Menteri ESDM Harapkan Keberadaan ICDX Jadikan Indonesia Acuan Harga Timah Dunia

Oleh : Hariyanto | Senin, 28 Agustus 2017 - 14:53 WIB

Menteri ESDM, Ignasius Jonan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Menteri ESDM, Ignasius Jonan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY co.id -Nusadua - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mewakili Presiden Joko Widodo membuka Indonesia Tin Conference and Exhibition (ITCE) 2017 di Nusadua, Bali, Senin (28/8/2017).

Dalam kesempatan tersebut Jonan mengatakan, Indonesia harus bisa menentukan harga timah dunia. lantaran, Indonesia adalah produsen timah terbesar kedua di dunia.

"Pemerintah concern terhadap perdagangan timah sebagai sumber daya alam berada di Indonesia, dapat mencapai harga yang fair, tidak semata-mata dikendalikan oleh perdagangan dunia," kata Jonan di Nusa Dua.

Indonesia merupakan negara penyumbang ekspor timah terbesar kedua, setelah China, yakni 70%. "Jadi kita ingin, memperoleh harga yang fair, terlebih kita telah memiliki bursa timah," kata Jonan.

Jonan menuturkan, keberadaan Bursa Komoditi dan Derifatif (BKDI) atau Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX), diharapkan bisa menjadi acuan harga timah dunia. Dan, mengurangi perdagangan serta transaksi timah secara ilegal.

"Keberadaan bursa ini, semaksimal mungkin dapat menekan kegiatan perdagangan dan transaksi timah secara ilegal. Kegiatan ilegal itu dapat mempengaruhi harga komoditi timah dan mengakibatkan dampak negatif bagi lingkungan di lokasi penambangan. Karena yang ilegal itu, setelah penambangan ditinggalkan begitu saja, sehingga lingkungan menjadi rusak," ujar Jonan.

Konferensi dan Pameran Timah Internasional 2017 berlangsung 28-29 Juli 2017 dengan tema Tin Beyond Boundaries Integrating the Tin Industry for Sustainable Economic Growth dan diikuti oleh 13 negara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pusdiklat SMSI di cilegon Banten

Sabtu, 04 April 2020 - 01:15 WIB

Bantu perangi Covid 19, SMSI Sulap Pusdiklatnya di Cilegon Menjadi Tempat Istirahat Tenaga Medis

Dalam rangka memerangi covid 19, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat, siap mendukung program Pemerintah Pusat dalam penanganan covid 19. Hal ini disampaikan Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus…

Dr Lukmanul Hakim

Sabtu, 04 April 2020 - 00:02 WIB

IHSG Ditutup naik 0,02 persen, Anak Buah Wapres: Kepercayaan Pasar Mulai Tumbuh Kembali Karena Kebijakan Penanganan Covid-19

Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi & Keuangan, Dr. Lukmanul Hakim mengatakan di tengah pandemi virus corona (covid-19) yang sedang fokus diatasi pemerintah, kabar baik muncul dari…

Gerakan Indonesia Pasti Bisa

Jumat, 03 April 2020 - 21:33 WIB

Inisiatif Mekari Melalui Indonesia Pasti Bisa Tanggulangi Penyebaran Covid-19

Mekari sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) di Indonesia, berusaha untuk memberikan kontribusi aktif dalam merespon keadaan ini dengan penerapan work from home (WFH) bagi seluruh…

Serivis Gratis Vespa Piaggio

Jumat, 03 April 2020 - 20:40 WIB

Catat, PT Piaggio Indonesia Hadirkan Layanan Pick-Up Servis Vespa Gratis Hingga 15 April 2020

Untuk menjaga kenyamanan dan ketenangan konsumen, PT Piaggio Indonesia berkomitmen untuk tetap menjaga kenyamanan dan keamanan konsumen dengan memastikan sanitasi fasilitas operasional, memastikan…

Ronsianus B Daur, SE., BKP., M. Ak _Praktisi Perpajakan - tinggal di Jakarta

Jumat, 03 April 2020 - 19:58 WIB

Kelegaan Dunia Pajak dalam Ketidakpastian

Bak tamu yang tak diundang, Corona Viruses Disease (Covid-19) menyergap dunia sejak penghujung tahun 2019 lalu. Awalnya di Provinsi Huabei China, lalu menyebar luas ke seantero dunia.