4 Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Angin yang Tidak Berfungsi dengan Baik

Oleh : Hariyanto | Jumat, 27 Januari 2023 - 17:06 WIB

Ilustrasi Kipas Angin
Ilustrasi Kipas Angin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Musim kemarau di Indonesia membuat udara terasa lebih panas. Maka dari itu, kita membutuhkan kipas angin untuk meningkatkan sirkulasi udara di dalam rumah. Soalnya, sirkulasi udara yang baik dapat membuat ruangan jadi lebih sejuk dan segar. 

Namun, terkadang kipas angin tidak berfungsi dengan baik. Berikut beberapa penyebab yang membuat kipas angin tidak dapat bekerja dengan maksimal. 
1. Putaran Kipas yang Salah
Salah satu penyebab kipas angin tidak mengeluarkan udara adalah arah bilah putaran yang salah. Untuk itu, kamu harus memastikan arah bilahnya berlawanan dengan jarum jam agar bisa menciptakan efek angin yang menyejukkan.
2. Ukuran Bilah Kipas yang Salah
Ukuran bilah kipas yang tepat berperan penting dalam menghasilkan aliran udara di dalam rumah. Kalau ukuran bilahnya terlalu kecil, maka aliran udara yang dihasilkan pun tidak maksimal. Sedangkan bilah yang terlalu besar dapat membuat kipas angin jadi bergetar. Untuk itu, kamu dapat memilih ukuran bilah yang sesuai dengan kipasnya.
3. Salah Model Kipas Angin
Saat membeli kipas angin, kamu harus menyesuaikan dengan luas ruangan.   Misalnya, kalau ingin memasang kipas plafon di ruangan dengan langit-langit tinggi, maka aliran udaranya pun akan semakin rendah. Kalau ruangannya cukup luas dan berplafon tinggi, sebaiknya kamu menggunakan kipas angin berdiri. Jadi, udara di dalam ruangan tersebut bisa terasa lebih sejuk.
4. Kecepatan Rendah
Kalau bilah kipas angin berputar dengan lambat, aliran udaranya tidak terlalu banyak. Untuk itu,  nyalakan kipas angin pada kecepatan tinggi supaya bisa melancarkan sirkulasi udara di dalam ruangan.
Jadi, itu dia empat penyebab dan cara mengatasi kipas angin yang tidak berfungsi dengan baik. Bila sudah coba mengatasinya, tetapi belum berhasil, mungkin kamu harus mengganti kipas angin dengan yang baru.
Tak perlu khawatir, kamu bisa membeli berbagai koleksi kipas angin Krisbow ACE Hardware melalui situs belanja ACE Online. Di sini, kamu juga dapat membeli alat penyejuk ruangan lainnya, seperti air purifier, air cooler, dan air conditioner

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…