Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia Pada 2022

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 01 Juli 2022 - 16:00 WIB

Wina, Austria (Ist)
Wina, Austria (Ist)

INDUSTRY.co.id - Menurut laporan Economist Intelligence Unit (EIU), memberi peringkat 173 kota tentang stabilitas, budaya dan lingkungan, pendidikan dan infrastruktur, dan perawatan kesehatan.

Melansir dari laman thenationalnews, hasilnya Abu Dhabi dan Dubai dinobatkan sebagai kota paling layak huni di Timur Tengah dan Afrika Utara selama lima tahun berturut-turut.

Abu Dhabi membawa Dubai menjadi kota terbaik tempat tinggal di Timur Tengah, dengan keduanya masing-masing berada di peringkat ke-77 dan ke-79.

Sementara, Wina di Austria menduduki puncak daftar global. Ibukota Austria, yang sempat turun ke posisi ke-12 dalam peringkat pada awal 2021 ketika museum dan restorannya ditutup karena Covid-19, rebound ke tempat pertama, posisi yang dipegangnya pada 2018 dan 2019.

Pelonggaran pembatasan Covid-19 telah diterjemahkan ke dalam peringkat kelayakan hidup yang menyerupai yang terlihat sebelum pandemi, kata laporan itu.

Eropa memegang gelar untuk tempat terbanyak dalam daftar 10 besar tahun ini, dengan enam kota Eropa di Austria, Denmark, Swiss, Jerman, dan Belanda berada di peringkat di antara yang paling layak huni.

Kota-kota di Kanada, Australia, dan Jepang, termasuk Calgary, Vancouver, Toronto, Osaka, dan Melbourne, melengkapi daftar 10 besar.

Tahun ini, 33 kota baru dalam peringkat tersebut, sepertiga di antaranya berada di China.

- Perang mempengaruhi peringkat
                              
Karena perang di Ukraina, Kyiv tidak termasuk dalam laporan tahunan dan konflik telah mempengaruhi peringkat untuk Moskow dan St Petersburg di Rusia.

Kedua kota mencatat penurunan skor karena meningkatnya ketidakstabilan, penyensoran, pengenaan sanksi barat dan perusahaan yang menarik operasi mereka dari negara itu.

"Harga global untuk banyak barang, terutama makanan dan bahan bakar, naik tajam pada tahun 2021 dan sejak itu melonjak sebagai akibat dari perang di Ukraina," kata laporan itu.

"Lonjakan tajam dalam inflasi ini akan membahayakan kualitas hidup di banyak kota, terutama jika ada juga gangguan pada pasokan makanan dan bahan bakar yang disebabkan oleh perang di Ukraina.

"Entah penduduk akan dipaksa untuk membayar harga yang jauh lebih tinggi, sehingga lebih sulit untuk menikmati budaya dan lingkungan kota mereka, atau pemerintah akan mengambil lebih banyak beban, yang akan mempertaruhkan kemampuan mereka untuk menyediakan layanan publik berkualitas tinggi."

10 kota terbawah dalam peringkat tetap cukup stabil untuk edisi 2022. Damaskus di Suriah dianggap sebagai kota yang paling tidak layak huni, dengan skor rendah dalam kategori stabilitas, perawatan kesehatan, dan infrastruktur.

Lagos di Nigeria tepat di atas Damaskus, diikuti oleh Tripoli di Libya dan Aljir di Aljazair.

Perang, konflik, dan terorisme adalah faktor terbesar yang membebani 10 kota dengan peringkat terendah, tujuh di antaranya berada di Timur Tengah dan Afrika.

Namun, yang menggembirakan, semua 10 terbawah, selain Tripoli, telah meningkatkan skor mereka dalam setahun terakhir karena pembatasan Covid-19 dilonggarkan.

Dalam hal penggerak terbesar di peringkat, Jerman dengan tiga peningkatan teratas.

Frankfurt naik 32 tempat yang mengesankan selama setahun terakhir ke tempat ketujuh, sementara Hamburg naik 31 tempat ke posisi 16.

Sejak tahun lalu, Paris di Prancis dan London di Inggris, yang biasanya berkinerja kurang baik dalam peringkat karena masalah kota besar seperti kemacetan dan kejahatan, melonjak 23 dan 27 tempat masing-masing ke posisi 19 dan 33, ketika mereka mulai memperlakukan Covid-19 sebagai endemik daripada pandemi, kata laporan itu.

Mengambil penurunan tahun ini, Kota-kota di Selandia Baru dan Australia terdaftar di antara penurunan terbesar dalam peringkat, termasuk Wellington dan Auckland, yang masing-masing jatuh dengan 46 dan 33 tempat.

Di sini, The National mencantumkan 10 kota yang paling banyak dan paling tidak layak huni di dunia.

Kota paling layak huni di 2022 yaitu :

1. Wina, Austria

2. Kopenhagen, Denmark

3. Zurich, Swiss

4. Calgary, Kanada

5. Vancouver, Kanada

6. Jenewa, Swiss

7. Frankfurt, Jerman

8. Toronto, Kanada

9. Amsterdam, Belanda

10. Osaka, Jepang dan Melbourne, Australia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:06 WIB

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Jakarta-Sepanjang semester I tahun 2022 investasi di bidang properti mengalami pertumbuhan yang positif dengan nilai Rp 584,6 triliun atau tumbuh 8,8 persen. Hal ini terjadi sering mulai pulihnya…

Mentan SYL di HUT RI

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:59 WIB

Mentan SYL Sampaikan Terimakasih Kepada Para Petani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan terimakasih atas perjuangan para petani yang selama ini terus berproduksi.

Kementan MoU dengan Nestle

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:09 WIB

Kementan Gandeng PT. Nestle Tingkatkan Produksi Susu di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan produksi susu di Indonesia, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menggandeng PT. Nestle Indonesia.

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:08 WIB

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022, tidak hanya berlangsung khidmat, tapi juga meriah. Selain…

 Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) akan terus berkontribusi untuk bangsa," demikian disampaikan Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. kepada awak media sesaat…