Integrasi Strategi Omni-channel dalam Pemasaran Modern: Strategi yang Berpusat pada Kepuasan Pelanggan

Oleh : Lukas Sangka Pamungkas | Senin, 18 September 2023 - 16:24 WIB

Lukas Sangka Pamungkas, Universitas Presiden
Lukas Sangka Pamungkas, Universitas Presiden

INDUSTRY.co.id - Omnichannel adalah suatu bentuk kerja sama terpadu antara berbagai wadah yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk berinteraksi dengan konsumen. Dalam lingkup pemasaran yang terus berkembang, perusahaan di seluruh dunia berusaha untuk menjembatani kesenjangan antara penjualan online dan offline, pendekatan omni-channel muncul sebagai langkah kritis dalam memastikan pengalaman positif pelanggan untuk berbelanja dengan lancar, konsisten dan koheren.

Revolusi digital tidak hanya mengubah cara bisnis beroperasi, tetapi secara signifikan mengubah perilaku dan harapan konsumen. Saat ini, pelanggan mengharapkan pengalaman yang ringkas dan terpadu bahkan dapat dipersonalisasi.

Dengan menggunakan strategi omni-channel, Perusahaan dapat membangun ekosistem pemasaran di mana saluran online dan offline tidak hanya hidup berdampingan, tetapi saling melengkapi dan memperkuat satu sama lain. Strategi pemasaran modern ini berfokus untuk menciptakan pengalaman belanja konsumen yang lancar, baik dalam berbelanja di toko fisik, di situs e-commerce, atau melalui aplikasi seluler terkait.

Salah satu fitur yang menarik di ranah ini adalah layanan "Klik dan Kumpulkan", strategi ritel yang menggabungkan kenyamanan belanja online dengan kecepatan secepat pembelian offline. Melalui ini, konsumen dapat menjelajah dan membeli barang secara online dan dapat memilih untuk mengambilnya di toko fisik terdekat sesuai keinginan mereka, sehingga hal tersebut menawarkan pengalaman belanja yang fleksibel dan efisien.

Lebih lanjut, integrasi Kecerdasan Buatan dan analisis Big Data ke dalam strategi omni-channel telah memberdayakan bisnis untuk menawarkan rekomendasi produk sesuai personalisasi di berbagai platform. Tidak hanya meningkatkan pengalaman belanja pelanggan, tetapi juga membantu dalam menumbuhkan loyalitas dan membina hubungan jangka panjang.

Namun, perjalanan menuju pencapaian strategi omni-channel yang sepenuhnya terintegrasi tidak terlepas dari tantangan. Perusahaan harus mengintegrasikan berbagai sumber data, mengelola inventaris di beberapa saluran, dan melatih karyawan untuk menyediakan layanan yang unggul dan konsisten terlepas dari platform yang digunakan.

Meskipun ada tantangan, adopsi strategi omni-channel dalam pemasaran modern menjanjikan revolusi dalam keterlibatan pelanggan dan menetapkan patokan baru untuk kepuasan pelanggan. Seiring bisnis beradaptasi dengan perubahan ini, satu hal yang pasti: masa depan pemasaran berada dalam konvergensi dari dunia online dan offline, di mana pelanggan dihadapkan dengan kenyamanan dan layanan yang dipersonalisasi dan belum pernah ada sebelumnya.

Seiring industri bergerak maju, bisnis yang berhasil menerapkan dan beradaptasi dengan strategi omni-channel berpotensi untuk memperoleh keunggulan kompetitif yang signifikan, menandai langkah besar menuju masa depan di mana perbedaan antara online dan offline menjadi semakin kabur, hingga dapat memberikan pengalaman pelanggan yang holistik dan terpadu.

Kesimpulannya, integrasi strategi omni-channel dalam pemasaran modern, bukan hanya tren tetapi evolusi yang diperlukan, menetapkan jalur yang banyak bisnis ingin tempuh, untuk masa depan di mana pemasaran lebih interaktif, inklusif, dan berpusat pada pelanggan. Saat kita menjembatani kesenjangan online dan offline, kita memasuki era baru pemasaran yang menjanjikan peluang dan pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Oleh: Lukas Sangka Pamungkas, Universitas Presiden

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenperin Dorong Industri Jasa

Sabtu, 27 Juli 2024 - 17:00 WIB

Kerek Daya Saing Manufaktur, Kemenperin Optimalkan Layanan Jasa Industri

Kementerian Perindustrian semakin gencar untuk meningkatkan daya saing sektor manufaktur nasional dengan memberikan berbagai layanan jasa industri melalui sejumlah unit kerja di bawah binaan…

Kemenperin Edukasi Pelaku Industri Furnitur

Sabtu, 27 Juli 2024 - 16:54 WIB

Kemenperin Pacu Industri Furnitur Angkat Potensi Wisata Daerah

Kementerian Perindustrian terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru (WUB), termasuk di sektor industri kecil dan menengah (IKM). Sebab, pelaku usaha IKM memiliki peran penting dalam menopang…

Didimax raih sertifikat ISO/IEC 27001

Sabtu, 27 Juli 2024 - 15:40 WIB

Hadirkan Layanan Berkualitas, Didimax Raih Sertifikasi ISO Internasional

Komitmen Didimax Menjadi Platform Investasi Trading yang Aman membawanya untuk mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001.

Planet Print

Sabtu, 27 Juli 2024 - 14:01 WIB

Rainbow Cemerlang Mandiri Beri Edukasi Masyarakat Jadi Pelaku Usaha Printing dan Ciptakan Lapangan Kerja

Dengan makin meningkatnya industri textile dan baju kaos di indonesia tahun ke tahun, PLANET PRINT sebagai anak Perusahaan dari PT Rainbow Cemerlang Mandiri memberikan EDUKASI untuk masyarakat…

BRI insurance saat menerima penghargaan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 12:56 WIB

BRI Insurance Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus

BRI Insurance (BRINS) kembali berhasil menorehkan prestasinya dengan memboyong tiga penghargaan di acara 25th Insurance Award tahun 2024, dengan kategori sebagai The Excellent Performance General…