UNWTO Kagumi Pertumbuhan Jumlah Wisman Indonesia

Oleh : HerryBarus | Kamis, 08 November 2018 - 16:06 WIB

Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)
Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Organisasi Pariwisata Dunia di bawah naungaun PBB (UNWTO) mengapresiasi kenaikan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia, yang termasuk dalam kategori tercepat di dunia.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam pertemuan dengan Deputi Sekretaris Jenderal UNWTO Jaime Alberto Cabal Saclamente di gerai Indonesia pada pagelaran pasar pariwisata dunia di London, mengatakan pertumbuhan jumlah wisatawan karena, di antaranya, fasilitas digital untuk menunjang perjalanan (digital tourism).

"Kenaikan tercepat ini merupakan hasil dari transformasi digital. Menurut UNWTO, Indonesia dapat menjadi model bagi negara lain untuk melakukan 'digital tourism'," kata Arief melalui keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu (7/11/2018)

Dalam pertemuan itu, Delegasi UNWTO menyempatkan berkunjung ke paviliun Indonesia dan membahas program strategis antara Indonesia dan UNWTO.

Pariwsata berkelanjutan (sustainable tourism) dan pariwisata digital menjadi beberapa isu yang dibahas oleh Indonesia dengan UNWTO.

"Perkembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia juga sangat diapresiasi UNWTO melalui pengembangan lima 'Sustainable Tourism Observatories (STOs)' yang terus mengalami perkembangan yang sangat baik," kata Arief.

Adapun jumlah kunjungan wisatawan mancanegara periode Januari-September 2018 ke Indonesia sebanyak 11,93 juta orang atau naik 11,81 persen disbanding  periode yang sama di 2017 yang berjumlah 10,67 juta orang, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Namun, jika dibandingkan dengan Agustus 2018, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di September 2018 mengalami penurunan sebesar 10,56 persen. Wisatawan mancanegara pada September 2018 yang melancong ke Indonesia sebesar 1,35 juta orang, dibandingkan dengan Agustus yang mencapai 1,51 juta orang. Penurunan jumlah wisawatan asing tersebut, antara lain seiring berakhirnya Asian Games 2018 dan musim liburan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gerbang Tol

Senin, 27 Mei 2019 - 15:00 WIB

Tarif Tol Jakarta-Merak Diskon 15 Persen saat Libur Lebaran

Pengelola jalan tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandalasakti akan memberi potongan (diskon) tarif sebesar 15 persen yang akan diberlakukan 27 - 29 Mei sebelum puncak arus mudik dan 10-12 Juni…

Apacer AC633 USB 3.1

Senin, 27 Mei 2019 - 14:01 WIB

Pamerkan Portofolionya, Apacer Resmikan Program Terbaru di Computex Taipei 2019

Apacer, produsen storage kelas industri terkemuka di dunia hadir di COMPUTEX TAIPEI 2019 dan meresmikan program terbarunya “Welcoming Intelligent Connectivity” (Menyambut Konektivitas…

Penyanyi Pendatang Baru Gabriella Larasati membawakan Ost Dont Run Away

Senin, 27 Mei 2019 - 14:00 WIB

Gabriella Larasati Jadi Debutan Super Media Music

PT Super Media Produksi, sebuah rumah produksi Film yang didirikan pada mei 2018, oleh Unchu Viejay dan Adi Garing, yang dikenal, dengan karya perdana film horror berjudul don’t run away.…

Kolaborasi Alodokter dan Century

Senin, 27 Mei 2019 - 13:42 WIB

Alodokter Gandeng Century Ciptakan Sinergi Layanan Kesehatan

Kolaborasi ini memiliki visi untuk menciptakan sinergi layanan kesehatan terbaik yang memberikan banyak keuntungan bagi keluarga muda modern Indonesia.

Gelaran Unlock Your Creativity

Senin, 27 Mei 2019 - 12:19 WIB

Segera Meluncur di Indonesia, OPPO Ajak Konsumen Cicipi Smartphone Teranyar Reno Series

OPPO menggelar acara “Unlock Your Creativity” untuk memberikan kesempatan awal kepada konsumen dalam mencoba produk terbaru OPPO Reno Series, sebelum resmi diluncurkan di Indonesia.