Masdar Abu Dabi-PT PJB Sepakat Kembangkan Sektor Energi Terbarukan

Oleh : Herry Barus | Senin, 17 Juli 2017 - 06:43 WIB

Ilstrasi Energi baru terbarukan (Foto Ist)
Ilstrasi Energi baru terbarukan (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - London- Masdar, perusahaan energi baru terbarukan (EBT) dari Abu Dhabi dan PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama dalam pengembangan proyek EBT di Indonesia Para ahli dari Masdar dan PT PJB bekerja sama mengidentifikasi peluang dalam memenuhi kebutuhan energi yang berkembang pesat seiring dengan ambisi Indonesia untuk mencapai bauran EBT 23 persen pada tahun 2025 dan 31 persen pada 2050, demikian keterangan dari KBRI Abu Dhabi yang diterima Antara London, Senin (17/7/2017)

Nota kesepahaman itu ditandatangani Direktur Eksekutif Masdar Bader Al Lamki dan Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara, disaksikan Menteri BUMN RI Rini Mariani Soemarno.

CEO Masdar Mohamed Al Ramahi mengharapkan akan dapat meningkatkan kerja sama dengan PT PJB dalam membuka potensi Indonesia di bidang energi baru dan terbarukan.

"Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung momentum pengembangan energi baru terbarukan secara global," ujarnya.

Indonesia merupakan negara terbesar di ASEAN dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta orang.  Berdasarkan riset International Renewable Energy Agency (IRENA), Indonesia memiliki potensi pengembangan pembangkit EBT lebih dari 700 gigawatts, di mana 532,6 gigawatts di antaranya berasal dari energi matahari.

Sementara itu Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara, mengatakan PJB menyambut gembira kerja sama dengan Masdar.

"Kami percaya kerja sama ini akan membawa kesuksesan dalam pengembangan EBT dan implementasinya di Indonesia," ujarnya.

Lebih dari sepuluh tahun terakhir, Masdar menginvestasikan dana dalam proyek EBT dengan nilai kerja sama mencapai 8,5 miliar dolar AS, di mana kontribusi Masdar mencapai 2,7 miliar dolar AS. Perusahaan dalam proyek EBT tersebut meliputi wilayah Timur Tengah dan Afrika, demikian juga di Inggris, Spanyol, Seychelles dan kepulauan Pasifik.

Masdar merupakan perusahaan energi baru terbarukan dari Abu Dhabi yang berupaya memajukan pengembangan, komersialisasi, dan penyebaran teknologi serta solusi energi bersih. Perusahaan ini menjadi penghubung antara ekonomi bahan bakar fosil saat ini dengan ekonomi energi di masa depan.

Masdar miliki Mubadala Development Company PJSC, perusahaan investasi strategis milik pemerintah Abu Dhabi. Masdar didedikasikan untuk visi jangka panjang Uni Emirat Arab bagi energi dan air di masa depan.

PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) perusahaan pembangkit listrik terintegrasi di Indonesia, anak usaha PT PLN (Persero), perusahaan listrik yang dimiliki pemerintah Indonesia.

Saat ini PT PJB mengelola lebih dari 12 GW pembangkit, dengan bahan bakar batu bara, gas dan air.  PT PJB terus melakukan diversifikasi usaha ke pasar energi bersih untuk memenuhi target bauran EBT di Indonesia dan juga berkontribusi pada upaya mengurangi emisi karbon global.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…