Integrasi Strategi Omni-channel dalam Pemasaran Modern: Strategi yang Berpusat pada Kepuasan Pelanggan

Oleh : Lukas Sangka Pamungkas | Senin, 18 September 2023 - 16:24 WIB

Lukas Sangka Pamungkas, Universitas Presiden
Lukas Sangka Pamungkas, Universitas Presiden

INDUSTRY.co.id - Omnichannel adalah suatu bentuk kerja sama terpadu antara berbagai wadah yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk berinteraksi dengan konsumen. Dalam lingkup pemasaran yang terus berkembang, perusahaan di seluruh dunia berusaha untuk menjembatani kesenjangan antara penjualan online dan offline, pendekatan omni-channel muncul sebagai langkah kritis dalam memastikan pengalaman positif pelanggan untuk berbelanja dengan lancar, konsisten dan koheren.

Revolusi digital tidak hanya mengubah cara bisnis beroperasi, tetapi secara signifikan mengubah perilaku dan harapan konsumen. Saat ini, pelanggan mengharapkan pengalaman yang ringkas dan terpadu bahkan dapat dipersonalisasi.

Dengan menggunakan strategi omni-channel, Perusahaan dapat membangun ekosistem pemasaran di mana saluran online dan offline tidak hanya hidup berdampingan, tetapi saling melengkapi dan memperkuat satu sama lain. Strategi pemasaran modern ini berfokus untuk menciptakan pengalaman belanja konsumen yang lancar, baik dalam berbelanja di toko fisik, di situs e-commerce, atau melalui aplikasi seluler terkait.

Salah satu fitur yang menarik di ranah ini adalah layanan "Klik dan Kumpulkan", strategi ritel yang menggabungkan kenyamanan belanja online dengan kecepatan secepat pembelian offline. Melalui ini, konsumen dapat menjelajah dan membeli barang secara online dan dapat memilih untuk mengambilnya di toko fisik terdekat sesuai keinginan mereka, sehingga hal tersebut menawarkan pengalaman belanja yang fleksibel dan efisien.

Lebih lanjut, integrasi Kecerdasan Buatan dan analisis Big Data ke dalam strategi omni-channel telah memberdayakan bisnis untuk menawarkan rekomendasi produk sesuai personalisasi di berbagai platform. Tidak hanya meningkatkan pengalaman belanja pelanggan, tetapi juga membantu dalam menumbuhkan loyalitas dan membina hubungan jangka panjang.

Namun, perjalanan menuju pencapaian strategi omni-channel yang sepenuhnya terintegrasi tidak terlepas dari tantangan. Perusahaan harus mengintegrasikan berbagai sumber data, mengelola inventaris di beberapa saluran, dan melatih karyawan untuk menyediakan layanan yang unggul dan konsisten terlepas dari platform yang digunakan.

Meskipun ada tantangan, adopsi strategi omni-channel dalam pemasaran modern menjanjikan revolusi dalam keterlibatan pelanggan dan menetapkan patokan baru untuk kepuasan pelanggan. Seiring bisnis beradaptasi dengan perubahan ini, satu hal yang pasti: masa depan pemasaran berada dalam konvergensi dari dunia online dan offline, di mana pelanggan dihadapkan dengan kenyamanan dan layanan yang dipersonalisasi dan belum pernah ada sebelumnya.

Seiring industri bergerak maju, bisnis yang berhasil menerapkan dan beradaptasi dengan strategi omni-channel berpotensi untuk memperoleh keunggulan kompetitif yang signifikan, menandai langkah besar menuju masa depan di mana perbedaan antara online dan offline menjadi semakin kabur, hingga dapat memberikan pengalaman pelanggan yang holistik dan terpadu.

Kesimpulannya, integrasi strategi omni-channel dalam pemasaran modern, bukan hanya tren tetapi evolusi yang diperlukan, menetapkan jalur yang banyak bisnis ingin tempuh, untuk masa depan di mana pemasaran lebih interaktif, inklusif, dan berpusat pada pelanggan. Saat kita menjembatani kesenjangan online dan offline, kita memasuki era baru pemasaran yang menjanjikan peluang dan pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Oleh: Lukas Sangka Pamungkas, Universitas Presiden

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penampilan memukau Ruth Sahanaya di konser “40 Tahun Simfoni Dari Hati”.

Minggu, 23 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kemegahan Penampilan Ruth Sahanaya Setelah 15 Tahun

Ruth Sahanaya membuktikan janjinya akan membuat penonton konsernya puas dengan sajian 33 lagu yang dikemas dengan apik oleh Tohpati Orkestra.

(Ki-ka). Peresmian dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna, Ketua Lembaga Wakaf MES Nurul Huda, SVP Islamic Ecosystem Solution BSI Syukron Habiby dan Badan Pengurus Harian MES Siti Marifah

Minggu, 23 Juni 2024 - 17:49 WIB

BSI & MES Luncurkan Deposito Wakaf untuk Jaminan Sosial Pekerja Informal

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) berkolaborasi meluncurkan program cash wakaf linked deposito dengan nomor seri CWLD LW-MES.BSI.03.Pekerja Informal pada…

Kelompok Tani Dahlia 07 Cempaka Putih Jakarta pusat

Minggu, 23 Juni 2024 - 17:41 WIB

Didukung BRINita, Kelompok Tani Ini Sulap Lahan Terbengkalai Jadi Produktif

Warga yang tinggal di sekitar area RW 07 Cempaka Putih Barat, Jakarta, merasakan perubahan positif di lingkungan tempat tinggal mereka. Jika dulunya sebidang lahan terbengkalai yang tampak tidak…

BTN JAKARTA INTERNATIONAL MARATHON 2024 SUKSES DIGELAR

Minggu, 23 Juni 2024 - 16:12 WIB

BTN Jakarta International Marathon 2024 Sukses Digelar

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) sukses menggelar ajang BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu,…

Pekerja di industri keramik (foto Bisnis.com)

Minggu, 23 Juni 2024 - 14:35 WIB

Asaki Desak Bea Masuk Diatas 100% untuk Produk Keramik Impor

Asaki mendesak KADI untuk segera mengeluarkan hasil akhir penyidikan Antidumping terhadap produk keramik Tiongkok dalam bulan Juni ini dengan besaran di atas 100%.