Exxonmobil Indonesia: Blok Cepu Berpotensi Sumbang Pemasukan Negara US$44 Miliar

Oleh : Hariyanto | Senin, 21 Agustus 2017 - 11:16 WIB

Exxonmobil (ist)
Exxonmobil (ist)

INDUSTRY.co.id , Cepu - Perusahaan minyak dan gas (migas) asal Amerika Serikat (AS), Exxonmobil Indonesia menyatakan, blok Cepu Bojonegoro, Jawa Timur berpotensi memberikan pemasukan bagi negara sebesar US$ 44 miliar hingga kontrak berakhir pada 2035 mendatang.

"Ini dengan asumsi harga minyak US$ 50 per barel," kata Vice President Public and Government Affairs Exxonmobil Indonesia Erwin Maryoto dalam temu media di Cepu, Sabtu (19/8/2017).

Menurut Erwin, produksi minyak lapangan Banyu Urip sudah meningkat di atas 200.000 barel per hari (bph). Angka ini setara dengan 25% dari produksi minyak nasional. Melihat potensinya yang masih bisa ditingkatkan, maka produksi lapangan ini ditargetkan rata-rata 201.600 barel per hari.

Erwin mengungkapkan, lapangan Banyu Urip memiliki cadangan 729 juta barel atau naik 60% dari proyeksi sebelumnya. Lapangan ini juga memiliki 15 sumur injeksi dan 30 sumur pemboran.

Selain minyak, lapangan Banyu Urip juga menghasilkan gas untuk generator di fasilitas unit pengolahan utama (Central Processing Facility/CPF). Selain itu, lapangan ini memiliki gedung perkantoran terintegrasi dan waduk berkapasitas 2,5 juta meter kubik. "Gas untuk konsumsi sendiri seperti pemakaian generator," jelasnya.

Adapun biaya produksi pengolahan minyak (cost production) di lapangan Banyu Urip blok Cepu, terbilang sangat rendah yakni US$ 2,4 per barel. Jika menghitung biaya depresiasi mencapai US$ 9 per barel masih jauh lebih murah dari rata-rata biaya produksi minyak nasional sekitar US$ 18 barel per hari.

"Biaya mengangkat minyak di lapangan Banyu Urip sekitar US$ 2,4 per barel. Kalau dimasukkan depresiasi hanya US$ 9 per barel, masih di bawah US$ 10 per barel. Ini sangat efisien," kata

Rendahnya biaya produksi di lapangan Banyu Urip tak lepas dari primary data dimana lapangan ini tergolong baru sehingga untuk menghasilkan minyak tidak sesulit lapangan-lapangan tua. Selain itu, didukung teknologi serta kondisi sumur yang berdekatan dalam satu lapangan, sehingga menekan biaya produksi.

Erwin mengatakan, lapangan Banyu Urip bok Cepu hanya memiliki 500 karyawan dimana 99,4% adalah pegawai lokal, dan sebagian kecil saja ekspaktriat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.