Serapan Minim, AMBI Desak Pemerintah Maksimalkan Penggunaan Material Baja

Oleh : Ridwan | Jumat, 02 Maret 2018 - 16:30 WIB

Industri Besi dan Baja (Ist)
Industri Besi dan Baja (Ist)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Asosiasi Masyarajat Baja Indonesia (AMBI) menilai penggunaan material baja di dalam negeri masih sangat minim, padahal bila terjadi kecelakaan kerja, material baja masih bisa diaplikasikan ulang.

"Penggunaan material baja harus dimaksimalkan. Selain itu, penggunaan material baja akan lebih efisien," ujar Didi Aulia selaku Ketua Bidang Advokasi dan Regulasi AMBI saat acara "Steel Friday Lunch Club" di Jakarta, Jumat (2/3/2018).

Didi mengatakan, terkait masalah harga steel box grider dibandingkan dengan grider beton pun relatif sama.

"Bila beton mengalami kegagalan konstruksi sudah pasti hancur dan tidak bisa digunakan kembali. Namun, bila baja masih bisa diperbaiki," terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Presiden Direktur Gunung Steel Construction (GSC) Ken Pangestu mengatakan penggunaan material baja harua ditingkatkan.

Ia mengatakan, untuk masalah harga material baja dan beton tidak ada perbedaan yang cukup signifikan. "Kalau bisa pakai baja kenapa mesti pakai beton, sedangkan produksi material kami overload," tegas Ken.

Menurutnya, hal ini disebabkan oleh pelaksana proyek konstruksi sebagian besar adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) karya, dimana BUMN karya tersebut memiliki anak perusahaan yang memproduksi grider beton.

"Kami berharap pemerintah mempertimbangkan untuk bentangan panjang dan beresiko tingi menggunakan material selain beton," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 15:05 WIB

Tiga Perusahaan ini Bakal Sulap Tanjung Lesung Jadi Objek Wisata Kelas Dunia

Tiga perusahaan yang berasal dari Indonesia, China, dan Singapura berkomitmen akan menjadikan Pantai Tanjung Lesung, Banten, sebagai objek wisata berkelas dunia.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 13:15 WIB

Perang Dagang AS-China Tak Berdampak pada Laju Bisnis Indofood

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Wellirang menyebut tidak ada kekhawatiran terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

Sabtu, 25 Mei 2019 - 12:05 WIB

Ini Harapan Kadin untuk Pemerintah Lima Tahun Kedepan

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan sejumlah harapan kepada pemerintah untuk lima tahun mendatang.

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Menjelang tahun ajaran baru merupakan periode sibuk bagi para orangtua yang memiliki anak usia sekolah. Terutama bagi mereka yang baru pertama memasukan si buah hati ke tingkat pendidikan dasar.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:40 WIB

BNI Bersama BNI Syariah Berkontribusi di Halal Park BUMN Bandara Soetta

Jakarta - BNI bersama BNI Syariah kembali berkontribusi maksimal untuk mendorong halal ekosistem. Setelah sebelumnya berpartisipasi di Halal Park Gelora Bung Karno (GBK), hari ini, Kamis (23/5),…