Jababeka-Jepang Sepakat Kembangkan Lahan 3,7 Hektare di Cikarang

Oleh : Ridwan | Senin, 04 September 2017 - 10:41 WIB

Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)
Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT. Grahabuana Cikarang, anak perusahaan PT Jababeka Tbk. yang mengelola kawasan residensial menengah atas resmi meneken kerja sama untuk pengembangan lahan hunian dan komersial seluas 3,7 hektare dengan Creed Group asal Jepang.

Penandatangan nokta kesepahaman (MoU) dilakukan Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang, Suteja Sidarta Darmono dan Founder dan Managing Director dari Creed Group, Toshihiko Muneyoshi

Dalam kerjasama tersebut keduanya sepakat membentuk perusahaan patungan untuk memgembangkan apartemen kelas atas berkonsep golf.

"Kerja sama ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kinerja kedua belah pihak. Apalagi kedua pihak memiliki kompetensi di bidang masing-masing yang dapat memberikan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen," ungkap Suteja akhir pekan lalu di Jakarta.

Ia menambahkan, kerjasama dan sinergi Jababeka dengan Creed Group akanmeliputi pengembangan desain eksterior dan interior, quality control pembangunan dan building management. "Sehingga diharapkan perusahaan mitra dapat membawa nilai-nilai budaya Jepang yang selalu mengedepankan kualitas untuk memenuhi kebutuhan konsumen di kawasan Jababeka," terangnya.

Lebih lanjut, Sutedja mengungkapkan, kerjasama dalam proyek apartemen golf ini menjadi langkah awal bagi kedua perusahaan dalam mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan di masa depan.

“Visi Jababeka adalah mengembangkan 100 kota mandiri seperti layaknya yang telah Jababeka berhasil raih di Cikarang. Kami bangga dapat menjadi mitra pertama dari Indonesia yang bekerjasama dengan Creed Group untuk mengembangkan lebih jauh kota mandiri Jababeka, sebab Creed Group memiliki portofolio properti yang impresif terutama di Negara Asia Tenggara selain Jepang seperti, Vietnam, Kamboja, Bangladesh, Myanmar dan Laos," ujar Sutedja.

Hampir tiga dekade, Kawasan Industri Jababeka telah berkembang menjadi sebuah kota mandiri yang dilengkapi fasilitas pemenuhan kebutuhan primer dan gaya hidup serta ramah lingkungan. Saat ini, kawasan Cikarang, termasuk Jababeka, akan menuai dampak positif dari perencanaan makro infrastruktur pemerintah.

Sebagai contoh, pembukaan akses tol baru di Cikarang yang akan terkoneksi langsung ke Kawasan Industri Jababeka, pembangunan stasiun KRL Commuter LineCikarang, rencana jalur Mass Rapid Transit (MRT) dari Balaraja (Tangerang) hingga Cikarang (Bekasi), rencana perpanjangan jalur LRT sampai ke Cikarang dan pembangunan jalan tol layang (elevated toll road).

Dampak positif dari perencanaan infrastruktur pemerintah itu diharapkan dapat mendongkrak nilai dan fasilitas properti di kawasan tersebut.  Atas dasar tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk membangun kemitraan dan sinergi usaha dengan prinsip saling menguntungkan dalam pengembangan dan peningkatan kegiatan usaha kedua belah pihak.

Disisi lain, Founder dan Managing Director dari Creed Group, Toshihiko Muneyoshi mengungkapkan, saat ini Creed Group berfokus untuk mengembangkan bisnis di Asia Tenggara dan Bangladesh.

"Strategi kami adalah menjalin kemitraan bersama pengembang lokal terbaik di kawasan dan menggabungkannya dengan keahlian Creed Group di Jepang," ujar Toshihiko.

Seperti diketahui, Creed Group merupakan perusahaan investasi di bidang real estate dengan pengalaman berlimpah pada pasar real estate yang sudah mapan di Jepang. Portofolio Creed Group mencakup pembiayaan real estate, pengembangan properti, pengelolaan properti dan pengelolaan aset.

Creed Group telah berinvestasi di pasar real estate yang sedang berkembang di Malaysia, Vietnam, Kamboja, Myanmar dan Bangladesh sejak 2012, dengan nilai investasi mencapai 340 juta dolar pada akhir 2015.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pendampingan Teknologi Bagi IKM Alas Kaki

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:18 WIB

Kemenperin Pacu Pengembangan IKM Alas Kaki Lewat Pendampingan Teknologi

Industri alas kaki nasional, khususnya skala kecil dan menengah, semakin tumbuh dan berkembang. Ini terlihat dari bermunculannya berbagai jenama (brand) lokal yang memiliki kualitas dan desain…

Ilustrasi pembiayaan BNI ke PLTB Sidrap

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:18 WIB

BNI Danai Akuisisi PLTB Sidrap oleh Barito Group

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menunjukkan komitmennya dalam mendukung transisi energi hijau dengan mendanai akuisisi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap berkapasitas…

Dok MSIG Life Insurance

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:56 WIB

Masuki Usia ke-39, MSIG Life Perkuat Komitmen Sebagai Mitra Kepercayaan Nasabah Lewat Budaya Kerja Baru

PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life) atau yang sebelumnya dikenal dengan Sinarmas MSIG Life, saat ini menapaki usia ke-39 dan merayakan tahun pertamanya sebagai MSIG Life.

Bertemu KSAD, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:43 WIB

Bertemu KSAD, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendorong Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk senantiasa meremajakan dan memodernisasi alat utama sistem senjata (Alutsista)…

Pakar komunikasi digital dan pengamat media sosial, Anthony Leong

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:14 WIB

PEDAS: Tidak Ada Parpol Pengusung Tunggal Cagub Jakarta

Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS), Anthony Leong mengatakan bahwa tidak ada partai politik yang mengusung sendiri Calon Gubernur (Cagub) Jakarta 2024. Anthony yang juga Wakil…