Pentingnya Teknik Membaca Nyaring Pada Anak Sejak Dini

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 07 Mei 2024 - 22:58 WIB

Pelatihan Membaca Nyaring di hadapan pustakawan, guru sekolah dan orang tua di Sumatera Utara
Pelatihan Membaca Nyaring di hadapan pustakawan, guru sekolah dan orang tua di Sumatera Utara

INDUSTRY.co.id - Medan, Sumatera Utara - Anak yang sering dibacakan nyaring dan diajak mengobrol oleh orang tuanya secara tidak langsung menstimulus kemampuan kognitifnya berkembang. 

Demikian disampaikan pendiri Reading Bugs Indonesia Roosie Setiawan ketika memberikan pelatihan Membaca Nyaring di hadapan pustakawan, guru sekolah dan orang tua di Sumatera Utara, Selasa, (7/5/2024). 

Kegiatan membaca nyaring pada anak dimulai sedini mungin saat trimester ketiga kehamilan. Anak yang sering dibacakan nyaring dan diajak berbicara oleh ibu bapaknya secara tidak langsung membantu stimulasi kemampuan kognitifnya berkembang lewat suara. 

Teknik membaca nyaring bukan mengajarkan anak-anak bisa baca tapi agar anak mau membaca. Tapi jangan tunggu anak tumbuh besar untuk dikenalkan pada buku. 

"Buat membaca nyaring bersama anak menyenangkan agar anak tertarik mendengarkan kita membaca,” imbau Pustakawan Perpusnas Welliyani Citra. 

Ada yang mesti dipahami ketika aktivitas membaca nyaring dilakukan. Guru, pustakawan, dan orang tua perlu memahami perjenjangan buku. Pastikan buku yang dibacakan sesuai dengan usia anak. 

Karena tidak mungkin anak usia PAUD dibacakan buku novel. Buku cerita yang sarat gambar dan ilustrasi dengan teks yang sedikit lebih menarik dibacakan. 

"Gambar atau ilustrasi yang ada di buku cerita akan membangun daya imajinasi anak. Gunakan alat bantu jika diperlukan," tambah Yeni Merdeka Sirait dari Komunitas Read A Loud Sumut. 

Orang tua, guru dan pustakawan harus menjadi role model bagi anak dalam membaca. Tujuan membaca nyaring bukan untuk menyelesaikan satu buku. Tetapi membuat anak senang dan paham pada aktivitas membaca.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri kesehatan

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:35 WIB

Strategic Development of Health-Related Assistance Services in Post-Covid-19 Indonesia using PESTLE Analysis

The Covid-19 pandemic has dramatically reshaped the global healthcare landscape, highlighting both vulnerabilities and opportunities within health-related services. As Indonesia emerges from…

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:35 WIB

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Jakarta–Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan…

Emak emak aksi palestina

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:10 WIB

Emak-Emak Ikut Aksi Bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat

Aksi Damai didepan kedubes Amerika Serikat, dan di rumah Dubes Mesir, dari pagi hingga siang hari, diikuti sejumlah Kekuatan Masa dari berbagai Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nampak yang turut…

Mitra British Propolis Jumpa Keluarga Toyota Group di Jepang

Minggu, 19 Mei 2024 - 13:40 WIB

Penuh Kesan, Mitra British Propolis Jumpa Keluarga Toyota Group di Jepang

Motivator, penulis dan founder British Propolis Ipho Santosa mengungkap suasana haru dan penuh inspirasi saat mengajak mitra British Propolis bertemu keluarta pendiri Toyota di Jepang.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diadakan di Pendopo Agrowisata, Komplek Pabrik Sido Muncul, Kabupaten Semarang (15/5/2024).

Minggu, 19 Mei 2024 - 11:27 WIB

Tren Kinerja Positif, Sido Muncul (SIDO) Bagi Dividen Rp540 Miliar

PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan membagikan dividen final dengan total nilai Rp540 miliar.