Dukung Pertumbuhan Energi Baru Terbarukan, Xurya Pasang PLTS Di Pabrik Bumimulia Gresik Dan Merak

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 30 Mei 2023 - 23:34 WIB

 PLTS Atap Xurya di Pabrik Bumimulia yang Berlokasi di Merak.
PLTS Atap Xurya di Pabrik Bumimulia yang Berlokasi di Merak.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Xurya mendukung PT Bumimulia Indah Lestari dalam memasang PLTS Atap di dua pabriknya yang berlokasi di Gresik dan Merak.

Xurya merupakan startup energi terbarukan yang mempelopori metode Rp0,- dalam pembiayaan PLTS Atap. Sementara PT Bumimulia Indah Lestari, adalah salah satu perusahaan terbesar produsen plastik kemasan di Indonesia

Keputusan Bumimulia dalam memasang PLTS Atap didasari oleh semangat perusahaan untuk berkontribusi dan berperan aktif terhadap pertumbuhan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia. Karena dari data Kementerian ESDM, sampai tahun 2022, porsi penggunaan EBT dalam bauran energi nasional baru mencapai 12,8. 

Bumimulia memiliki visi untuk menjadi produsen kemasan plastik terbesar di Indonesia yang dihormati dan diakui oleh konsumen-konsumennya. Untuk mewujudkan visi tersebut, Bumimulia memiliki salah satu misi, yaitu continues improvement, dimana perusahaan akan terus melakukan perbaikan bisnis secara berkelanjutan. 

"Pemasangan PLTS Atap ini merupakan sebuah realisasi dari misi tersebut, dimana perusahaan mulai beralih menggunakan energi bersih yang tidak hanya berdampak pada efisiensi bisnis, namun juga berkontribusi dalam menjaga bumi,” kata Benny Chandra, General Manager HR & GA Bumimulia. 

Xurya sebagai perusahaan yang menyediakan solusi energi bersih, khususnya PLTS Atap bagi sektor industrial dan komersial, dipercaya oleh Bumimulia untuk menjalankan proyek pemasangan PLTS Atap di dua pabriknya, yang berlokasi di Gresik dan Merak. Kedua PLTS Atap ini sudah beroperasi sejak awal tahun 2023 kemarin.


"Dengan menjadi client Xurya, PLTS Atap yang terpasang di dua pabrik milik Bumimulia ini dipastikan akan mendapatkan layanan operations & maintenance secara berkala untuk memastikan kualitasnya terjaga. Pemasangan PLTS Atap ini diharapkan akan banyak pelaku bisnis dan industri yang mengikuti jejak Bumimulia untuk memasang PLTS Atap,” beber Eka Himawan, Managing Director Xurya. 

Pemasangan PLTS Atap Xurya di Bumimulia memiliki total kapasitas lebih dari 2 juta kWh/tahun atau dapat menekan emisi karbon sebesar lebih dari 1,8 juta kg setiap tahunnya. Jumlah tersebut juga sama dengan banyaknya kapasitas yang digunakan oleh lebih dari 174 juta smartphone untuk melakukan pengisian daya atau setara dengan emisi karbon yang dapat diserap oleh 23 ribu pohon yang berusia 10 tahun.

“Kami memilih Xurya dikarenakan Xurya memiliki rekam jejak yang baik dan terkenal sebagai salah satu perusahaan PLTS Atap terkemuka di Indonesia, khususnya untuk sektor industri dan komersial. Xurya juga memiliki tim yang komunikatif dan sangat suportif sehingga sejauh ini kami merasakan manfaat yang signifikan dari pemasangan PLTS Atap ini” tutup Benny.

Hingga saat ini, Xurya telah memiliki lebih dari 100 proyek PLTS Atap yang tersebar di Medan, Palembang, Lampung, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Makassar. Proyek PLTS Atap Xurya diperkirakan mampu memproduksi lebih dari 120 juta kWh energi bersih dan membuat lebih dari 2.900 ketersediaan lapangan pekerjaan hijau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI Insurance saat menerima penghargaan

Sabtu, 22 Juni 2024 - 21:31 WIB

BRI Insurance Raih Penghargaan Pertumbuhan Premi Sesi 2023 Terbesar

BRI Insurance (BRINS) kembali berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan dengan dianugerahi penghargaan dari MAIPARK Award 2024. Penghargaan yang diraih adalah Penghargaan ketegori Cedant…

Tecno Pova 6

Sabtu, 22 Juni 2024 - 18:36 WIB

Dibekali Baterai 6.000 mAh, Smartphone Tecno Pova 6 Bikin Gaming Always Menyala

Dengan kapasitas baterai 6.000 mAh yang terbesar pada seri Pova, Tecno Pova 6 membawa Super-Endurance Power System untuk memastikan daya tahan lama dengan pengisian ultra cepat untuk pengalaman…

Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (Tengah) bersama dengan Direktur LJ Hooker Indonesia Oka Mahendra Kauripan (paling kiri), Direktur Lamudi Indonesia Mart Polman (dua dari kiri), Co Founder Ringkas Ilya Krastov (tiga dari kiri), Direktur Raywhite Indonesia Turky J. Bugri (tiga dari kanan), Direktur Era Indonesia Aan Andriani Sutrisno (dua dari kanan), dan Direktur Century 21 Indonesia Daniel Handojo.

Sabtu, 22 Juni 2024 - 16:40 WIB

Gandeng 17 Developer, BSI Tawarkan Promo Menarik Margin Setara 2,22%

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng 17 developer terkemuka di Tanah Air untuk memberikan akses pembiayaan rumah siap huni bagi masyarakat pada gelaran BSI International Expo 2024.…

Kawasan Industri Kendal

Sabtu, 22 Juni 2024 - 16:13 WIB

Sektor Industri Terkait Teknologi Terus Aktif Mencari Lahan Industri

Pertumbuhan industri modern cenderung memerlukan lahan yang lebih luas untuk menampung peralatan produksi dan fasilitas yang canggih.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto

Sabtu, 22 Juni 2024 - 15:58 WIB

Kinerja Moncer, Pengamat: Dico Ganinduto Layak Dipasangkan dengan Siapapun di Pilgub Jateng

Pengamat Politik Herry Mendrofa menilai jika Bupati Kendal Dico Ganinduto layak dipasangkan dengan siapapun untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024 mendatang.