Perubahan Perilaku Pengaruhi Penurunan Daya Beli

Oleh : Ridwan | Rabu, 20 September 2017 - 13:06 WIB

Matahari Departement Store (Ist)
Matahari Departement Store (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penjualan pakaian pada lebaran 2017 menurun sebesar 15 persen. Berbagai tempat belanja digambarka kosong dan sepi pengunjung.

Ekonom Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Faisal Basri mengatakan, saat ini daya beli nasional justru tidak menurun, penurunan omzet dan laba beberapa outlet modern tidak bisa dijadikan acuan penurunan daya beli nasional.

"Daya beli menurun justru penyebabnya adalah perubahan perilaku. Kala dulu uang diguakan untuk beli baju, sekarang uang digunakan beli alat telekomunikasi (Handphone) dengan kamera bagus untuk selfie di tempat berwisata yang bagus pula," ujar Faisal dalam Forum Diskusi Ekonomi Politik (FDEP) di Jakarta, Rabu (20/9/2019).

Selain Faisal Basri, diskusi bertajuk "Ekonomi dan Investasi Indonesia: Kreativitas di Tengah Perubahan" juga menghadirkan CEO BNP Paribas Investment Partner, Vivian Secakusuma dan aktor Baim Wong yang mewakili kaum milenial.

Dalam diskusi tersebut, Faisal meyebut tren masyarakat saat ini adalah mengurangi sektor konsumsi untuk berinvestasi.

Senada dega Faisal Basri, CEO BNP Paribas Investmet Partner, Vivia Secakusuma menyampaikan, tren ivestasi di Idonesia saat ini justru meingkat pesat, contohnya reksadana. "Saat ini bukan hanya masyarakat kelas atas saja, tetapi masyarakat menengah, yang muda-muda justru sudah banyak yag berinvestasi di reksadana, mereka saat ini sudah lebih sadar pentingnya investasi," ucap Vivian.

Lebih lanjut, Vivian menjelaskan, investasi merupakan hal yang tepat dilakukan oleh masyarakat Indonesia. "Hanya saja, dalam berinvestasi perlu tahu tujuannya apa, profil investasiya seperti apa, dan jangka waktu investasinya," tegasnya.

Semetara itu, aktor Baim Wong membenarkan tre saat ini. "Di bidang kuliner, saya bisnis bakmi, justru pagsa pasar ke atas kurang menarik. Justru ketika berbisis di menegah bawah dan meitik tekan pada volume justru berkembangnya pesat sekali," kata Baim.

"Saat ini marketing saya juga bergerak ke arah online, dengan memanfaatkan chanel digita," tutup Baim.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Korps Marinir TNI AL Merayakan Hari Paskah 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 05:01 WIB

Korps Marinir TNI AL Merayakan Hari Paskah 2024

Dalam Perayaan Hari Paskah Tahun 2024 Korps Marinir ditunjuk sebagai panitia penyelenggara mengelar ibadah bersama prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut yang beragama Nasrani dari beberapa Komando…

Kasum TNI Hadiri Rapat Koordinasi Penyelesaian Masalah Lahan TNI AL

Jumat, 03 Mei 2024 - 04:53 WIB

Kasum TNI Hadiri Rapat Koordinasi Penyelesaian Masalah Lahan TNI AL

Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan mewakili Panglima TNI menghadiri Rapat Koordinasi Tentang Penyelesaian Masalah Lahan antara Masyarakat Dengan TNI AL di Kota Tarakan Kalimantan Utara yang…

Danpuspom TNI Buka Rakornis Pom TNI - Propam Polri Tahun 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 04:45 WIB

Danpuspom TNI Buka Rakornis Pom TNI - Propam Polri Tahun 2024

Danpuspom TNI Mayor Jenderal TNI Yusri Nuryanto membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pom TNI dan Propam Polri Tahun 2024, bertempat di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta…

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.