Empat Festival Budaya Ini Dukung Industri Pariwisata NTT

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 08 Juni 2018 - 14:29 WIB

Parade 1001 Kuda Sandelwood NTT (Foto Ist)
Parade 1001 Kuda Sandelwood NTT (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebanyak empat festival penjaring wisatawan akan digelar di Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangkaian Calendar of Event NTT 2018 yakni Festival Komodo, Parade Sandalwood dan Tenun Ikat Sumba, Festival Likurai Timor, dan Tour De Flores.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Kamis (6/6/2018)  meluncurkan Calendar of Event NTT 2018 didampingi Asisten II Setda Provinsi NTT, Alexander Sena mewakili Gubernur NTT, Frans Lebu Raya.

"Kemenpar mendukung Launching Calendar of Event NTT 2018 sebagai upaya prmosi Labuan Bajo sebagai destinasi unggulan dalam upaya pencapaian target 20 juta kunjungan wisman pada 2019," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Calendar of Event NTT 2018 yang diluncurkan akan terdiri atas empat Top Event yakni Festival Komodo (5-10 Maret 2018), Parade Sandalwood dan Tenun Ikat Sumba (5-12 Juli 2018), Festival Likurai Timor (24-28 Juli 2018), dan Tour De Flores (1-7 November 2018).

Menpar mengatakan setiap festival ini memiliki keunggulan tersendiri sebagai strategi promosi memperkenalkan NTT kepada wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Festival Komodo mengunggulkan daya tarik wisata satwa komodo sebaga salah satu dari tujuh keajaiaban dunia.

Festival ini diisi dengan sejumlah kegiatan antara lain pentas seni budaya yang menampilkan tarian tradisional serta kontemporer dari tiap kecamatan di Manggarai barat dan Karnaval Budaya.

Dalam event ini juga dilakukan penanaman pohon, lomba voli pantai, dan berbagai kegiatan lain.

Parade Sandalwood dan Tenun Ikat Sumba diseleggarakan untuk memperkenalkan daya tarik Pulau Sumba di NTT.

Parade ini akan diselenggarakan di 4 Kabupaten di Sumba dan puncaknya diselenggarakan di Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Sandalwood merupakan nama kuda yang diambil dari pohon cendana (sandalwood) yang banyak tumbuh di Pulau Sumba.

Festival Likurai Timor memamerkan tarian tradisional seperti tarian perang khas daerah Belu, NTT.

Tarian ini dilakukan oleh beberapa pria dengan menggunakan pedang, sementara penari wanita menggunakan tihar (kendang kecil) sebagai atribut tarian.

Festival ini menghadirkan ribuan penari Likurai yang diadakan di Bukit Fulan Fehan.

Terakhir, event Tour De Flores yang memiliki dampak besar bagi pariwisata NTT dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

Jalur tour De Flores dimulai dari Larantuka di Flores Timur hingga Labuan Bajo di Manggarai Barat dengan rute sepanjang 743 Km dan terdiri dari 5 etape.

Pemerintah daerah NTT terus meningkatkan aksesibilitas dan amenitas dalam mendukung penyelenggaraan 4 Top Event.

Untuk aksesibilitas sudah ada dua maskapai yang melayani rute langsung Jakarta menuju Labuan Bajo, yaitu Batik Air dan Garuda Indonesia.

Sedangkan untuk penerbangan dari Jakarta menuju Kupang terdapat empat maskapai yang melayani rute tersebut yaitu Batik Air, Lion Air, Garuda Indonesia, dan Sriwijaya Air.

Untuk akomodasi telah tersedia hotel berbintang seperti The Jakayakarta Suit Komodo Flores, Bintang Flores Hotel, Plataran Komodo, dan Nihi Sumba.

"Dengan adanya Launching Calendar of Event 2018 diharapkan event event ini akan dapat terhubung dengan berbagai paket wisata yang didesain oleh para tour operator dan travel agency sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTT," ujar Alexander Sena mewakili Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TMMD Ke-109 di Perbatasan Boven Digoel

Rabu, 23 September 2020 - 04:40 WIB

TMMD Ke-109 di Perbatasan Boven Digoel Papua Sesuai Protokol Covid-19

Dimasa pandemi Covid-19, upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 Kodim 1711/Boven Digoel ditiadakan sesuai dengan Protokol Covid-19 yang selama ini telah dilaksanakan…

Lanud Silas Papare Gandeng PMI Gelar Kegiatan Donor Darah

Rabu, 23 September 2020 - 04:15 WIB

Lanud Silas Papare Gandeng PMI Gelar Kegiatan Donor Darah

Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadispers Lanud Silas Papare Letkol Adm Sunu Sugestino menyampaikan bahwa di masa pandemi Covid-19,…

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

Selasa, 22 September 2020 - 18:57 WIB

Doktor ‘Matematika’ UGM Pimpin Dekopin Jateng, Nurdin Halid: Saya Percaya Sosok Dr. Walid

Jawa Tengah-Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa…

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…