Reza Rahardian Prihatin Intoleransi dalam Masyarakat Indonesia

Oleh : Herry Barus | Minggu, 02 Juli 2017 - 03:58 WIB

Reza Rahadian
Reza Rahadian

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Aktor Reza Rahadian mengaku prihatin atas intoleransi yang timbul dalam masyarakat Indonesia, terutama selama Pilkada DKI Jakarta, September 2016 hingga April 2017.

Dalam salah satu dialog panel Kongres Diaspora Indonesia ke-4 yang membahas tentang "Peran Diaspora Menyebarkan Toleransi dan Kerukunan Beragama di Pentas Dunia" di Jakarta, Sabtu (1/7/2017) aktor 30 tahun itu mengungkapkan situasi politik dapat secara kuat memicu kerenggangan hubungan antarumat beragama termasuk di Indonesia.

"Saya yakin topik toleransi dan Pancasila tidak akan sefenomenal sekarang pembahasannya kalau tidak ada pilkada, saat Pak Anies dan Pak Ahok bertemu," kata Reza.

Isu agama memang mewarnai kompetisi Pilkada DKI antara pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, yang berujung pada vonis dua tahun penjara terhadap Ahok pada Mei lalu.

Menurut Reza, pemberitaan media juga menjadi salah satu faktor munculnya kecemasan dalam masyarakat sehingga menyulitkan masyarakat melihat persoalan dasar yang sebenarnya terjadi di republik ini.

Kurangnya rasionalitas seseorang dalam melihat sebuah persoalan, ditambah isu agama yang sangat sensitif, menyebabkan seseorang cenderung memihak pada golongan orang-orang yang sama keyakinannya.

Padahal, menurut pemeran BJ Habibie dalam film "Rudy Habibie" itu, perbedaan merupakan sesuatu yang mutlak. Kelompok tertentu tidak boleh menggunakan kekerasan untuk membenarkan istilah agama masing-masing.

"Kalau ada rencana untuk menyeragamkan yang berbeda itu salah menurut saya. Kita harus 'grow up', bahwa interpretasi terhadap pemahaman keagamaan perlu disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi saat ini," tutur Reza.

Selain peran masyarakat untuk membangun toleransi dan kerukunan antaragama, ia juga meminta pemegang kekuasaan untuk berani mengambil sikap netral dan tidak berpihak pada kelompok-kelompok intoleran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Chubb General Insurance Indonesia secara resmi meluncurkan aplikasi layanan klaim inovatif telepon seluler di Indonesia bernama Chubb Mobile Assistance pada Senin (4/12)

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:29 WIB

Chubb Gandeng Airy Hadirkan Asuransi Perjalanan

PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) hari ini mengumumkan kerja sama penyediaan asuransi perjalanan dengan Airy, salah satu perusahaan Accommodation Network Aggregator (ANO) terkemuka…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…