Ciptakan Indonesia Ramah Lingkungan Dengan Penggunaan Biodiesel, PERTAABI Gelar Seminar Nasional Kolaborasi Untuk Negeri

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 23 Februari 2023 - 22:58 WIB

PERTAABI Gelar Seminar Nasional Kolaborasi Untuk Negeri terkait kesadaran penggunaan biodiesel.
PERTAABI Gelar Seminar Nasional Kolaborasi Untuk Negeri terkait kesadaran penggunaan biodiesel.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam menyambut dan mendukung upaya pemerintah dalam penerapan Biodiesel B35-B40, PERTAABI (Perkumpulan Tenaga Ahli Alat Berat Indonesia) yang di dukung penuh oleh PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) menyelenggarakan Seminar Nasional Kolaborasi Untuk Negeri pada tanggal 22 Februari 2023 di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Acara bertema “Peluang, Tantangan dan Solusi Penggunaan Biodiesel, B35 dan B40, ini digelar untuk Mendukung Iklim Usaha Pertambangan dan Otomotif di Indonesia”.  

"Pemilihan Pelumas yang tepat tentunya akan mendukung para pelaku industri dalam mengimplementasikan program perubahan ke B35-B40," kata Syah Reza selaku President Director PT EMLI.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 120 orang dari berbagai sektor.Materi bawakan oleh beberapa pembicara dari berbagai asosiasi (PERTAABI, MASPI, IATO, ASPINDO, IABI, Aprobi, Hinabi), Kementrian Perindustrian dan ESDM, serta dari PT ExxonMobil Lubricants Indonesia.

Materi seputar biodiesel menjadi topik utama pada seminar nasional ini, di mulai dari sejarah dan latar belakangan penggunaan biodiesel, manfaat penggunaannya pada bahan bakar alat-alat industri, tantangan dan kendala penggunaannya dari semua pihak, hingga solusi praktik yang di sarankan untuk penggunaan biodiesel dan juga rekomendasi produk unggulan dan berkualitas untuk mengoptimalkan alat-alat yang menggunakan bahan bakar biodiesel.

Acara ini adalah bentuk kesadaran dari semua asosiasi dan pelaku sektor industri untuk dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk penerapan B35-B40, agar hasil dari penerapan kebijakan ini dapat menjadikan peningkatan pajak dan business impact yang positif.

Selain itu karena adanya keinginan dari pada stakeholder asosiasi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman termasuk strategi yang pernah mereka terapkan agar hal ini bisa membantu para pelaku bisnis di Indonesia untuk mendapatkan manfaat dari penerapan penggunaan biodiesel.

Karena salah satu program untuk mendukung sikap ramah lingkungan di sektor industri ini adalah dengan penggunakan biodiesel sebagai bahan bakar alternatif.

Selain memiliki manfaat yang lebih banyak untuk lingkungan dan juga dampak baik bagi alat-alat perindustrian, program penggunaan biodiesel ini juga menjadi salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah Indonesia dalam hal perekonomian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR Lakukan Penataan Kawasan Pantai Gelora Sumbawa NTB

Minggu, 16 Juni 2024 - 10:46 WIB

Kementerian PUPR Lakukan Penataan Kawasan Pantai Gelora Sumbawa NTB

Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu provinsi yang memiliki keindahan alam luar biasa yang layak dikunjungi sebagai pilihan destinasi wisata. Salah satunya adalah Pantai Gelora di…

Warga mengolah bunga Rosella

Minggu, 16 Juni 2024 - 10:24 WIB

Ini Klaster Rosella Yang Terus Berkembang Berkat Pemberdayaan BRI

Rosella adalah tanaman tropis yang berasal dari benua Afrika. Namun kini, tanaman dengan nama latin Hibiscus Sabdariffa sudah terkenal di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda DKI Jakarta, Marulina Dewi

Minggu, 16 Juni 2024 - 08:25 WIB

Dibalik Kemeriahan HUT Kota Jakarta, Inilah Daftar Dewan Juri DKJ Awards 2024

Jakarta- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk pertama kalinya menyelenggarakan ajang penghargaan Derap Kerja Sama Jakarta (DKJ) 2024 sebagai wujud apresiasi terhadap berbagai perusahaan yang…

Tampilan BRImo terbaru

Minggu, 16 Juni 2024 - 06:03 WIB

Rilis Daftar The Global 2000, Forbes Kembali Nobatkan BRI Sebagai Perusahaan Terbesar di Indonesia

Forbes Internasional, media keuangan dan ekonomi terkemuka di dunia, menerbitkan daftar perusahaan terbesar dunia, Forbes Global 2000 tahun 2024 pada Kamis (13/06) di New York. The Global 2000…

Suasana kegiatan di Kantor BRI

Minggu, 16 Juni 2024 - 05:48 WIB

BRI Pastikan Keandalan Layanan Perbankan Pada Saat Libur Iduladha 1445 Hijriah Tahun 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan tetap memberikan layanan Kantor BRI secara terbatas pada periode libur Iduladha 1445 Hijriah Tahun 2024. Adapun layanan terbatas tersedia pada Selasa…