Kuartal I 2019, PPnBM Kapal Yacht Bakal Dihapus

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 04 Februari 2019 - 11:06 WIB

Kapal Pesiar
Kapal Pesiar

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Pemerintah menargetkan aturan penghapusan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM untuk kapal laut mewah jenis yacht bisa rampung di Kuartal I-2019. Itu ditujukan, agar registrasi pembelian kapal mewah tidak lagi dilakukan di luar negeri, melainkan bisa langsung dilakukan di Indonesia.

Nantinya, aturan tersebut akan berbentuk Peraturan Pemerintah yang merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 145 Tahun 2000 tentang Kelompok Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang Dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Aturan tersebut, pada dasarnya telah direvisi sebanyak tujuh kali oleh pemerintah.

Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Rofyanto Kurniawan menjelaskan, dengan diterbitkan segera PP tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan negara dari kegiatan usaha kapal yacht.

Sebab, selama ini, diketahui para pelaku usaha kapal yacht yang berusaha di Indonesia lebih memilih mendaftarkan kapalnya di Singapura, lantaran PPnBM di Indonesia untuk kegiatan usaha tersebut sebesar 75 persen, sehingga dianggap berat bagi pelaku usaha tersebut.

"Ya, nanti dampaknya diharapkan akan bisa meningkatkan industri pariwisata lah yah. Nanti, intinya orang-orang yang sebelumnya belum register, akan register. Nah, otomatis kalau mereka register akan bayar PPN (Pajak Pertambahan Nilai) nya," kata dia belum lama ini.

Jadikan, mungkin sekarang enggak registerkan karena PPnBM-nya itu tinggi, 75 persen. Itu kalau mungkin di ini (di hapuskan), dan kemudian mereka registerkan, otomotis mereka akan bayar PPN nya. PPN ya 10 persen," tambah dia.

Meski begitu, dia mengatakan, BKF sendiri belum dapat menjabarkan secara rinci bagaimana dampak penghapusan PPnBM kapal yacht tersebut bagi pendapatan negara maupun peningkatan kegiatan usaha kapal yacht di Indonesia. Namun dipastikannya pendapatan negara tidak akan turun signifikan dari penghapusan aturan itu.

"Sebenarnya, kalau PPnBM kan yang masuk enggak terlalu signifikan. Datanya saya enggak ingat. Cuma intinya, artinya semakin banyak orang tertarik untuk kerja di bisnis pariwisata ini. Dari Kementerian Pariwisata sih bilang, akan ada peningkatan yang cukup signifikan kajian mereka," ungkap Rofyanto.

Di samping itu, dia memastikan, revisi PP tersebut tentu tidak akan ditujukan bagi penghapusan PPnBM kapal yacht saja, melainkan untuk barang lain. Namun demkian, kata dia, untuk barang mewah lainnya masih dalam tahap kajian mendalam sedangkan untuk kapal yacht sudah dapat segera di implementasikan untuk dihapuskan.

"Sekarang, kita fokus yang bisa jalan dulu, artinya yang segera kita selesaikan ya selesaikan, yang masih perlu proses masih akan menyusul. Ya, kita pengennya secepat mungkin, ya Kuartal I ini lah. PP ini untuk segmen yang ini, yang berikutnya untuk segmen selanjutnya," papar dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Noah

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Dua Tahun Digarap, Noah Rilis Album 'Keterkaitan Keterikatan’

Ariel, Lukman, Uki, dan David melakukan serangkaian kegiatan yang diberi nama 7 Days in Paradise.

Fashion show di ajang Jakarta Youth Meet Up.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Jakarta Youth Meet Up Wujudkan Inspirasi dan Selebrasi Anak Muda

Entusiasme anak muda terlihat dari banyaknya pengunjung yang terus berdatangan.

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp di Bangkok, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:57 WIB

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp

Kontribusi SCG di bidang Pendidikan, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara tempatnya beroperasi.

KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:44 WIB

KoinWorks Menangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase

Berhasil mengalahkan lima pesaing utama lainnya yang sebagian besar berasal dari industri fintech dan perbankan.

Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia pada konferensi pers solusi Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT) di Jakarta, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:02 WIB

Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Biaya, Acer Perkenalkan Solusi IoT

Membantu perusahaan dan pelaku bisnis meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya melalui konektivitas antar perangkat.