Sammy Simorangkir Ajak Anak Muda Batak Promosikan Danau Toba

Oleh : Ridwan | Senin, 17 September 2018 - 07:30 WIB

Penyanyi Asal Sumatera Utara, Sammy Simorangkir (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Penyanyi Asal Sumatera Utara, Sammy Simorangkir (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Penyanyi berdarah Sumatera Utara (Sumut), Sammy Simorangkir mengajak anak muda khususnya keturunan Batak untuk mempromosikan wisata Danau Toba. 

Hal ini sejalan dengan upaya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang menetapkan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas atau 10 Bali Baru. 

Menurutnya, banyak keunikan wisata yang dapat digali disana mulai dari seni budaya hingga adat istiadat yang misterius. 

"Kalau hanya dari cerita dan lihat diberita itu tidak seru, jadi harus sisihkan waktu pilih destinasi wisata Danau Toba untuk berlibur bersama keluarga dan pasangan," kata Sammy seusai mengisia acara 'Ayo ke Tiba' di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (16/9/2018) malam. 

Ditambahkan Sammy, jangan hanya definisikan Toba hanya danau saja, justru banyak wisata-wisata lainnya yang masih belum tergali disana. Misalnya, pulau samosir, batu gantung, pemandian air panas hingga air terjun yang sangat indah. 

"Itu hanya sebagian yang bisa dihitung dengan jari, kalau bisa jalan ke Tarutung, Sibolga dan sekelilingnya, itu keren banget," terangnya. 

Artis yang berasal dari Tarutung ini pun cukup takjub melihat etnis Tionghowa yang tinggal disana paham sekali dengan bahasa Batak. Menurutnya, itulah keunikan disana yang masih belum tergali dan diketahui banyak wisatawan. 

"Heran ya, muka putih, mata sipit tapi pintar berbahasa Batak yang benar-benar baku, kuno, dan belum ringan ditelinga. Tapi itulah keunikan disana," imbuh mantan vokalis band Kerispatih ini. 

Ia pun mengapresiasi pemerintah khususnya Kemenpar yang telah menetapkan Danu Toba menjadi salah satu dari 10 wisata destinasi pariwisata prioritas yang tengah dikembangkan untuk menarik wisatawan. 

"Dengan begini saya lebih bangga, artinya pemerintah itu perhatian. Jadi orang-orang Batak yang ada di perkampungan merasa diperhatikan, jangan hanya Papua dan Bali saja yang diperhatikan," ucap Sammy. 

Sammy menghimbau kepada anak-anak muda Sumut untuk maju sebagai pemberani didalam pemerintahan yang jujur dan bersih. Pasalnya, lanjut Sammy, di Sumut itu ganasnya luar biasa sekali. Banyak okmun-oknum yang memanfaatkan kelengahan pemerintah untuk berbuat yang tidak baik. 

Menurutnya, selama oknum-oknum yang memanfaatkan sesuatu demi kepentingan pribadinya itu tidak dibentuk dan diberesin, akan susah untuk mengembangkan wisata disana. 

Oleh karena itu, ia menghimbau pemerintah untuk tegas mengambil tindakan untuk segala macam bentuk kecurangan yang ada disana. "Orang Batak kalau mau maju, pemikirannya juga harus berubah," tuturnya. 

Lebih lanjut, Sammy meminta pemerintah untuk tetap turun tangan membangun infrastruktur jalan, transportasi serta mengedukasi masyarakat disana agar mereka sadar bahwa daerahnya bisa menghasilkan devisa dan kehidupan yang layak untuk masyarakat sekitar. 

"Jadi pola pikirnya yang harus diedukasi dan ditingkatkan lagi," pungkas Sammy. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mabes TNI (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 03:48 WIB

Mabes TNI Mutasi 72 Perwira Tinggi

Markas Besar TNI melakukan mutasi dan promosi jabatan kepada 72 orang perwira tinggi (Pati) di lingkungan TNI.

PostgreSQL Security Team meyakini bahwa registrasi kerentanan keamanan yang terdaftar dalam sistem Common Vulnerabilities & Exposures (CVE) dengan nomor CVE-2019-9193 merupakan sebuah kekeliruan.

Selasa, 25 Juni 2019 - 21:31 WIB

Untuk Kali Pertama, PG Conference Asia 2019 Digelar di Luar Jepang

PGConf.Asia 2019, perhelatan tingkat dunia yang menyuguhkan pemaparan tentang seluruh aspek PostgreSQL, akan digelar di Bali mulai 9 hingga 12 September 2019dengan tema “Saat bisnis bertemu…

Renailt K Range (Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 25 Juni 2019 - 20:35 WIB

Seri Terbaru Renault Trucks, K Range Resmi Masuk Indonesia

Perusahaan otomotif asal Prancis, Renault resmi memperkenalkan seri produk truk terbarunya, K Range. Dalam peluncuran kali ini, Renault menggandeng PT Indo Traktor Utama sebagai distributor…

Bincang-bincang bersama Sasa

Selasa, 25 Juni 2019 - 18:58 WIB

Pertahankan Kualitas, Sasa Terus Berinovasi Dalam Berbagai Produk

Sebagai perusahaan dalam kategori pembuat bumbu dapur atau kitchen food brand, PT Sasa Inti (Sasa) telah berhasil tumbuh menjadi merek lokal terdepan yang memimpin pasar, baik untuk pasar lokal…

PT GMF Aero Asia Tbk (GMFI) (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 25 Juni 2019 - 18:45 WIB

GMF Siap Buka Bengkel di Bandara Kertajati

PT GMF AeroAsia Tbk,. akan segera melebarkan sayap bisnisnya dengan berencana membuka bengkel di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.