Serapan Minim, AMBI Desak Pemerintah Maksimalkan Penggunaan Material Baja

Oleh : Ridwan | Jumat, 02 Maret 2018 - 16:30 WIB

Industri Besi dan Baja (Ist)
Industri Besi dan Baja (Ist)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Asosiasi Masyarajat Baja Indonesia (AMBI) menilai penggunaan material baja di dalam negeri masih sangat minim, padahal bila terjadi kecelakaan kerja, material baja masih bisa diaplikasikan ulang.

"Penggunaan material baja harus dimaksimalkan. Selain itu, penggunaan material baja akan lebih efisien," ujar Didi Aulia selaku Ketua Bidang Advokasi dan Regulasi AMBI saat acara "Steel Friday Lunch Club" di Jakarta, Jumat (2/3/2018).

Didi mengatakan, terkait masalah harga steel box grider dibandingkan dengan grider beton pun relatif sama.

"Bila beton mengalami kegagalan konstruksi sudah pasti hancur dan tidak bisa digunakan kembali. Namun, bila baja masih bisa diperbaiki," terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Presiden Direktur Gunung Steel Construction (GSC) Ken Pangestu mengatakan penggunaan material baja harua ditingkatkan.

Ia mengatakan, untuk masalah harga material baja dan beton tidak ada perbedaan yang cukup signifikan. "Kalau bisa pakai baja kenapa mesti pakai beton, sedangkan produksi material kami overload," tegas Ken.

Menurutnya, hal ini disebabkan oleh pelaksana proyek konstruksi sebagian besar adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) karya, dimana BUMN karya tersebut memiliki anak perusahaan yang memproduksi grider beton.

"Kami berharap pemerintah mempertimbangkan untuk bentangan panjang dan beresiko tingi menggunakan material selain beton," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Work From Home bagi ASN

Minggu, 05 April 2020 - 00:10 WIB

Ini Alternatif Tips Hilangkan Rasa Bosan Bekerja atau Belajar dari Rumah

Kerja dan Belajar dari Rumah (work from home, school from home) menjadi tren global beberapa waktu terakhir ini.

Kampung Astra Berseri di pulau Pramuka

Sabtu, 04 April 2020 - 23:05 WIB

Sampah Dilautan Semakin Meresahkan, Astra Gelorakan Semangat Pulauku Nol Sampah Lewat KBA

Astra mengajak masyarakat luas untuk bersamasama mengurangi pemakaian plastik sekali pakai melalui sebuah gerakan sosial Semangat Kurangi Plastik. Gerakan tersebut salah satunya dilakukan oleh…

Rupiah (Foto/Rizki Meirino)

Sabtu, 04 April 2020 - 22:05 WIB

Optimalkan Aset Wakaf Bagi Orang Berekonomi Lemah

Kementerian Agama minta Badan Wakaf Indonesia (BWI) menggerakkan wakaf uang melalui Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU).

Tunaikan zakat 2,5 % harta anda (Foto:sharinghappiness.org)

Sabtu, 04 April 2020 - 21:54 WIB

Sebentar Lagi Ramadhan Cepat Keluarkan Zakat

Menteri Agama mendorong Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk mempercepat pembayaran dan pendistribusian zakat harta (mal) ke masyarakat.

Platform VLive

Sabtu, 04 April 2020 - 21:15 WIB

Dirumahaja, Platform Ini Tawarkan Para Penggemar Bertemu Artis Idola

Platform komunitas hiburan global dari Naver Corp, VLIVE, mengajak sejumlah artis dan influencers Indonesia yang tergabung dalam channel VLIVE dalam untuk ikut serta dalam kampanye V PAKET #dirumahaja…