PelindoI-II Bersinergi Kelola Pelabuhan Bantu Ampar

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 09 Juni 2018 - 12:00 WIB

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya (Foto Ist)
Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Pelindo I dan PT Pelindo II bersinergi mengelola Pelabuhan Batu Ampar melalui penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya dan Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana.

Elvyn usai menandatangani nota kesepahaman di Jakarta, Jumat (8/6/2018) mengatakan kerja sama bisnis tersebut dilatarbelakangi keinginan untuk merealisasikan potensi bisnis penyediaan jasa kepelabuhanan yang bertaraf internasional dengan mendukung pasar yang sudah ada dan menguntungkan (captive market) di Batam.

"Kerja sama ini menjadi dasar kesepakatan dan komitmen dalam penyiapan kerja sama operasi pengelolaan Pelabuhan Batu Ampar beserta area pendukungnya di Batam," katanya.

Dia mengatakan Pelindo II akan menydiakan alat-alat, seperti kontainer dan  crane  untuk mendukung operasional Pelabuhan Batu Ampar.

Elvyn mengharapkan kolaborasi antara dua pengelola pelabuhan terbesar di Indonesia dapat diterima oleh BP Batam, sehingga dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kepelabuhanan di Batam, khususnya Pelabuhan Batu Ampar, baik dari sisi pengelolaanya maupun strategi bisnis ke depannya.

Batam sebagai lokasi yang sangat strategis karena terletak dalam jalur pelayaran internasional dengan salah satu rute tersibuk di antara Selat Malaka dan Singapura.

Batam telah dikembangkan selama ini sebagai kawasan industri, "transhipment" dan daerah pariwisata yang mana 90 persen dari barang-barang dipastikan melalui pelabuhan di Batam.

Elvyn menambahkan dengan adanya kerja sama tersebut juga berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan karena  throughput  juga bertambah.

"Bagus, akan ada  throughput  ada `share revenue  dari Pelindo I dan II," ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana kepada awak media juga berharap dengan adanya kerja sama operasi tersebut kapasitas Pelabuhan Batu Ampar bisa meningkat dari saat ni 450.000 TEUs menjadi satu juta TEUs.

"Paling lama tiga tahun tumbuh setidaknya 20 persen," katanya.

Bambang mengatakan kerja sama tersebut akan dimulai pada Agustus tahun ini, terutama untuk kegiatan bongkar muat peti kemas.

Kerja sama tersebut juga bertujuan mensinergikan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dalam rangka sinergi BUMN dan tetap memperhatikan prinsip kelayakan dan saling menguntungkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ada Beasiswa Kuliah Untuk Youtuber dan Konten Kreator di Kampus Ini, Kepoin Disini!

Kamis, 09 Mei 2024 - 06:51 WIB

Ada Beasiswa Kuliah Untuk Youtuber dan Konten Kreator di Kampus Ini, Kepoin Disini!

Dalam era digital yang terus berkembang, peran konten kreator dan youtuber semakin mendapat pengakuan dan menjadi salah satu profesi yang diminati banyak orang. Untuk mendukung para talenta…

Anthony Leong bersama Prabowo Subianto di Rumah Kertanegara

Kamis, 09 Mei 2024 - 06:46 WIB

PEDAS : Wacana Prabowo tambah Kementerian untuk Tingkatkan Kinerja dan Pelayanan Publik

Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS) Anthony Leong menyambut baik adanya wacana penambahan kementerian dari 34 menjadi 40. Dirinya setuju dengan penambahan jumlah kementerian…

TNI AU Dirikan Posko Satgasud Di Posko Induk Tanggap Darurat Bencana Di Lapangan Andi Djemma Kabupaten Luwu

Kamis, 09 Mei 2024 - 06:43 WIB

TNI AU Dirikan Posko Satgasud Di Posko Induk Tanggap Darurat Bencana Di Lapangan Andi Djemma Kabupaten Luwu

- TNI Angkatan Udara mendirikan Pos Komando (Posko) Satuan Tugas Udara (Satgasud), bertempat di Posko Induk Tanggap Darurat Bencana yang di pusatkan di Lapangan Andi Djemma, Kabupaten Luwu,…

Bakamla RI Persiapkan Patroli Terkoordinasi "Operasi Gannet-8"

Kamis, 09 Mei 2024 - 06:12 WIB

Bakamla RI Persiapkan Patroli Terkoordinasi "Operasi Gannet-8"

Sebanyak 12 perwakilan personel dari unit kerja terkait di Bakamla RI turut serta menghadiri kegiatan Lokakarya dalam rangka Persiapan Operasi Gannet-8. Kegiatan berlangsung selama dua hari…

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.