Menteri BUMN Rini M. Soemarno Buka Kegiatan HUT Ke-20

Oleh : Herry Barus | Jumat, 13 April 2018 - 10:40 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pada acara HUT Ke-20 Kementerian BUMN yang jatuh pada tanggal 13 April 2018 ini dihadiri oleh Menteri BUMN Pertama Tanri Abeng, Menteri BUMN periode tahun 2009-2011 Mustafa Abubakar, para Pejabat Kementerian BUMN, Pejabat Bekraf, Pejabat BNPT, para Direktur Utama dan Direksi BUMN, serta para karyawan dan purnabakti Kementerian BUMN.

Di momen ini, Menteri Rini memimpin kegiatan beautifikasi lingkungan Gedung 48 Jl Kebon Sirih yang terletak di sekitar Kantor Kementerian BUMN. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan efisensi atas aset bangunan negara yang telah lama terbengkalai.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno  buka kegiatan HUT Ke-20 Kementerian BUMN di Jakarta, Jumat (13/04/2018) .

Pada sambutannya, Menteri Rini mengatakan bahwa,"Dibentuknya Kementerian BUMN menunjukkan upaya Pemerintah agar BUMN dikelola secara profesional, transparan, akuntabel, dan dapat menjadi korporasi yang sesungguhnya; bukan hanya sebagai perpanjangan tangan kementerian teknis untuk implementasi policy."

"Dalam kurun waktu 20 tahun, BUMN-BUMN di bawah koordinasi Kementerian BUMN telah berkembang secara pesat. Pada tahun 1998 total aset BUMN sebesar Rp 438 triliun, sementara pada tahun 2017 telah mencapai Rp 7.212 triliun. Total laba BUMN pada tahun 1998 sebesar Rp 14 triliun, sementara pada tahun 2017 sebesar Rp 189 triliun," ungkapnya.

Selama 3,5 tahun ke belakang, BUMN terus bersinergi dengan mengusung misi ”BUMN Hadir Untuk Negeri”. Banyak upaya yang dilakukan untuk memberikan pengabdian terbaik bagi Indonesia, diantaranya melalui program pembangunan infrastruktur, keadilan sosial, ekonomi kerakyatan, pengembangan energi terbarukan sampai dengan Holding BUMN untuk menjadikan BUMN semakin kuat dan lincah sehingga mampu bersaing secara global dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Program pembangunan infrastruktur dijalankan BUMN melalui program peningkatan rasio elektrifikasi di mana tahun 2014 hanya sebesar 86%, ditargetkan mencapai 97,35% pada 2019; pembangunan jalan tol dimana sejak tahun 1980-2014 hanya dibangun 600 km, target hingga 2019 harus dibangun hingga 1.800 km; panjang transmisi hingga 2014 sebesar 40.000 kms, target hingga 2019 menjadi 86.000 kms.

Program keadilan sosial dicapai melalui program BBM Satu Harga, di mana harga sebelumnya Rp 15 ribu - Rp 50 ribu/liter menjadi Rp 6.450,-/liter untuk premium dan Rp 5.150,-/liter untuk solar, sama seperti di Pulau Jawa; Penurunan harga semen di lokasi-lokasi 3T termasuk Puncak Jaya Papua dari Rp 2,5 juta menjadi Rp 500 ribu.

Program ekonomi kerakyatan menjadi amanah yang dilaksanakan BUMN melalui pengembangan Balkondes di Borobudur; Rumah Kreatif BUMN (RKB) dengan jumlah UMKM terdaftar mencapai 480 ribu; Mekaar dengan nasabahnya mencapai 2,7 juta; dan berbagai program lainnya.

Dalam rangka peningkatan nilai tambah dan efisiensi, Holding BUMN Perkebunan, Holding BUMN Semen, Holding Industri Pertambangan, dan Holding BUMN Migas telah berhasil terbentuk.

Tak lupa, Menteri Rini senantiasa mengingatkan para insan BUMN untuk bahu-membahu tingkatkan solidaritas, "Di momen ulang tahun Ke-20 Kementerian BUMN ini, kami mengusung tema One Nation, One Vision, One Family to Excellence. BUMN besar harus mendukung BUMN kecil untuk menggarap pertumbuhan bersama. Setiap insan BUMN harus peduli terhadap sesama, memiliki rasa empati yang tinggi dan terlibat dalam berbagai kegiatan sosial maupun kegiatan bisnis untuk kepentingan masyarakat luas."

"BUMN adalah korporasi milik negara, yang artinya BUMN adalah milik rakyat Indonesia. Pengelolaan bisnis BUMN selain dilakukan dengan  profesional, juga wajib mengikuti prinsip GCG, sehingga keberadaannya bisa sustainable, hingga 10, 50, 100 tahun ke depan. BUMN harus bisa kita wariskan ke anak, cucu, cicit kita dalam keadaan sehat, berdaya saing tinggi, dan siap mengemban tugas sebagai agen pembangunan negeri," pungkas Rini.

Penandatanganan Nota Kesepahaman

Pada momen ini pula Menteri BUMN Rini M. Soemarno dan para Pejabat Kementerian BUMN menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama Pengembangan dan Pembangunan Gedung Danareksa dan Telkom yang Terintegrasi Dengan Gedung Kementerian BUMN.

Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Direktur Utama PT Danareksa (Persero) Heru D. Adhiningrat, Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Alex J. Sinaga, dan Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk Tumiyana di Halaman Depan Gedung Kementerian BUMN, Jumat, 13/04.

Nota Kesepahaman ini dimaksudkan sebagai pedoman  perencanaan dan persiapan serta pelaksanaan kerja sama integrasi gedung Danareksa, Telkom dan Kementerian BUMN, serta membangun kemitraan strategis sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…