PLN Pasok Listrik Industri Smelter dan Sektor Properti Kalbar

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 31 Oktober 2017 - 13:47 WIB

Ilustrasi Smelter
Ilustrasi Smelter

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan pasokan listrik untuk industri pemurnian mineral atau smelter alumina dan pengembangan bisnis properti di kawasan Kalimantan Barat.

Bentuk kerja sama ini disalurkan melalui PLN Kalimantan Barat, yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Power Purchase Agreement (PPA) tentang jual beli tenaga listrik dengan total 170 MVA k kepada dua perusahaan PT. Dinamika Sejahtera Mandiri (smelter) dan PT. Kurnia Jaya Raya (pengembangan properti).

Penandatanganan dilakukan oleh General Manager PLN wilayah Kalimantan Barat Richard Safkaur, Direktur PT. Dinamika Sejahtera Peng Tjoan serta Komisaris Utama PT. Kurnia Jaya Raya Swadono Adijianto yang disaksikan oleh Direktur Bisnis regional Kalimantan PLN Machnizon di Jakarta, Senin (30/10/2017)

"Setelah beberapa proyek pembangkit di Kalbar berhasil Commercial Operation Date (COD), diharapkan akan diikuti dengan peningkatan penjualan terutama untuk pelanggan industri dan bisnis," kata Richard saat memberikan sambutan.

Richard juga menjelaskan beberapa tahun lalu memang kondisi listrik di Kalimantan Barat mengalami defisit listrik tapi mulai awal tahun 2016 PLN sudah berhasil surplus daya listrik di sistem Khatulistiwa.

Kondisi ini menjadi penting dalam peningkatan iklim investasi di Kalimantan Barat. Oleh sebab itu PLN siap untuk melayani pelanggan-pelanggan dengan kebutuhan listrik besar.

Industri pertambangan dan bisnis pengembangan properti di Kalimantan Barat merupakan sektor yang sangat diminati oleh para investor. PLN akan memasok listrik sebesar 150MVA untuk Smelter alumina PT.Dinamika Sejahtera Mandiri yang rencananya mulai dibangun pada 2018 selesai pada 2020.

Sedangkan untuk PT. Kurnia Jaya Raya yang bergerak dibidang pembangunan mall, perumahan serta apartement di Kubu Raya, PLN akan menyediakan pasokan listrik secara bertahan dengan total 20MVA mulai tahun 2018 hingga 2023.

Sementara itu, Machnizon dalam "closing statmentnya" menyampaikan bahwa PLN akan berusaha menjadi penjual listrik yang baik dengan akan segera membangun infrastruktur penunjang untuk para investor yang telah mempercayai PLN untuk menyediakan listrik. Serta siap untuk menyambut para investor besar lainnya.

"Listrik di Kalimantan Barat sudah cukup dan kami siap melayani para investor yang datang ke Kalimantan Barat. Jadi pengusaha tidak perlu membangun pembangkit lagi, serahkan saja kepada PLN. kami siap menjadi penjual listrik yang baik." ujar Machnizon, seperti dilansir Antara.

Saat ini untuk menjaga kestabilan listrik di Kalimantan Barat PLN berkerja sama dengan Malaysia (SESCO) mengimpor listrik dengan total hingga 200 MW. Sambil menunggu pembangkit baru selesai yang akan semakin memperkuat kondisi Sistem listrik di Khatulistiwa seperti PLTU Sintang 2x7 MW, PLTG MPP Kalbar 100 MW, PLTU 3 Kalbar 3 2x50 MW dan PLTU Kalbar 1 2x50 MW.

Dengan penambahan kapasitas ini maka Sistem Khatulistiwa akan mengalami surplus energi dengan reserve margin lebih dari 30 persen. Sehingga pada 2018 mendatang kondisi sistem Khatulistiwa akan semakin kuat guna mendukung perekonomian Kalimantan Barat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Waskita Realty Siapkan 25 Wastafel Portabel Cegah Virus Covid 19

Kamis, 02 April 2020 - 18:00 WIB

Waskita Realty Siapkan 25 Wastafel Portabel Cegah Virus Covid 19

PT Waskita Karya Realty (Waskita Realty), anak perusahaan dari PT Waskita Karya, (Persero) Tbk, yang tengah mengembangkan berbagai hunian yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, turut…

Lima Tips Kerja Efektif dan Produktif dari Rumah di Tengah Pandemi COVID-19

Kamis, 02 April 2020 - 17:30 WIB

LimaTips Kerja Efektif dan Produktif dari Rumah di Tengah Pandemi COVID-19

Belakangan ini istilah work from home (WFH) atau bekerja dari rumah menjadi kian populer sejalan dengan arahan dari pemerintah untuk melakukan physical distancing demi melandaikan kurva penyebaran…

William Henley

Kamis, 02 April 2020 - 17:00 WIB

Gejolak Harga Minyak

Pekan kedua Maret 2020 berlangsung dramatis. Di saat fokus dunia tertuju kepada Covid-19, tiba-tiba ada kabar mengejutkan lain dari sektor komoditas. Harga minyak dunia anjlok tajam di atas…

Capitaland Tunjuk Mr Kevin Goh Sebagai CEO Bisnis Penginapan

Kamis, 02 April 2020 - 16:30 WIB

Capitaland Tunjuk Mr Kevin Goh Sebagai CEO Bisnis Penginapan

Mr. Kevin Goh ditunjuk sebagai CEO Bisnis Penginapan CapitaLand mulai hari ini, 1 April 2020 untuk mengawasi bisnis penginapan Grup CapitaLand. Penginapan adalah salahsatu dari tiga pilar bisnis…

Enam Langkah TIKI Cegah Penularan Covid-19

Kamis, 02 April 2020 - 16:30 WIB

Enam Langkah TIKI Cegah Penularan Covid-19

TIKI, perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, akan terus beroperasi melayani kebutuhan pengiriman korporasi maupun perorangan mengingat perannya yang semakin krusial di tengah kebijakan…