Reza Rahardian Prihatin Intoleransi dalam Masyarakat Indonesia

Oleh : Herry Barus | Minggu, 02 Juli 2017 - 03:58 WIB

Reza Rahadian
Reza Rahadian

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Aktor Reza Rahadian mengaku prihatin atas intoleransi yang timbul dalam masyarakat Indonesia, terutama selama Pilkada DKI Jakarta, September 2016 hingga April 2017.

Dalam salah satu dialog panel Kongres Diaspora Indonesia ke-4 yang membahas tentang "Peran Diaspora Menyebarkan Toleransi dan Kerukunan Beragama di Pentas Dunia" di Jakarta, Sabtu (1/7/2017) aktor 30 tahun itu mengungkapkan situasi politik dapat secara kuat memicu kerenggangan hubungan antarumat beragama termasuk di Indonesia.

"Saya yakin topik toleransi dan Pancasila tidak akan sefenomenal sekarang pembahasannya kalau tidak ada pilkada, saat Pak Anies dan Pak Ahok bertemu," kata Reza.

Isu agama memang mewarnai kompetisi Pilkada DKI antara pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, yang berujung pada vonis dua tahun penjara terhadap Ahok pada Mei lalu.

Menurut Reza, pemberitaan media juga menjadi salah satu faktor munculnya kecemasan dalam masyarakat sehingga menyulitkan masyarakat melihat persoalan dasar yang sebenarnya terjadi di republik ini.

Kurangnya rasionalitas seseorang dalam melihat sebuah persoalan, ditambah isu agama yang sangat sensitif, menyebabkan seseorang cenderung memihak pada golongan orang-orang yang sama keyakinannya.

Padahal, menurut pemeran BJ Habibie dalam film "Rudy Habibie" itu, perbedaan merupakan sesuatu yang mutlak. Kelompok tertentu tidak boleh menggunakan kekerasan untuk membenarkan istilah agama masing-masing.

"Kalau ada rencana untuk menyeragamkan yang berbeda itu salah menurut saya. Kita harus 'grow up', bahwa interpretasi terhadap pemahaman keagamaan perlu disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi saat ini," tutur Reza.

Selain peran masyarakat untuk membangun toleransi dan kerukunan antaragama, ia juga meminta pemegang kekuasaan untuk berani mengambil sikap netral dan tidak berpihak pada kelompok-kelompok intoleran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:55 WIB

PT Bumi Resources Tbk Tegaskan Telah Bayar Keseluruhan Pokok dan Kupon Tranche A sebesar USD327,82 juta

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menegaskan telah memproses pembayaran kesepuluh sebesar USD6,51 juta melalui agen fasilitas pada tanggal 8 Juli 2020, yang mewakili bunga pinjaman sebesar USD6,51…

 PT Pegadaian (Persero)

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:40 WIB

Pegadaian Terbitkan Obligasi Tahap II Senilai Rp1,5 Triliun

PT Pegadaian (persero) terbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Pegadaian Tahap II Tahun 2020 (Obligasi Tahap II) senilai Rp1,5 triliun dan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Pegadaian Tahap II Tahun…

Tokio Marine Life Insurance Indonesia mengadakan acara webinar My Turning Point, My New Normal melalui platform Zoom, pada hari ini, Kamis 9 Juli 2020.

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:25 WIB

Tokio Marine Life Insurance Indonesia Dorong Masyarakat Bersikap Positif dan Cermat Kelola Keuangan di Era New Normal

Jakarta 09/7/20 – Sejak pandemi COVID-19 merebak awal tahun ini, perlambatan ekonomi pun menjadi tak terelakkan. Sejumlah data yang dipaparkan oleh ekonom, menteri dan juga para pengusaha…

Serahterima KartaNU Cilegon (Doc: BNI Syariah)

Kamis, 09 Juli 2020 - 20:55 WIB

Hore...Kartu Anggota NU Cilegon Berwujud ATM BNI Syariah

BNI Syariah menandatangani kerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Cilegon terkait penerbitan kartu debit co-branding kartu anggota NU (KARTANU) yang bisa digunakan sebagai…

MenkopUKM Teten Masduki saat mengunjungi Dapur Bersama GoFood, di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan

Kamis, 09 Juli 2020 - 19:35 WIB

MenkopUKM Apresiasi Dapur Bersama GoFood Fasilitasi UMKM Naik Kelas

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi dibukanya Layanan Dapur Bersama GoFood yang dianggap selaras dengan visi dan konsep Rumah Produksi Bersama yang digagas oleh KemenkopUKM.