Pasokan Rumah Tapak Didominasi Barat Jakarta

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 08 Februari 2018 - 15:00 WIB

Peresmian Citra Maja Raya oleh oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Sabtu, (18/11/2017). (Foto: INDUSTRY.co.id)
Peresmian Citra Maja Raya oleh oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Sabtu, (18/11/2017). (Foto: INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Konsultan properti internasional Jones Lang LaSalle (JLL) menyatakan pasokan rumah tapak yang dibangun di berbagai kawasan Jabodetabek, saat ini didominasi oleh proyek yang dibangun di sebelah barat Jakarta.

"Dari banyak peluncuran proyek baru klaster perumahan, yang paling besar ada di sebelah barat Jakarta," kata Head of Research JLL Indonesia James Taylor dalam paparan properti di Jakarta, Rabu (7/2/2018)

Beberapa kawasan di sebelah barat Jakarta yang banyak dibangun kawasan klaster perumahan antara lain di Serpong, Maja, Bumi Serpong Damai (BSD) serta Bintaro.

Berdasarkan data dari JLL, pada saat ini pasokan rumah tapak di wilayah sekitar DKI Jakarta, yang terbesar terdapat di Tangerang sebesar 52 persen, kemudian di Bekasi (31 persen), dan Bogor (15 persen).

Sedangkan pasokan untuk masa depan, atau proyek rumah tapak yang sedang dibangun pada saat ini, diperkirakan sekitar 70 persen terletak di Tangerang.

Ia memaparkan, sejumlah faktor dari rumah tapak yang menarik pembeli antara lain adalah harganya yang tidak melebihi atau di bawah Rp2 miliar.

Selain itu, lebih banyak warga yang meminati rumah tapak dibandingkan rumah susun karena jumlah ruang kamar tidurnya yang relatif lebih banyak, serta prestise dari proyek buatan pengembang yang lebih memiliki reputasi.

Faktor lainnya terkait klaster perumahan yang diminati adalah rumah tapak tersebut memiliki aksesibilitas atau kedekatan yang cukup baik dengan lokasi transportasi publik.

Kemudian, lanjutnya, faktor berikutnya adalah fasilitas yang bagus di dalam atau sekitar kawasan kluster tersebut, serta rumah itu memiliki kualitas bangunan yang baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Temu Industri 2

Selasa, 30 April 2024 - 14:02 WIB

Penuhi Kebutuhan Tenaga Kerja Kompeten, Unit Pendidikan Kemenperin Aktif Jalin Kemitraan Strategis dengan Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong unit pendidikan vokasi binaannya agar aktif menjalin kerja sama dengan berbagai mitra potensial khususnya sektor industri. Hingga saat…

Dari ki-ka: Direktur Teknologi Informasi BSI Saladin Dharmanugraha Effendi, Direktur Kepatuhan & SDM BSI Tribuana Tunggadewi, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Direktur Keuangan & Strategi BSI Ade Cahyo Nugroho, Direktur Penjualan & Distribusi BSI Anton Sukarna, dan Direktur Manajemen Risiko BSI Grandhis Helmi Harumansyah saat penyampaian kinerja triwulan I 2024

Selasa, 30 April 2024 - 13:57 WIB

BSI Cetak Laba Impresif Rp1,71 Triliun Hingga Maret 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mampu menjaga kinerja positif dan berhasil mencetak laba senilai Rp1,71 triliun pada kuartal I/2024, di tengah tantangan dan kondisi ekonomi global yang fluktuatif.…

Pasokan Listrik Aman Meski Terjadi Gempa di Garut, PGE Area Kamojang Siap Menjamin Kestabilan

Selasa, 30 April 2024 - 13:40 WIB

Pasokan Listrik Aman Meski Terjadi Gempa di Garut, PGE Area Kamojang Siap Menjamin Kestabilan

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) Area Kamojang memastikan kelangsungan pasokan listrik dari Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Kamojang tetap dalam kondisi aman meski terjadi…

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif

Selasa, 30 April 2024 - 13:29 WIB

Kemenperin: Industri Pengolahan Masih Ekspansif Ditengah Penurunan Iklim Usaha Global

Konflik yang masih terus berlangsung di Timur Tengah, yaitu antara Iran-Israel, Israel-Palestina, maupun yang tengah terjadi di Laut Merah, serta ketidakstabilan kondisi ekonomi global mendorong…

Pelatihan Bahasa Inggris EF Kids & Teen

Selasa, 30 April 2024 - 13:12 WIB

EF Kids & Teens Sukses Hadirkan Program dan Manfaat Pelatihan Bahasa Inggris di 6 Area Wisata Indonesia

EF Kids & Teens Indonesia telah berhasil merampungkan progam Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru tingkat SD dan SMP, yang memberikan 6 kali pelatihan offline dan 8 kali pelatihan online dengan…