Ketum Golkar: Demokrasi Damai Tradisi Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 27 Desember 2018 - 06:00 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengajak semua pihak membuktikan di Pemilu 2019 bahwa demokrasi damai merupakan tradisi Indonesia. "Partai Golkar mengajak seluruh kekuatan bangsa Indonesia untuk membuktikan sekali lagi bahwa demokrasi yang damai memang sudah menjadi tradisi politik kita," kata Airlangga dalam pidato akhir tahun yang diterima di Jakarta, Rabu (26/12/2018)

Airlangga mengatakan Pemilu 2019 semakin dekat dan harus disambut dengan penuh semangat. Dia menekankan pemilu adalah sebuah perayaan kedaulatan rakyat dan sebuah kompetisi untuk memberikan pilihan yang terbaik bagi rakyat.

"Partai Golkar ingin mengulang kembali pesan Pak Jokowi bahwa pemilu bukanlah sebuah peperangan. Karena itu, saya mengimbau semua pihak untuk mencari persamaan, bukan mempertajam perbedaan yang ada," ujarnya.

Airlangga meminta momentum pemilu tidak dijadikan ajang saling menyudutkan atau mencari kesalahan satu dan lainnya, melainkan saling membesarkan dan tetap menjaga semangat persaudaraan.

"Bendera kita boleh berwarna-warni, tetapi semua itu harus tetap di bawah naungan Merah Putih yang gagah dan abadi," jelasnya.

Dia mengingatkan sejak masa reformasi yang diawali dua dekade yang lalu, Indonesia telah membuktikan pada dunia bahwa Indonesia adalah sebuah bangsa besar yang demokratis. Indonesia, menurutnya, telah membuktikan sebagai sebuah negeri di mana perbedaan diterima dengan penuh rasa syukur di bawah sebuah prinsip mulia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Di sisi lain, Menteri Perindustrian itu juga mengajak semua partai peserta pemilu membuktikan kepada seluruh rakyat bahwa partai politik di Indonesia adalah elemen bangsa yang konstruktif.

"Kita berpolitik untuk pembangunan. Kita berupaya merebut hati rakyat bukan demi kekuasaan semata, tetapi justru untuk mengabdikan diri kita pada sebuah tujuan mulia, yaitu untuk memajukan perikehidupan seluruh rakyat Indonesia," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rizal Ramli (dok RMOL)

Kamis, 25 April 2019 - 23:23 WIB

Rizal Ramli: Target Ekonomi Tahun 2020 Mediocre, Ngapain Jadi Presiden Lagi?

Target pertumbuhan ekonomi yang dipatok pemerintah Jokowi sebesar 5,3-5,6% untuk tahun 2020 sangat mengecewakan. Karena, angka itu nyaris sama dengan kinerjanya selama 4,5 tahun terakhir yang…

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita Kordinasi perunggasan

Kamis, 25 April 2019 - 23:08 WIB

Kementan Lakukan Koordinasi Bahas Strategi dan Kebijakan Perunggasan Nasional

Depok, Kementan terus lakukan koordinasi bahas Strategi kebijakan mendukung usaha perunggasan nasional, sejak diberlakukannya Permentan Nomor 32 tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran, dan…

 Lokasi pameran rangkaian sepeda motor Harley-Davidson dalam ajang IIMS 2019

Kamis, 25 April 2019 - 21:42 WIB

Ini Dia Deretan Motor Unggulan Harley Davidson di IIMS 2019

Harley-Davidson Motor Company kembali berpartisipasi dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Ini merupakan keikutsertaannya yang kedua dalam dua tahun berturut-turut.

Ilustrasi transaksi bawang putih di pasar. (Foto: Halo Malang)

Kamis, 25 April 2019 - 21:24 WIB

Kemendag Izinkan Delapan Perusahaan Impor Bawang Putih

Kementerian Perdagangan mengeluarkan surat persetujuan impor bawang putih untuk delapan perusahaan seiring melonjaknya harga bawang putih dalam beberapa pekan terakhir ini.

Kapal yang terbakar

Kamis, 25 April 2019 - 19:14 WIB

Kapal MOS Meledak, Kemnaker Tuntut Bayar Hak Korban

Jakarta - Pengawas Ketenagakerjaan masih Selidiki Kecelakaan Kerja di Karimun Kepri, akibat terbakarnya kapal yang terjadi di PT Multi Ocean Shipyard (MOS), Karimun, Kepulauan Riau.