RIDMA Mensyaratkan Kepala BNN Mendatang Jangan Sekadar Bintang Tiga

Oleh : Herry Barus | Jumat, 23 Februari 2018 - 10:52 WIB

Komjen Pol Budi Waseso Kepala BNN (Foto Matranews)
Komjen Pol Budi Waseso Kepala BNN (Foto Matranews)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Lembaga swadaya masyarakat RIDMA Foundation memberi masukan ke Presiden Jokowi mengenai “pensiun”nya, Budi Waseso, Kepala Badan Narkotika (BNN).

Jika mencari sosok yang baru. “Jangan sekedar orang yang berkarir, tapi tidak punya kepedulian mengenai masalah bahaya narkoba,” ujar S.S Budi Rahardjo, Ketua LSM Jaringan Informasi Dampak Miras dan Naza (RIDMA Foundation), Jumat (23/2/2018)

Budi alias Jojo memberi masukan secara detil kepada Presiden Jokowi secara langsung, mengenai darurat narkoba yang sudah berlangsung sejak jaman Presiden Soeharto.

“Jangan mengangkat Kepala BNN, jika dari Kepolisian atau Internal BNN, sekedar bintang tiga atau naik menjadi bintang tiga,” ujar Jojo yang mendengar, kandidat calon Kepala BNN yang sedang dipertimbangkan dari Presiden, justru dari institusi lain, seperti TNI atau Komisi Pemberantasan Korupsi.

Kritik dan masukan yang lain. “Jangan lagi, institusi semacam BNN salah mengangkat duta anti narkoba. Diangkat menjadi Duta Anti Narkoba, eh,malah kemudian tertangkap tangan sedang memakai narkoba,” ujarnya sembari memberi contoh artis yang ditangkap seperti Jenniffer Dunn, Fachi Albar, Dhawiya Zaida hingga Roro Fitri.

LSM RIDMA juga sempat mencatat, rehabilitasi yang menjadi program BNN, oleh “oknum” dimanfaatkan sebagai ajang cari uang saja. Apalagi, saat kemarin surat keterangan bebas narkoba, untuk Pilkada, menjadi “bernilai” dengan UUD, ujung-ujungnya duit. Sikap-sikap seperti ini, yang menurut Budi, harus juga dipahami oleh Kepala BNN yang baru.

Penganti Buwas, menurut RIDMA Foundation, harus punya ketegasan yang sama dengan Budi Waseso dalam pemberantasan narkoba.

Khususnya untuk bidang pencegahan dan bidang pemberdayaan masyarakat yang BNN punya harus instrospeksi, karena tidak melibatkan orang-orang yang punya integritas dan kualifikasi. “Lebih banyak seremonial dan tidak berdampak luas,” kritiknya terhadap kinerja BNN selama ini.

Pria yang sudah sejak Bakolak Inpres menjadi aktivis anti narkoba ini, mengkritisi badan BNN yang langsung di bawah Presiden sudah diisi orang-orang yang hanya sekedar berkarir aman.

“Sementara ini, ada oknum yang bermain, yang secara internal sudah terkontaminasi mafia narkoba, jadi kalau memang Kepala BNN yang baru. Bersihkan saja sekalian, oknum internal itu,” paparnya.

RIDMA mencatat, di bawah Budi Waseso pemberantasan bagus, namun untuk mekanisme pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, sangat tidak berdampak.

“Orang-orang BNN di dalamnya (internal-red), masuk dalam zona nyaman. Hanya berpikir karir, tanpa punya rasa untuk berbuat yang terbaik untuk bangsa,” jelas Jojo, yang juga Pemimpin Redaksi majalah MATRA serta CEO majalah eksekutif.

Untuk itu, RIDMA Foundation sudah memberi masukan ke Presiden, bahwa Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) juga harus bisa mereformasi internal BNN.

Perwira tinggi yang terbaik, profesional. Namun yang lebih penting,  komitmen dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN). “Harus punya integritas, serta telusuri rekam jejak hingga rekening uangnya,” tegasnya.

Mengenai sosok Buwas yang disebut-sebut akan diperpanjang melalui Kepres. “Presiden ketika dikonformasi hanya senyum,” ujar S.S Budi Rahardjo, Ketua LSM RIDMA.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…