni 2024 di Ball Room Hotel Aryaduta Menteng.

Ketua Badan Pengawas Periklanan Perusahaan Periklanan Indonesia (BPP–P3I), Susilo Dwihatmanto

Jumat, 21 Juni 2024 - 17:53 WIB

Pengawas Periklanan Pertanyakan Iklan '100% Indonesia' Aqua

Jakarta-Ketua Badan Pengawas Periklanan Perusahaan Periklanan Indonesia (BPP–P3I), Susilo Dwihatmanto, mempertanyakan klaim "100% Murni 100% Indonesia" pada iklan produsen air minum dalam…