Bendung Impor Keramik Asal China, Kemenperin 'Godok' Kebijakan Antidumping

Oleh : Ridwan | Rabu, 18 Oktober 2023 - 07:00 WIB

Ilustrasi keramik impor
Ilustrasi keramik impor

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Meningkatnya angka impor produk keramik asal China membuat industri dalam negeri kalang kabut. Hal ini terlihat dari utilisasi produksi industri keramik nasional yang terus merosot.

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bergerak cepat menyelamatkan industri keramik dalam negeri dari serbuan produk impor dari China.

Adapun, salah satu upayanya dengan menetapkan kebijakan antidumping terhadap produk keramik asal negeri tirai bambu tersebut.

Sebelumnua, pemerintah telah memberlakukan safeguard melalui bea masuk tindakan pengamanan (BMTP) pada produk keramik yang diberlakukan sejak tahun 2018 lalu melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.119/2018 tentang Pengenaan BMTP terhadap impor produk ubin keramik yang berlaku hingga Oktober 2024.

Akan tetapi, besaran safeguard dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Pada 2023, tarif BMTP yang diberlakukan sebesar 13% atau turun dari tarif tahun 2022 sebesar 15%, sedangkan impor keramik masih terus banjir di dalam negeri. 

Direktur Industri Semen, Keramik, dan Pengolahan Bahan Galian Nonlogam Direktorat Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT), Wiwik Pudjiastuti mengatakan, kebijakan pengamanan atau safeguard melalui bea masuk tindakan pengamanan (BMTP) produk keramik dinilai belum cukup menahan derasnya impor keramik dari China.

"Yang kemarin sudah jalan kan safeguard. Kita siapkan juga rencananya ke depan sedang disiapkan juga antidumping, ini sedang kita persiapkan juga instrumen-instrumen yang lain seperti pelabuhan impor terbatas dan lainnya," kata Wiwik di Kantor Kemenperin, Selasa (17/10). 

Wiwik menerangkan, pemberlakuan safeguard dan antidumping merupakan langkah larangan terbatas (lartas) impor yang menjadi instrumen penanganan banjir impor saat ini. 

"Ini sedang kita persiapkan juga instrumen-instrumen yang lain terkait seperti pelabuhan impor terbatas karena terkait dengan Kementerian/Lembaga lain, tentu kita sedang fasilitasi untuk itu," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto meminta pemerintah untuk mempercepat proses antidumping untuk produk China dan diharapkan bisa diimplementasikan paling lambat di akhir tahun 2023.

"Selain berkaitan dengan 'timming' juga dibutuhkan besaran tarif antidumping yang tepat yakni minimal 100% seperti yang dilakukan oleh beberapa negara seperti Amerika Serikat (AS) dan Mexico," kata Edy Suyanto kepada INDUSTRY.co.id, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, negara-negara maju seperti Uni Eropa (UE) dan negara-negara Timur Tengah juga menerapkan kebijakan antidumping dengan besaran rata-rata diatas 79%.

"Bahkan AS menetapkan tarif antidumping mulai 220 - 400% dan Mexico diatas 100%," terangnya.

Berdasarkan catatan Asaki nilai impor keramik sepanjang tahun 2017 - 2022 lebih dari tiga kali lipat nilai ekspornya.

Sepanjang tahun 2022, nilai impor produk keramik mencapai US$ 332 juta sedangkan angka ekspornya hanya mencapai US$ 53,4 juta.

Sepanjang periode Januari - Mei 2023, nilai impor tercatat US$ 104,4 juta, sementara ekspor mencapai US$ 17,3 juta. Imbasnya selama Januari 2017 hingga Mei 2023, defisit neraca perdagangan produk keramik mencapai US$ 1,51 miliar.

"Gempuran produk keramik impor asal China mempengaruhi kinerja industri dalam negeri. Bagai pepatah 'Sudah Jatuh Tertimpa Tangga'," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri Pusat

Kamis, 09 Mei 2024 - 18:40 WIB

Prospek Kinerja Kian Membaik, Fitch Kerek Rating Bank Mandiri Jadi BBB

Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings baru saja mengafirmasi peringkat Internasional Jangka Panjang dan Jangka Pendek (International Long-Term Foreign & Local Currency Rating) untuk…

Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition

Kamis, 09 Mei 2024 - 17:15 WIB

Mitsubishi Pajero Sport Elite & Xpander Cross Elite Resmi Dijual Terbatas di RI, Segini Harganya...

Mitsubishi Motors akhirnya meluncurkan Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition dan Xpander Cross Elite Limited Edition di pasar otomotif Indonesia.

Kelapa Sawit (agroindonesia)

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:53 WIB

Tak Main-main, Polda Kalteng Bakal Tidak Tegas Pencurian TBS Kelapa Sawit

Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah mulai merespon banyaknya aduan masyarakat terkait kasus pencurian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang marak terjadi di wilayah hukum Polda Kalteng.

PT Food Station Tjipinang Jaya Terima Kunjungan Kerja PT Kaltim Melati Bakti Satya

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:38 WIB

Sukses Jaga Ketahanan Pangan! Food Station Tjipinang Jaya Terima Kunjungan Kerja PT Kaltim Melati Bakti Satya

Jakarta - PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) menerima kunjungan kerja BUMD PT Kaltim Melati Bakti Satya (Perseroda) bersama Tim TPID jajaran pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Kunjungan…

Industri percetakan dan pengemasan (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 09 Mei 2024 - 15:25 WIB

GPPE Jakarta 2024 Resmi Digelar, Pamerkan Teknologi 'Pintar' Industri Percetakan dan Pengemasan

PT Pelita Promo Internusa bekerjasama dengan Asosiasi Teknik Grafika dan Media Indonesia (ATGMI) kembali menggelar pameran Global Printing & Packaging Expo (GPPE) 2024.