KFMap.Asia, Portal Data Transaksi Properti Pertama dan Satu-satunya di Indonesia Resmi Diluncurkan

Oleh : Ridwan | Senin, 12 September 2022 - 16:45 WIB

Data base properti (Ist)
Data base properti (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Belum tersedianya suatu wadah data transaksi properti yang aktual dan up-to-date menjadi salah satu penyebab sulitnya penilaian suatu aset properti secara optimal. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya inefisiensi dalam alokasi dana investasi.

Fluktuasi tren harga dan dinamika pasar properti kerap kali sulit dianalisa oleh para pemangku kepentingan (stakeholder) di sektor properti yang umumnya memiliki persepsi berbeda, baik dari sisi konsumen, pengembang, investor, agen properti, konsultan, perbankan, hingga institusi keuangan.

Sebagai solusinya, Knight Frank Indonesia meluncurkan KFMap.Asia sebagai portal database properti pertama dan satu-satunya di Indonesia yang membantu transparansi dalam pemberian informasi data transaksi properti secara aktual dan eksklusif. 

"Data-data ini menjadi sarana verifikasi awal dalam penentuan nilai properti. Hingga kini, sudah lebih dari 10.000 data harga dan lokasi properti di seluruh Indonesia yang tercatat," kata Willson Kalip, Country Head Knight Frank Indonesia dan Founder KFMap.Asia di Jakarta, Senin (12/9).

Inisiasi ini sejalan dengan program Presiden Jokowi yang mencanangkan pembangunan infrastruktur dan properti untuk mewujudkan keadilan pembangunan dan transparansi harga properti di Indonesia.

Kolaborasi dari perbankan, kantor jasa penilai, institusi keuangan, dan lembaga riset properti ini memberikan nilai tambah tersendiri dalam memperkaya jumlah sampel harga properti berdasarkan rekam jejak transaksi di lapangan. 

Ada tambahan satu bank internasional yang belum lama ini bergabung menjadi partner dalam kontribusi data harga properti.

Lebih lanjut, Willson mengatakan, sulitnya para investor dan kreditur dalam menentukan harga suatu properti, karena tidak tersedianya data transaksi aktual, berdampak pada peningkatan resiko usaha. 

"Sudah banyak pemangku kepentingan sektor properti yang terbantu oleh fitur data harga transaksi properti di KFMap ini, sehingga kondisi harga menjadi lebih transparan," tutup Willson.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…