Kenaikan Volume Produksi Berpotensi Tekan Harga CPO Malaysia

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 13 Agustus 2018 - 18:51 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) Malaysia ditutup turun 0,2% ke posisi RM2.242 per ton pada Jumat (10/08/2018) pekan lalu. Itu disebabkan oleh kenaikan volume produksi, berkurangnya permintaan konsumen utama dan penurunan harga minyak kedelai.

Menurut laporan pihak berwenang Malaysia, volume produksi CPO Malaysia naik 1,2% pada Juli 2018. Itu karena peningkatan produksi tandan buah segar sebesar 12,8% setelah mengalami penurunan produksi selama tiga bulan berturut-turut.

Sementara itu, PublicInvest melaporkan volume produksi di semenanjung Malaysia naik 15,9% untuk tingkat bulanan di tengah kenaikan sebesar 9,5% di Malaysia Timur.

PublicInvest mengungkapkan, kenaikan produksi diperkirakan karena pertumbuhan produksi musiman untuk sebagian besar perkebunan kelapa sawit. Namun, kedua wilayah tersebut mengalami penurunan produksi secara berkelanjutan dibanding tahun lalu. Pertumbuhan produksi diantisipasi pada tahap berikutnya untuk tahun ini karena perubahan efek biologis.

Ekspor CPO juga naik karena peningkatan permintaan dari Uni Eropa meskipun permintaan dari semua negara konsumen besar seperti China, Pakistan dan AS mengalami penurunan.

Harga minyak kedelai di bursa berjangka AS, turun hampir 5% pada hari Jumat pekan lalu, Itu adalah penurunan terbesar dalam satu hari selama tiga tahun terakhir setelah pemerintah memproyeksikan hasil panen di AS yang lebih besar dari perkiraan dan mengatakan stok akan membengkak ke rekor tertinggi.

Pada perdagangan Senin (13/08/2018), harga CPO untuk kontrak Oktober 2018 dibuka pada level RM2.208 per ton, dengan harga tertingginya sebesar RM2.227 per ton dan harga terendahnya sebesar RM2.206 per ton. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM Jaenal Aripin

Sabtu, 07 Desember 2019 - 00:14 WIB

LPDB Dorong KUKM Manggarai Barat Hasilkan Produk Premium

Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Bergulir - Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB - KUMKM) bersinergi dengan sejumlah stakeholder dan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas koperasi…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…