Dear Pak Jokowi! Rencana Kenaikan CHT Bikin Petani Tembakau 'Berdarah-darah'

Oleh : Ridwan | Jumat, 30 September 2022 - 17:05 WIB

Aktifitas penjemuran tembakau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Aktifitas penjemuran tembakau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Temanggung - Rencana pemerintah menaikkan cukai hasil tembakau (CHT) tahun depan mendapat sorotan dari berbagai pihak. Pasalnya, kenaikan CHT akan berdampak langsung pada kesejahteraan dan keberlangsungan petani tembakau.

Ketua Dewan Pengurus Cabang Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (DPC APTI) Temanggung Siyamin mengatakan, bagi para petani, kenaikan tarif CHT yang menyumbang 95% dari total penerimaan cukai adalah sebuah kebijakan yang tidak adil.

"Kami petani saat ini statusnya setengah mati. Kondisi di lapangan terutama di Desa Legok Sari, Tlogomulyo, Temanggung yang merupakan salah satu sentra tembakau kondisi harga anjlok, mentok di Rp 60 ribu per kilogram," kata Siyamin saat acara Sarasehan yang mengangkat tema "Distorsi Kenaikan CHT: Kesejahteraan Petani dan Pekerja Sektor Pertembakauan Makin Tak Pasti" di Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (30/9).

"Seharusnya pemerintah bisa mengakomodir suara petani sebelum penentuan kebijakan cukai hasil tembakau. Jangan dulu naikkan cukai Pak, beri kami kesempatan untuk pulih," tambahnya.

Siyamin mengungkapkan bahwa petani tembakau di Temanggung saat ini sedang dihadapkan dengan kondisi sulit. 

"Proses panen terhambat oleh perubahan iklim yang mempengaruhi kualitas tanaman tembakau," terangnya.

Tak hanya itu, lanjut Siyamin, pencabutan pupuk subsidi juga semakin menambah derita para petani tembakau. "Semakin sulit situasi yang kami alami. Kondisi ini membuat para petani tembakau terpukul berat. Kami mohon, dibuatlah regulasi yang bisa membantu petani bangkit. Bukan dengan menaikkan cukai tembakau," ungkap Siyamin. 

Ia berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung berjuang agar tembakau produksi petani bisa diserap pabrikan dengan harga yang menguntungkan. Begitu juga dengan konsistensi realisasi pendampingan pada petani tembakau demi meningkatkan kesejahteraan petani.

"Para petani Temanggung khususnya perlu diberdayakan, diedukasi, mengingat pertanian tembakau menjadi pencaharian utama masyarakat dan telah memberikan kontribusi besar bagi daerah dan negara. Petani perlu dibantu bagaimana caranya menaikkan produksi dan kualitas serta membuat  biaya produksi makin efisien. Sehingga hasilnya menguntungkan dan berujung pada peningkatan kesejahteraan petani," paparnya.

Sementara itu, Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai, Nirwala Dwi Heryanto yang turut hadir dalam kegiatan sarasehan mengatakan, pemerintah senantiasa berhati-hati dalam menetapkan kebijakan mengenai tarif cukai rokok. 

Menurutnya, pemerintah berusaha memastikan kesejahteraan masyarakat termasuk petani tembakau dapat terwujud di tengah kondisi pasca pandemi dan situasi perang Rusia-Ukraina.

"Pemerintah tidak tidur, tidak tinggal diam melihat situasi perekonomian saat ini. Memang saat ini 90% porsi penerimaan negara bertumpuk pada pajak dan cukai, termasuk cukai hasil tembakau. Pemerintah punya pertimbangan khusus sebelum memutuskan untuk menaikkan tarif cukai hasil tembakau. Semua faktor dipertimbangkan matang-matang," ujar Nirwala. 

Dirinya menyebutkan, dalam menentukan kebijakan tarif cukai hasil tembakau, pemerintah mempertimbangkan beberapa faktor di antaranya: faktor kesehatan, industri dan tenaga kerja, pengawasan serta penerimaan yang perlu dilihat secara seimbang dan komprehensif. 

Dalam setiap perumusan kebijakan tarif CHT, jelasnya, pemerintah memperhatikan aspek-aspek yang dikenal dengan empat pilar kebijakan yaitu aspek kesehatan melalui pengendalian konsumsi, aspek keberlangsungan industri, aspek penerimaan negara, dan aspek pengendalian rokok ilegal.

"Hasil dari pengenaan cukai tembakau tentu akan dikembalikan lagi kepada masyarakat termasuk petani tembakau Temanggung. Di antaranya lewat Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang direalisasikan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai, pelatihan petani dan pekerja, subsidi harga, sampai pembangunan sarana dan prasarana daerah. Pengenaan tarif cukai hasil tembakau telah disesuaikan dengan porsi per daerah di seluruh Indonesia," kata Nirwala. 

Sejalan dengan penerapan kebijakan CHT, kata Nirwala, Ditjen Bea Cukai terus berkomitmen dan konsisten melakukan peningkatan pengawasan peredaran rokok ilegal melalui operasi bertajuk Gempur Rokok Ilegal yang bertujuan untuk mengamankan penerimaan negara.

Sekedar informasi, Desa Legok Sari, Tlogomulyo, Temanggung merupakan salah satu desa yang menghasilkan tembakau srinthil terbaik di Indinesia.

Tembakau srinthil adalah salah satu jenis tembakau berkualitas terbaik yang memiliki kandungan nikotin sangat tinggi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Invest Islands Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan di Lombok NTB

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:42 WIB

Invest Islands Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan di Lombok NTB

Mendekati akhir tahun, Invest Islands, perusahaan real estate terkemuka di Lombok, membuahkan 12 bulan yang produktif setelah meluncurkan proyek paling spektakuler hingga saat ini, Gran Meliá…

Robert C. Hauck

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:33 WIB

Mondrian Duxton Singapore Luncurkan Gerakan Bertumpu pada Sumber Daya Manusia

Sebuah keramah-tamahan, tetapi tidak seperti yang Anda ketahui pada umumnya di Mondrian Duxton Singapore, di mana seorang General Manager yang berani, cerdas dan kreatif, Robert C. Hauck membentuk…

Ketum IMI bambang Soesatyo

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI Buka Jambore Nasional IMI 2022, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Pasca Pandemi

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Bali sekaligus Founder Krisna Holdiny Company Ajik Krisna membuka Jambore Nasional IMI 2022…

CoinEx

Sabtu, 10 Desember 2022 - 11:23 WIB

Pengguna CoinEx Berpeluang Diundang ke Inggris dan Negara Lain, Begini Caranya

Pada tanggal 24 Desember mendatang, crypto exchange CoinEx akan merayakan hari jadinya yang kelima, merayakan perkembangan platform bersama dengan para pengguna setianya.

OPPO di INNO DAY 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 - 10:48 WIB

OPPO Komitmen Ungkap Teknologi Mutakhir Baru dan Komitmen Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik

OPPO mengkonfirmasi bahwa acara teknologi tahunan keempatnya, INNO DAY 2022, akan diadakan dalam format virtual pada 14 Desember 2022. Bertemakan "Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik",…