Dukung Pertumbuhan Energi Baru Terbarukan, Xurya Pasang PLTS Di Pabrik Bumimulia Gresik Dan Merak

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 30 Mei 2023 - 23:34 WIB

 PLTS Atap Xurya di Pabrik Bumimulia yang Berlokasi di Merak.
PLTS Atap Xurya di Pabrik Bumimulia yang Berlokasi di Merak.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Xurya mendukung PT Bumimulia Indah Lestari dalam memasang PLTS Atap di dua pabriknya yang berlokasi di Gresik dan Merak.

Xurya merupakan startup energi terbarukan yang mempelopori metode Rp0,- dalam pembiayaan PLTS Atap. Sementara PT Bumimulia Indah Lestari, adalah salah satu perusahaan terbesar produsen plastik kemasan di Indonesia

Keputusan Bumimulia dalam memasang PLTS Atap didasari oleh semangat perusahaan untuk berkontribusi dan berperan aktif terhadap pertumbuhan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia. Karena dari data Kementerian ESDM, sampai tahun 2022, porsi penggunaan EBT dalam bauran energi nasional baru mencapai 12,8. 

Bumimulia memiliki visi untuk menjadi produsen kemasan plastik terbesar di Indonesia yang dihormati dan diakui oleh konsumen-konsumennya. Untuk mewujudkan visi tersebut, Bumimulia memiliki salah satu misi, yaitu continues improvement, dimana perusahaan akan terus melakukan perbaikan bisnis secara berkelanjutan. 

"Pemasangan PLTS Atap ini merupakan sebuah realisasi dari misi tersebut, dimana perusahaan mulai beralih menggunakan energi bersih yang tidak hanya berdampak pada efisiensi bisnis, namun juga berkontribusi dalam menjaga bumi,” kata Benny Chandra, General Manager HR & GA Bumimulia. 

Xurya sebagai perusahaan yang menyediakan solusi energi bersih, khususnya PLTS Atap bagi sektor industrial dan komersial, dipercaya oleh Bumimulia untuk menjalankan proyek pemasangan PLTS Atap di dua pabriknya, yang berlokasi di Gresik dan Merak. Kedua PLTS Atap ini sudah beroperasi sejak awal tahun 2023 kemarin.


"Dengan menjadi client Xurya, PLTS Atap yang terpasang di dua pabrik milik Bumimulia ini dipastikan akan mendapatkan layanan operations & maintenance secara berkala untuk memastikan kualitasnya terjaga. Pemasangan PLTS Atap ini diharapkan akan banyak pelaku bisnis dan industri yang mengikuti jejak Bumimulia untuk memasang PLTS Atap,” beber Eka Himawan, Managing Director Xurya. 

Pemasangan PLTS Atap Xurya di Bumimulia memiliki total kapasitas lebih dari 2 juta kWh/tahun atau dapat menekan emisi karbon sebesar lebih dari 1,8 juta kg setiap tahunnya. Jumlah tersebut juga sama dengan banyaknya kapasitas yang digunakan oleh lebih dari 174 juta smartphone untuk melakukan pengisian daya atau setara dengan emisi karbon yang dapat diserap oleh 23 ribu pohon yang berusia 10 tahun.

“Kami memilih Xurya dikarenakan Xurya memiliki rekam jejak yang baik dan terkenal sebagai salah satu perusahaan PLTS Atap terkemuka di Indonesia, khususnya untuk sektor industri dan komersial. Xurya juga memiliki tim yang komunikatif dan sangat suportif sehingga sejauh ini kami merasakan manfaat yang signifikan dari pemasangan PLTS Atap ini” tutup Benny.

Hingga saat ini, Xurya telah memiliki lebih dari 100 proyek PLTS Atap yang tersebar di Medan, Palembang, Lampung, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Makassar. Proyek PLTS Atap Xurya diperkirakan mampu memproduksi lebih dari 120 juta kWh energi bersih dan membuat lebih dari 2.900 ketersediaan lapangan pekerjaan hijau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…