Industri Pertambangan Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi Kaltara

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 Desember 2017 - 06:12 WIB

Ilustrasi situasi tambang bawah tanah (Foto Ist)
Ilustrasi situasi tambang bawah tanah (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id

Nunukan- Bank Indonesia menyatakan, sektor pertambangan penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Utara pada 2017 ini.

"Bahkan BI masih memprediksi pertumbuhan ekonomi daerah itu akan terus naik seiring dengan naiknya harga-harga hasil tambang sejak beberapa bulan terakhir," kata Hendik Sudaryanto, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltara akhir pekan lalu.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Kaltara yang semakin membaik dimana triwulan I 2017 hanya 3,75 persen menjadi 6 persen lebih pada triwulan IV 2017.

Selain kenaikan harga hasil tambang, pertumbuhan ekonomi Kaltara juga didorong oleh meningkatnya sektor perdagangan, hotel dan restoran.

Bahkan Hendik berpandangan, semua sektor masih dapat dikembangkan pasca meningkatnya harga CPO (kelapa sawit) dan hasil tambang seperti batubara, minyak dan gas.

Provinsi Kaltara yang termausk penghasil CPO dan batubara serta migas ini tentunya diuntungkan dengan kenaikan harga dunia saat ini dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun Hendik mengharapkan, pada masa yang akan datang semua sektor saling mendukung dan tidak saling mematikan. Untuk mengantisipasi terjadinya hal ini dibutuhkan perencanaan wilayah yang matang.

"Kalau sudah bagus jangan dikurangi atau dimatikan tapi malah harus dikembangkan lagi. Meskipun ada pengembangan sektor lain yang berbeda dengan pengembangan antar wilayah," harap dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Orang Utan

Senin, 23 Mei 2022 - 11:00 WIB

Program Konservasi Orangutan TPA Turunkan Potensi Konflik Antara Orangutan-Manusia Hingga 98,5%

Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia atau International Day for Biological Diversity diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Mei. Sebagai negara yang dikaruniai alam subur dan memiliki keanekaragaman…

Kementerian Kesehatan Arab Saudi bersama Binawan Merekrut 220 Perawat Indonesia

Senin, 23 Mei 2022 - 10:53 WIB

Kementerian Kesehatan Arab Saudi bersama Binawan Merekrut 220 Perawat Indonesia, Ini Syaratnya

Kementerian Kesehatan Arab Saudi membuka kembali kesempatan untuk perawat Indonesia untuk bisa bekerja di Arab Saudi. Tahun ini Binawan dipercaya kembali untuk menjadi mitra kerja MOH dalam…

Komunitas The Famous Club Laksanakan Senam Bersama

Senin, 23 Mei 2022 - 10:41 WIB

Komunitas The Famous Club Laksanakan Senam Bersama

Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu diadakan untuk menjaga kebugaran jasmani. Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran…

Tarak Mehta, Presiden ABB Motion

Senin, 23 Mei 2022 - 10:30 WIB

ABB Global Survei Ungkap Upaya Percepatan Efisiensi Energi Oleh Industri Global

Industri global menunjukkan intensifikasi percepatan investasi efisiensi energi di lima tahun ke depan dalam rangka mewujudkan target Nol Emisi, menurut sebuat survei terbaru, The Energy Efficiency…

Kota Tokyo, Jepang. (Foto Ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 10:15 WIB

Bulan Depan Jepang akan Menggandakan Batas Kedatangan Luar Negeri

Bulan depan Jepang akan menggandakan batas kedatangan luar negeri menjadi 20.000 per hari, kata juru bicara pemerintah pada Jumat (20/5/2022).