Chairman Jababeka Ingin Pengembangan KEK Tanjung Api Api Jadi Kota Baru di Sumsel

Oleh : Ridwan | Kamis, 02 Agustus 2018 - 22:30 WIB

Chairman and Founder Jababeka SD Darmono ketika menjadi pembicaraan dalam kegiatan Indonesia Ecomonic Forum di hotel Aryaduta Palembang (Foto: Dok. Industry.co.id)
Chairman and Founder Jababeka SD Darmono ketika menjadi pembicaraan dalam kegiatan Indonesia Ecomonic Forum di hotel Aryaduta Palembang (Foto: Dok. Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Palembang, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api bakal menjadi kota baru di Sumatera Selatan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2014, KEK seluas kurang lebih 4 ribu haktar (Ha) tersebut akan digunakan untuk zona pengolahan ekspor, zona logistik, zona industri, dan zona energi.

SD Darmono selaku Chairman and Founder Jababeka mengatakan, pengembangan kota baru ini memerlukan banyak campur tangan pihak lain. Tidak bisa dilakukan sendiri oleh Jababeka karena keterbatasan kemampuan yang dimiliki.

"Membangun kota baru diperlukan banyak hal seperti infrastruktur jalan, penyediaan air bersih, pengelolaan air limbah, listrik dan lain sebagainnya," kata SD Darmono ketika menjadi pembicaraan dalam kegiatan Indonesia Ecomonic Forum di hotel Aryaduta Palembang, Kamis (2/8/2018).

Dikatakannya, Jababeka memberikan pengalaman dan inspirasi teman-teman Indonesia karena menjadi founder menyiapkan kota baru.

Penelitian menyatakan saat ini anak muda Indonesia lebih memilih ingin tinggal di kota karena kehidupannya tidak bisa terpisahkan dengan WiFi, AC dan dunia digital.

Itulah sebabnya Jababeka mengembangkan kota baru atau kota satelit yang dikembangkan dari kawasan pinggiran kota.

"Seperti di Sumatera Selatan, kota baru yang akan kita bangun di Tanjung Api-api tapi untuk mewujudkan itu dibutuhkan kerjasama semua pihak karena kami biasanya membangun dari nol," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin mengatakan, pemerintah Sumatera Selatan terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, melalui dua strategi yaitu Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api; dan Pariwisata yang antara lain mengusung tema Sport Tourism untuk menjadikan Sumatera Selatan sebagai Provinsi Olahraga berskala internasional.

“Pengembangan KEK Tanjung Api-Api dengan deep sea port Tanjung Carat akan menjadi outlet bagi produk Sumber Daya Alam Sumsel. Kawasan industri sebagai tempat hilirisasi untuk batubara, karet, sawit dan sumber daya alam Sumatera Selatan, sehingga kedepan bukan lagi sebagai pengekspor bahan mentah atau setengah jadi serta Sumsel akan mengekspor melalui pelabuhan milik Provinsi Sumsel,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:52 WIB

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Pejabat Bank BTN Cabang Denpasar Wahjudi Djoko Poerwanto memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa bumi Bali di Karangasem dan Bangli melalui BPBD Provinsi Bali di, Denpasar, Minggu…

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:48 WIB

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Pasuruan-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar akad kredit massal sebanyak 3.000 unit di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Habitat Dunia yang diperingati…

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 19:10 WIB

OJK Siapkan Delapan Arah Kebijakan Strategis Tahun 2022

Manado-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan delapan kebijakan strategis di tahun 2022 untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia dengan terus mengoptimalkan manfaat sektor jasa keuangan…

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Begini Cara Mengajarkan Keamanan Berinternet pada Anak

Sebelum mengedukasi anak mengenai keamanan berinternet, Idayanti Sudiro seorang Certified Life and Wellness Coach menyampaikan, terdapat hal yang harus dipahami oleh orang tua, yaitu menyadari…

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:15 WIB

Melihat Sisi Positif dari Bermain Media Sosial

Seiring perkembangan zaman, kehadiran media sosial semakin beragam. Media sosial merupakan sebuah media yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan…